Seperti kematian dan seperti pajak, menjadi tua adalah hal yang tidak terhindarkan. Namun, jadi tua sebelum waktunya? Ternyata ini adalah sesuatu yang bisa Kamu kendalikan. Banyak kebiasaan sehari yang membuat kamu kelihatan tua. Bahkan kebiasaan ini biasanya tidak kamu sadari.

Apa saja kebiasaan yang bisa bikin kamu kelihatan tua dini?

Lupa mengoleskan tabir surya

Hal paling utama yang bisa Kamu lakukan agar kulit Kamu terlihat muda dan sehat adalah mengoleskan tabir surya dengan SPF yang cukup. Paparan terhadap cahaya matahari bisa mengakibatkan radikal bebas yang meruska kolagen, elastin, dan bahkan sel-sel kulit sendiri. Ini pada akhirnya akan berujung kepada penuaan prematur pada kulit, dengan keriput, bintik hitam, dan pertumbuhan kanker kulit sebagai grjala-gejalanya. Bahkan, paparan terhadap cahaya matahari sebentar saja setiap harinya bisa semakin meningkat sampai seumur hidup. Ada sebuah riset dari peneliti Australia yang mengikuti 900 orang selama empat tahun. Hasilnya, mereka yang diinstruksikan mengoleskan tabir surya dengan benar 24% cenderung tidak terlihat tua. Bahkan menggunakan SPF 30 saja selama 12 bulan ternyata cukup untuk membalikkan gejala kerusakan kulit terkait sinar UV.

Tidak Tidur Cukup

Tidur bukan hanya penting untuk menjaga kewarasan. Tidur juga akan membantu kamu agar terlihat lebih muda. Sel-sel kulitmu berfungsi dalam ritme sirkadian, seiring dengan siklus tidur bangunmu yang membuatmu merasa lelah pada malam hari dan membuatmu terbangun pada pagi hari. Fungsi pada malam harinya? Memperbaiki kerusakan yang dilaluinya pada siang hari, seperti karena paparan pada cahaya matahari dan polusi.

Jadi, ketika kamu tidak tidur cukup, maka keseluruhan prosesnya menjadi gagal berjalan, dan kulitmu tidak bisa memeprsiapkan diri untuk keesokan harinya. Ini bisa membuat kulitmu stress dan pada akhirnya membuat sel-sel kulitmu tidak sehat dan jadilah penuaan dini.

Kamu harus tidur setidaknya selama delapan jam sehari. Dan, sebelum kamu tidur, pastikan mengoleskan pelembab ke seluruh tubuhmu karena kulitmu bisa dehidrasi saat kamu tidur. Pilih juga pelembab yang sesuai jenis kulit.

Tidak makan buah dan sayur

Tidak mengkonsumsi cukup buah dan sayur juga bisa membuatmu terlihat tua.  Mengkonsumsi makanan seimbang berisi buah dan sayur pelawan penyakit bisa membantu mencegah kerusakan ynag menyebabkan kulitmu terlihat tua lebih awal. Ini karena buah dan sayur sangatlah kaya dengan nutrisi,s eperti antioksidan dan vitamin. Kandungan ini akan bisa membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membuat sel-sel kulitmu tetap sehat.

Terutama, vitamin E sifatnya sangat baik untuk melindungi kulit dari dampak buruk ultraviolet. Sedangkan, vitamin A, C dan B3 juga sangat baik untuk mencegah kerusakan kolagen, menjaga elastisitas, dan mengurangi hiperpigmentasi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hati-hati, 5 Risiko Ini Harus Kamu Hadapi Jika Makan di Depan Laptop

Meski keliru, kebiasaan makan di depan laptop, entah