Kita semua pasti pernah mengalami konstipasi atau sulit buang air besar. Bahkan, sebagai wanita, kita mengalami resiko tiga kali lipat lebih besar untuk terserang ini. Beberapa ahli berspekulasi ini karena usus kita sedikit lebih panjang daripada pria, sehingga ada lebih banyak lipatan dan gulungan, sehingga bisa buntu. Jika konstipasi saja sudah sangat tidak nyaman, maka sebaiknya waspadai gejalanya karena konstipasi berkepanjangan bisa menyebabkan obstipasi, yang merupakan buntunya salurna penceranaan.

Karena itu, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan jika kamu mengalami kesulitan buang air besar. Apa saja?

Mengkonsumsi Makanan Terproses

Jika kamu ingin saluran pencernaanmu mengalir secara mulu, kamu harus mengkonsumsi makanan yang benar. Bukanlah rahasia bahwa makanan terproses sangat tinggi lemak yang bisa memperlambat pencernaan dan berkontribusi pada konstipasi. Selain itu, makanan terproses juga mengandung fruktan, sebuah bentuk karbohisrat yang memperpanjang masa konsumsi makanan pak-pakan tetapi merusak proses pencernaan alamiah kita. Ini karena usus halus kita tidak punya enzim untuk mencerna dan menguraikan zat ini. Fruktan banyak ditemukan di makanan seperti roti, pasta, dan keripik.

Minum alkohol atau kafein

Walaupun kamu merasa harus minum kopi pagi-pagi, kamu harus berhati-hati karena kafein berlebih serta alkohol bisa merampok hidrasi dari tubuhmu. Karena itu, buang air besarmu bisa menjadi tidak lancar. Minum alkohol bisa menghambat hormon anti diuretik sehingga menyebabkan diuresis atau urinasi. Semakin sering kamu buang air kecil, semakin pula kamu jadi dehidrasi. Sedangkan, kafein adalah stimulan yang bisa mengakibatkan kebalikan diare pada beberapa individu. Karena itu, kalau kamu sering mengalami kesulitan buang air besar, yang harus kamu lakukan adalah minum banyak-banyak cairan.

Mengkonsumsi banyak produk olahan susu

Produk olahan susu bisa membuat perutmu kembung dan kamu jadi sering kentut karena banyaknya gas dalam lambungmu. Sedangkan, harus mengeluarkan gas lewat saluran yang sudah terblokir merupakan sebuah aktivitas yang tak nyaman dan bisa cenderung menyakitkan. Karena itu, jika kamu mengalami kesulitan buang air besar, jangan minum susu atau keju dan es krim banyak-banyak. Alternatif terbaiknya, jika kamu tak bisa hidup tanpa protein dari produk olahan susu, adalah memilih yang rendah laktosa seperti keju Swiss dan permesan, susu rendah laktosa, dan yogurt.

Tidak berolahraga

Ini juga merupakan sebuah kesalahan besar. Berolahraga akan memberikanmu efek meregulasi tubuh secara teratur. Sedangkan, tidak aktif memberimu dampak sebaliknya. Aktivitas fisik yang rengah adalah faktor resiko utama dari konstipasi. Hal ini karena aliran darah ke perut pun semakin berkurang. Jadi, justru ketika kamu mengalami konstipasi, jangan bolos fitness atau lari-lari. Biarpun tidak nyaman, ini adalah aktivitas yang bisa membantu menyembuhkan konstipasimu.

Baca juga Ada Yang Tidak Biasa Saat Buang Air Kecil? Ini Alasan Mengapa Bau Urine Berbeda Dari Biasanya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian