Semakin dewasa, seseorang harusnya semakin mengenal diri sendiri. Ketika mulai memahami dan mencintai diri sendiri, norma masyarakat yang masih berlaku di luar sana menjadi tidak relevan lagi. Justru, banyak norma masyarakat yang seakan membatasi kita untuk bergerak sesuai kata hati. Padahal, sebagai seorang individu, kita bebas berekspresi asalkan tetap menerima segala risiko dan konsekuensi yang muncul atas ekspresi itu.

Nah, berikut adalah beberapa hal dalam hidup yang kerap membuat orang dewasa merasa malu. Padahal, sebenarnya hal-hal berikut ini layak mendapat pujian : 

  1. Sedang lajang atau memilih lajang

Di dunia ini masih banyak orang yang meyakini bahwa tujuan hidup adalah menemukan pasangan, menemukan suami atau istri, membina keluarga bersama, dan memiliki anak untuk dididik dan dirawat. 

Karena anggapan itulah, masyarakat berpikir bahwa orang yang lajang tidak bahagia karena tidak memiliki pasangan atau tidak memiliki anak. Padahal, sebenarnya yang terjadi bukanlah demikian.

Banyak orang yang telah menikah dan berkeluarga justru merasa iri kepada mereka yang masih lajang, karena dengan menjadi lajang, seseorang bisa menikmati hidup sebagai sosok individu yang utuh dan bahagia. Kebahagiaan berasal dari diri sendiri, bukan dari orang lain, termasuk pasangan. 

  1. Memutus hubungan dengan orang toxic 

Kita memang tidak bisa memilih siapa keluarga kita, tetapi kita bisa membuat pilihan terhadap hubungan kita dengan mereka. Ketika memiliki keluarga yang toxic dan membuat hidup menjadi susah, seseorang mungkin akan memutuskan hubungan dengan keluarga itu. 

Hal ini mungkin tampak seperti sesuatu yang negatif jika dilihat dari ukuran norma masyarakat. Tetapi, demi kedamaian dan kenyamanan diri sendiri, keberanian untuk memutuskan hubungan dengan keluarga, teman, atau kerabat yang toxic justru patut diacungi jempol.

Mengapa begitu? Karena keputusan memutuskan hubungan merupakan aksi pertahanan untuk merawat dan melindungi diri sendiri.  

  1. Tidak up to date dengan media sosial

Dewasa ini, mayoritas masyarakat terutama kaum muda sudah memiliki akun media sosial. Bahkan, setiap hari selalu ada waktu untuk mengakses media sosial demi menemukan informasi, mengunggah sesuatu, atau menyimpan kenangan.

Nah, jika kamu bosan dan ingin berhenti dari media sosial, itu bukanlah masalah. Tidak up to date dengan media sosial bukanlah sesuatu yang memalukan. Kamu justru patut mendapat pujian lantaran paham dengan batasan diri dan mampu melindungi privasi. 

  1. Memiliki hobi yang kekanak-kanakan

Kamu sudah dewasa tapi masih suka es krim, suka membaca komik, mengoleksi mainan, atau melakukan hal kekanak-kanakan lainnya? Tidak perlu malu, semua orang boleh mengekspresikan diri dengan cara masing-masing, termasuk memelihara hobi yang mungkin terkesan kekanak-kanakan. 

Menjadi orang dewasa bukan berarti kita harus berhenti memelihara “jiwa anak-anak” dalam diri kita. Kamu boleh memainkan ayunan di taman bermain, kamu boleh bersepeda, kamu juga boleh membeli jajanan anak-anak yang kamu suka.

Jangan jadikan pandangan masyarakat menghalangi kamu untuk merasa bahagia dengan hal-hal yang kamu suka. 

  1. Melangsungkan pernikahan yang sederhana 

Jika dipikirkan dengan logika, sebenarnya ada banyak sekali cara untuk melangsungkan pernikahan tanpa perlu menghabiskan puluhan sampai ratusan juta rupiah. Saat ini, pernikahan masih menjadi hal yang mewah bagi sebagian besar masyarakat. Namun, sebenarnya, jika memiliki keberanian dan berhenti memikirkan kata orang, kamu bisa menikah sederhana dan tetap bahagia. Pernikahan hanya cukup dihadiri keluarga dan teman dekat saja, tanpa perlu heboh dengan banyak pengunjung yang bahkan tak dikenal dekat.

Kemudian bagi kamu yang tidak menyukai pesta, menikah diam-diam dalam suasana sakral bersama keluarga terdekat juga bisa dilakukan. Dalam hal ini, hanya mereka yang sangat dekat dengan kamu dan pasangan saja yang hadir. Tidak perlu takut pada pandangan orang selagi kamu memprioritaskan kebahagiaan dan tidak melanggar hukum.  

Baca Juga :

Wajib Tahu, 5 Barang Ini Punya Manfaat Tak Terduga

Dear Ibu Muda, Jangan Malu atau Merasa Bersalah Karena 8 Hal Ini

Ladies, Jangan Pernah Malu dengan 7 Ciri Tubuh Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cobalah 3 Latihan Pernapasan Ini Untuk Mengurangi Stres

Hampir mengejutkan bagaimana kita menormalkan waktu yang kita