n-bp-628x314

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, dari bangun tidur hingga berangkat tidur kembali, otak kita bekerja tanpa berhenti untuk mengendalikan apapun yang kita lakukan. Karena itu, otak merupakan organ tubuh paling penting dalam tubuh kita yang harus dijaga kesehatan. Namun, stroke yakni gangguan yang menyerang otak, yang mengakibatkan aliran darah yang menuju otak terputus sehingga sel-sel dalam otak akan mati karena tidak ada oksigen yang mengalir ke dalam otak.
Hal tersebut akan mengakibatkan otot-otot tubuh tertentu tidak dapat dikontrol lagi oleh otak. Bahayanya stroke membuat kita merinding, bukan? Kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk terhindar dari risiko terserang stroke:

Mengurangi Makanan Tinggi Kolesterol

Makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke karena timbunan lemak dalam darah di tubuh dapat berubah menjadi kerak yang akan menyumbat pembuluh darah. Untuk menghindari risiko terserang stroke, hindari untuk mengonsumsi daging merah terlalu sering, makanan dengan lemak jenuh tinggi, dan produk susu yang mengandung lemak.

Meninggalkan Rokok

Merokok dapat menyebabkan timbunan kerak pada pembuluh dan menghambat aliran darah menuju otak, hal ini dapat memicu stroke. Selain stroke, kebiasaan merokok juga dapat berpotensi memicu kanker paru-paru.

Menambah Sayur dan Buah dalam Menu Makanan

Dengan menambah konsumsi sayuran dan buah-buahan ke dalam menu makananmu setiap hari dipercaya dapat menurunkan risiko terserang stroke. Kamu bisa mengganti menu sarapanmu dengan buah-buahan dan menambah sayuran yang banyak ke dalam asupanmu sehari-hari.

Menurunkan Tekanan Darah

Menjaga pola dan gizi, seperti rendah lemak dan rendah sodium di setiap asupan makanan dan berolahraga teratur adalah cara paling efektif untuk menjaga kesehatan dan kekuatan jantung, juga dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak yang berujung pada stroke karena aliran darah menuju otak terhambat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Beberapa Taktik Diet yang Bikin Jadwal BAB-mu jadi Berantakan

Merasa aneh karena akhir-akhir ini BAB-mu tidak seperti