Insomnia bisa jadi begitu menyebalkan. Bahkan, jauh lebih menyebalkan dari sekedar membuatmu terlalu lelah di keesokan harinya. Jika kamu susah tidur setiap hari dan kamu mengalami kekurangan tidur kronis, kesehatanmu bisa jadi terganggu. Sistem kekebalan tubuhmu bisa menurun drastis, membuatmu jadi kesulitan melawan infeksi. Dan ini bisa membuat suasana hatimu menjadi tidak karu-karuan, seperti jadi mudah marah, depresi, dan cemas. Selain itu, peneliti juga mengaitkan kurang tidur dengan berat badan yang meningkat, resiko penyakit jantung yang semakin besar, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan bahkan harapan hidup yang lebih pendek.

Karena itu, susah tidur harus segera diatasi. Jika kamu punya kebiasaan tidur yang baik, maka kamu akan memiliki memori yang lebih baik, kesehatan dan hormon yang seimbang, dan kesehatan mental yang baik pula.

Pilih cara-cara alamiah untuk mengusir susah tidur karena jauh lebih aman daripada obat-obatan.

Ini yang harus kamu lakukan kalau kamu selalu susah tidur setiap malamnya.

Singkirkan teknologi

Ini adalah aturan nomor satu. Banyak dari kita yang selalu merasa bahwa ponsel kita harus selalu ada pada jangkauan sehingga mudah diraih, bahkan ketika sedang tidur pun. Tapi, kita sebenarnya harus menghilangkan kebiasaan itu, apalagi jika selalu susah tidur setiap malamnya. Berdasarkan studi, cahaya biru yang dihasilkan dari perangkat elektronik menunda dimulainya tidur. Karena itu, jagalah agar ponselmu selalu dalam kondisi hening dan letakkan di meja yang jauh dari jangkauanmu jadi kamu tidak tergoda untuk chatting, mengecek email, atau terjebak dalam belantara media sosial karena ini justru semakin membuatmu kesulitan tidur.

Bangun dari tempat tidur

Jika kamu tidak bisa tertidur dalam waktu 20 menit, maka kamu sebaiknya meninggalkan kamarmu dan melakukan hal lain yang tidak menstimulasi di kamar lainnya. Misalnya, bacalah sebuah buku, tapi pastikan ini buku sungguhan, bukan sebuah e-book, atau yang penting hindari apa pun yang bisa menyebabkan kamu menjadi stress atau tegang, yang bisa pada akhirnya malah membuat tidurmu menjadi semakin susah. Setelah kamu merasa agak mengantuk, segera kembalilah ke tempat tidur.

Coba melakukan yoga

Yoga membuat pikiran dan tubuhmu menjadi lebih rileks, sehingga sangat pas untuk waktu tidur. Cobalah melakukan berbagai pose yoga sederhana agar kamu bisa fokus pada bernapas dan mengeluarkan ketegangan pada hari tersebut. Cobalah duduk dengan kaki yang bersila dan bungkukkan tubuhmu ke depan, ulurkan kedua lenganmu lurus ke hadapanmu dengan wajah yang menghadap lantai. Ini akan membuat tubuhmu meregang dan otot-ototmu

Ciptakan rutinitas sebelum tidur

Ciptakan ritual sebelum tidurmu sendiri agar tubuhmu terbiasa terhadap aktivitasmu dan tidak lagi susah tidur. Misalnya, setiap sebelum tidur, gosok gigi, pijat wajahmu dengan masker, lalu gunakan pembersih muka dan minum air putih. Lakukan ini setiap malamnya untuk menciptakan rutinitas yang akrab.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kamu Sering Mimpi Buruk di Tengah Pandemi COVID-19

Banyak sekali hal luar biasa yang terjadi di