Tidur merupakan kegiatan yang sangat berharga. Kegiatan ini adalah salahs atu cara untuk kita memulihkan kembali energi yang habis setelah lelah bekerja seharian. Inilah alasan mengapa kegiatan tidur harus dibuat senyaman mungkin. Bagaimana cara Anda menciptakan tidur super nyaman?

Beberapa orang mungkin saja tidak bisa tidur tanpa kipas angin yang menyala. Alasannya beragam,namun umumnya terjadi karena musim panas yang sangat mengganngu dan suara kipas yang membantu untuk tidur lebih nyenyak. Bagia yang hanya menginginkan suara kipas angin, bisa saja angin dipantulkan ke arah tembok tanpa langung mengenai badan kita, namun bagi yang kepanasan, tentu kipas akan diarahkan ke badan secara langsung. Kipas  angin bukanlah benda beracun, namun menggunakannya di malam hari dapat menyebabkan konsekuensi tertentu. Apa saja dampak tidur dengan kipas angin yang menyala?

  1. Membuat Mulut Dan Saluran Hidung Kering

Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan kipas angin tetap menyala saat tidur dapat membantu keringat dan kelembaban tubuh menguap, sehingga beresiko menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kekeringan, terutama pada area hidung dan mulut. Jika Anda tinggal di daerah yang kering, maka Anda harus memikirkan kesehatan kulit Anda. Salah satu cara untuk emmbuat tubuh tetap terpenuhi cairan adalah dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

  1. Membuat Alergi Lebih Buruk

Apakah Anda memiliki alergi? Maka sebaiknya hindari tidur dengan kipas angin. Peneliti mengungkapkan bahwa angin dapat membantu mengedarkan partikel alergen dan menyebabkan Anda beresiko terkena asma, alergi mata, demam, dan asma.

  1. Penyebab Terjadinya Kram Pada Area Otot

Suhu saat malahm hari cenderung mengalami penurunan dengan cepat. Meskipun paparan dingin menjadi salah satu tersangka penyebab kram pada otot, namun kipas angin dapat membuat udara sejuk berhembus secara konstan. Di sisi lain saat  udara panas, maka suhu tubuh akan mengalami peningkatan dan beresiko menyebabkan peyakit yang berhubungan dengan panas, seperti sakit kepala dan mual.

Solusi Tidur Sehat Tanpa Kipas Angin

Cuaca panas yang tak tertahankan tentu membuat siapa saja harus tidur menggunakan bantuan kipas angin. Tapi, melihat dampaknya yang kurangbaik bagi tubuh Anda harus segera menghentikan kebiasaan tidur menggunakan kipas angin. Selain itu, bagaimana solusi bagi yang ingin tidur tanpa kipas angin?

Membiarkan Jendela Terbuka

Solusi sederhana untuk mengatasi panasnya cuaca saat malam hari adalah dengan membiarkan jendela terbuka. Dinginnya angin di pagi hari akan membantu mendinginkan udara. Jika Anda takut dengan nyamuk, Anda bisa mencoba memasang jaring atau kasa di jendela Anda.

Meletakkan Handuk Basah Atau Member Berisi Air Di  Dekat Tempat Tidur Anda

Untuk membuat cuaca ruangan dingin, Anda bisa meletakkan handuk basah di dekat kepala saat tidur. Isi ember dengan air atau gunakan handuk basah dan letakkan di sisi tempat tidur Anda. cara ini sangat membantu untuk meningkatkan kelembaban kamar tidur Anda.

Memutar Kipas Angin Ke Arah Lain

Jika Anda tidak bisa tidur tanpa kipas angin, cobalah pantulkan angin kipas angin ke tmebok, jangan langsung ke badan Anda. Dengan cara ini angin kipasangin tidak akan langung mengenai Anda. Anda juga bisa meletakkan kipas angin di jendela untuk membantu menangkap udaranluar agar masuk ke dalam ruangan

Baca Juga :

Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin dan Alternatif Solusinya

Memperbaiki Jadwal Tidur Yang Berubah Selama Berpuasa

<strong>Amankan Diri Anda Dari Heat Stroke Dengan Tips Ini</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

13 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Metabolism Anda Menurut Ahli Gizi (Bagian II)-end

Metabolisme tubuh adalah proses kimia dimana tubuh ajab