Sulit tidur saat malam hari memang kadang dialami oleh beberapa orang. Hal ini akan membuat kamu menjadi merasa ngantuk dan menjadi tidak bersemangat saat siang hari. Padahal siang hari adalah waktunya kita untuk bekerja dan beraktivitas. Padahal, waktu yang paling tepat untuk tidur dan beristirahat adalah saat malam hari. Dengan tidur di malam hari, selain kita mengistirahatkan tubuh karena kelelahan untuk beraktivitas, tenaga kita juga akan pulih kembali untuk melakukan keesokan paginya. Jadi, jika kita kesulitan tidur dan akhirnya begadang setiap malam, hal ini akan membuat kesehatan kita terganngu. Hal ini dikarenkaan daya tahan tubuh kita yang semakin menurun. Jadi, untuk menjaga kesehatan kamu, kamu harus berusaha untuk tidur lebih awal. Untuk mempermudah kamu tidur, kamu bisa menggunakan beberapa cara ini, yaitu :

  1. Menggunakan Suhu Ruangan yang Normal

Cara pertama yang harus kamu lakukan agar tidak begadang dan tidur lebih awal adalah dengan menggunakan suhu ruangan yang normal. Ruangan terlalu dingin atau terlalu panas juga bisa membuat kamu susah tidur. Jadi sebelum tidur, kamu harus memasktikan suhu ruangan normal antara 20-22 derajat celcius. Dengan begitu kamu akan lebih cepat merasa ngantuk karena tidak akan kedinginan ataupun kepanasan.

  1. Sebelum Tidur Minum Produk Olahan Susu Sapi

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan agar tidak begadang dan tidur lebih awal adalah minum produk olahan susu sapi sebelum tidur. Anak kecil biasanya akan diberi satu gelas susu hangat sebelum, setelah itu mereka akan tertidur dengan nyenyak. Nah, kamu juga bisa menggunakan cara ini agar kamu dapat cepat tidur dan tidur lebih nyenyak. Sebelum tidur, kamu bisa minum produk olahahan susu sapaui, seperti keju, yoghurt, dan juga segelas susu hangat. Dengan begitu kamu akan cepat mengantuk dan tertidur.

  1. Menggunakan Lampu yang Redup

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan agar tidak begadang dan tidur lebih awal adalah dengan menggunakan lampu yang redup. Jangan pernah menggunakan lampu yang terang saat malam hari. Akan lebih baik jika kamu menggunakan lampu yang redup, sehingga kamu akan menjadi cepat mengantuk. Hal ini karena kamu tidak bisa mengatur keseimbangan energi yang membuat tingkat hormon kortisol menurun. Jadi kamu akan menjadi lebih cepat mengantuk.

  1. Mencoba Pernapasan Yoga

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan agar tidak begadang dan tidur lebih awal adalah dengan mencoba pernapasan yoga. Dengan menggunakan teknik ini akan membuat syaraf menjadi tenang dan kamu akan mengantuk. Caranya adalah dengan berbaring diatas tempat tidur dan menghada p kekiri, lalu tutup lubang hidung sebelah kanan. Setelah itu hirup udara dalam-dalam menggunakan lubang hidung sebelah kiri, tahan, lalu keluarkan. Kamu bisa mengulanginya beberapa kali sampai kamu merasa tenang.

Baca juga Yuk Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur, Supaya Kamu Mendapatkan Manfaat yang Luar Biasa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Aksesori yang Kamu Butuhkan untuk Bekerja Dari Rumah (Work From Home)

Sejak diberlakukannya himbauan untuk Bekerja Dari Rumah (BDR)