Beraktivitas seharian dengan segala kesibukan yang ada memang sudah menjadi bagian dari hidup. Meski demikian, waktu istirahat tidak boleh sampai kurang. Waktu istirahat yang kurang akan bisa menjadikan kamu mengalami gangguan dalam hal kesehatan. Itulah mengapa kamu harus memiliki waktu istirahat yang cukup.

Istirahat wajib dilakukan usai kamu melakukan semua jenis aktivitas sepanjang hari dengan cara tidur kala malam hari. Meski demikian, banyaknya aktivitas kadang menjadikan waktu tidur menjadi tersita. Jika hal ini terus terjadi dalam jangka panjang, maka jangan heran jika kesehatan kamu pun mulai terganggu. Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi tanda bahwa sebetulnya kamu kurang tidur.

1. Mulai banyak makan dan bobot tubuh naik

Beragam penelitian mengaitkan jika kurang tidur mampu menjadikan berat badan bertambah. Beragam mekanisme yang kaitkan nafsu makan menjadi meningkat karena kurang tidur. Ya, hal ini banyak terjadi terutama untuk yang suka begadang dimana sering sekali mengisi waktu malamnya dengan tidur. Jangan heran jika berat badan pun naik dengan drastis tanpa kamu sadari. Bahkan teori lainnya pun menyatakan jika kurangnya fokus kala beraktivitas juga bisa menjadikan keinginan ngemil kian besar.

2. Mudah sakit

Penelitian dari Carnegie Mellon University menyatakan jika tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, maka akan memperbesar risiko untuk terjangkit pilek. Penelitian lain juga menyatakan bahwa zat antibodi di tubuh pun melemah pada seseorang yang memiliki waktu tidur kurang. Tentu ini amat merugikan sekali jika terjadi bukan?

3. Kehilangan selera humor

Selera humor penting sekali dimiliki oleh seseorang sehingga bisa menghadapi dunia dengan lebih indah dan penuh senyuman. Namun, hati-hati bagi Anda yang kurang tidurnya karena penelitian dari Walter Army Reed Institute of Research menyatakan jika orang yang kurang tidur selera humornya akan hilang. Seorang yang tidak tidur dalam waktu 49,5 jam dengan berturut-turut akan bisa gagal dalam menemukan momen lucu ketika menonton kartun lho.

4. Mudah lupa

Sampai saat ini memang masih diteliti terkait fungsi otak yang melemah dengan kurangnya tidur. Meski demikian, penelitian memang kerap mengaitkan antara fase konsulidasi memori saar tidur ketika seseorang kurang tidur. Fase ini menjadi terlewatkan yang menjadikan otak sulit dalam mengingat sesuatu. Wah, susah juga ya.

5. Sakit kian parah

Ketika kamu kurang tidur, maka mood akan bisa berkurang dan bahkan menjadi berantakan. Hal ini pun menjadikan seseorang kian pekat pada rasa nyeri atau sakit. Hal ini pun kian parah jika ada nyeri kronis dimana gejala yang sudah ada makin menjadikan kondisi yang sakit makin buruk. Kurangnya waktu tidur bisa berpengaruh di sistem imun dengan berbagai cara.

Jika kamu mengalami beberapa hal tersebut, maka coba ingat kembali seperti apa waktu tidur yang kamu miliki. Bukan hanya dari segi kuantitas waktu tidur saja, tapi kualitas waktu tidur juga harus dipertimbangkan dengan benar. Pastikan waktu tidurmu cukup setidaknya 6 hingga 8 jam tiap harinya.

Baca Juga Wajib Tahu.. Manfaat Cukup Tidur Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rutin Stretching Selama 8 Menit Bisa Mengubah Hidup Kamu

Apakah kamu malas berolahraga? Suka atau tidak suka,