Masyarakat mdoern membuat hidup sehat jadi semakin hari semakin susah. Orang-orang kini harus terlalu sibuk berusaha menyeimbangkan pekerjaan, keluarga, dan tanggung jawab yang lain. Nah hasilnya, gol kesehatan mereka malah bisa dikesampingkan. Hidup sehat menjadi prioritas nomor sekian bagi mereka. Namun, hidup sehat tidak harus selalu butuh upaya yang berat.

Ini caranya untuk bisa hidup sehat dengan upaya yang minim saja.

Isi sebagian piringmu dengan sayuran

Sayuran bisa dikategorikan menjadi berpati dan tidak berpati. Sayuran yang berpati mengandung lebih banyak karbohidrat dan kalori dibandingkan sayuran yang tidak berpati. Contoh dari sayuran berpati adalah kentang dan jagung. Sedangkan, contoh sayuran tidak berpati adalah bayam dan sayuran hijau lain, wortel, brokoli, dan bunga kol. Mengisi setengah dari piringmu dengan sayurna berpati adalah cara sederhana untuk membuat dietmu jadi lebih sehat. Sayuran-sayuran ini sangat rendah kalori tapi kaya dengan zat gizi, serat, dan air. Dengan mengganti sebagian pati dan protein pada makananmu dengan sayuran yang tidak berpati, kamu masih bisa mengonsumsi makanan dengan jumlah sama tapi dengan lebih sedikit kalori. Strategi sederhana ini membuatmu tak perlu khawatir harus kelaparan saat sedang memangkas diet.

Makan dari piring atau mangkuk kecil

Sadar atau tidak, ukurna piringmu bisa memengaruhi sebanyak apa yang kamu makan. Dalam sebuah studi, ilmuwan menemukan bawha mereka yang makan dari mangkuk dengan ukuran saji besar ternyata makan 56% kalori lebih banyak dibanding mereka yang makan dari mangkuk-mangkuk kecil. Dalam analisa dari 72 studi, ditemukan bahwa orang-orang memang secara konsisten mengonsumi lebih banyak makanan ketika ditawari piring dan porsi lebih besar.

Hidup sehat bisa berawal dari ilusi sederhana bahwa kamu makan dari piring lebih kecil dan ini bisa membuatmu jadi lebih puas dengan makanan lebih sedikit.

Tambahkan buah pada oats pagimu

Buah-buahan adalah sebuah cara yang sangat baik untuk memulai hidup sehat. Selain itu, buah juga bisa menambahkan warna dan rasa pada oats-mu, sehingga membuat sarapan oats yang agak membosankan menjadi jauh lebih menarik. Buah-buahan memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat esensial untuk kesehatan yang optimal. Buah-buahan juga mengandung banyak serat dan air yang bisa membuatmu merasa lebih kenyang untuk waktu lebih lama. Selain itu, buah juga kaya polifenol, senyawa yang memberikan buah dan sayur warna cerah. Senyawa ini juga antioksidan yang bisa membantu melawan inflamasi sekaligus mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kematian awal.

Nah, bagaimana, tidak susah kan hidup sehat dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil sehari-hari?

Baca juga Lupain Kebiasaan Bergadang Kalau Mau Hidup Sehat! Tidurlah Lebih Awal Dengan 4 Cara Ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Membuat Salad Berkualitas Dan Menyehatkan, Cocok Untuk Diet Lho

Sebagai pejuang diet, kamu tentu harus memperhatikan benar