Walaupun memiliki peran penting bagi tubuh, lemak yang menumpuk bisa mengakibatkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan dan berat badanmu. Karena itulah, sangat tepat jika kamu diet mengurangi konsumsi lemakmu. Akan tetapi, ternyata bisa susah juga untuk menghindari lemak karena terdapat di banyak makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Jika kamu tengah menghindari lemak-berikut makanan-makanan yang wajib kamu jauhi.

Jagung

 

Sejak jaman modifikasi genetsi makanan, sebagian besar jagung yang kita makan adalah jagung buatan yang bisa merusak kesehatan. Ini karena jagung adlaah salah satu makanan paling termodifikasi yang ditumbuhkan manusia. Sebenarnya, modifikasi genetis, atau GMO, tidak selalu berarti tidak sehat. Tetapi, jagung termodifikasi kaya gula, yang bisa mempercepat fluktuasi gula darah, yang bisa menyebabkan penumpukan lemak yang berujung kepada obesitas, mood swing, dan lain-lain.

French fries

French fries umumnya mengandung banyak lemak trans, tapi bukan itu saja. Makanan ini juga mengandung substansi paling karsinogen di makanan: acrylamide. Acrylamide dibentuk ketika kentang putih dipanaskan pada suhu tinggi, seperti digoreng. Akibatnya adalah inflamasi di tubuhmu dan merusak keseimbangan pH alaminya. Selain itu, sebagian besar minyak yang kita pakai untuk masak menjadi buruk ketika ada oksigen pada suhu tinggi.

Keripik kentang

Kalau kamu sedang menghindari lemak, kamu juga harus meninggalkan makanan ini. Keripik kentang umumnya mengandung acrylamide beracun dengan level tertinggi dibanding makanan-makanan lain. Sebagai alternatif, konsumsilah ubi manis. Kamu juga bisa mengubahnya menjadi keripik yang enak

Hot dog

Fast food concept with greasy fried restaurant take out as onion rings burger and hot dogs with fried chicken french fries and pizza as a symbol of diet temptation resulting in unhealthy nutrition.

Kamu suka makan hot dog? Jelas, tidak usah kaget bahwa makanan ini sangat buruk untuk kesehatan. Bahkan hot dog versi lokal pun, dengan daging sapi alih-alih babi, masih 100% buruk untukmu yang sedan diet menghindari lemak. Studi menemukan bahwa konsumsi hot dog dan makanan terproses lain bisa meningkatkan resiko kanker pankreas hingga 67%. Salah satu bahan yang ditemukan di makanan ini adalah sodium nitrat yang karsinoge. Bahkan substansi ini sering dikaitkan dengan leukemia pada anak-anak dan tumor otak pada bayi.

Donat

Jika dibandingkan dengan sebungkus snack, kamu mungkin berpikir bahwa nyemil donat masih lebih sehat. Sayangnya, sebagian besar donat terdiri dari 35-45% lemak trans, buruk bagi kamu yang ingin menghindari lemak. Apalagi, lemak trans adalah jenis lemak terburuk. Kamu bisa beresiko terkena obesitas, serta gangguan jantung dan otak, bahkan kanker.

Soda

Tahu tidak, bahwa sekaleng soda mengandung sekitar 10 sendok teh gula, 150 kalori, 30-55 mg kafein, dan penuh dengan pewarna makanan buatan dan sulfat? Fakta ini sudah seharusnya membuatmu menghindari soda. Selain itu, soda juga sangat acidic. Perlu 30 cangkir air dengan pH seimbang untuk menetralisir keasaman secangkir cola. Ini akan sangat buruk buat ginjalmu yang harus menyalinnya.

Oh iya, diet soda malah lebih buruk loh, kalau kamu menghindari lemak dan segala kandungan tak sehat. Pasalnya, diet soda ini mengandung aspartam, yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, kecemasan, dan hasrat nyemil yang tak bisa berhenti.

Baca juga Apakah Benar Orang Yang Memiliki Double Chin Artinya Mereka Kelebihan Berat Badan?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apakah Virus Corona Mematikan? Berikut penjelasan Dokter tentang Angka Kematian COVID-19

Pertanyaan ini lebih rumit daripada membandingkan jumlah kematian