Gerakan upside-down adalah posisi menggantung terbalik, di mana kepala berada di bawah, sementara kedua kaki menjulang ke atas. Mungkin gerakan ini terasa menakutkan pada awalnya, namun, terapi inversi upside-down dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan kamu loh. 

Pasalnya, dengan membalikkan tubuh kamu sehingga kaki kamu berada di atas kepala, maka kamu memungkinkan tubuh untuk membalikkan efek gravitasi.

Jika kamu mulai menguasai gerakan upside-down dan mempraktikkannya setiap hari, maka tubuh kamu akan mengalami 5 perubahan positif berikut ini:

  1. Kamu akan tidur yang lebih nyenyak

Apakah kamu sering mengalami stres hingga berujung pada insomnia alias kesulitan tidur di malam hari? 

Apabila hal itu adalah masalah yang mengganggu aktivitas harian kamu, maka cobalah gerakan upside-down. Mengapa? Karena, saat kamu sedang dalam keadaan terbalik, ketegangan otot kamu justru akan menurun. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga memungkinkan kamu untuk lebih mudah tertidur. 

Jika pikiran kamu rileks dan tenang, kamu juga akan mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak dan lebih berkualitas. Kemudian, kamu pun akan bangun dengan perasaan segar dan siap untuk menjalani hari.

  1. Kamu akan merasa lebih berenergi dan tidak mudah lelah

Secara umum, pose dengan membalikkan tubuh, dapat meningkatkan fokus dan mengurangi kelelahan. Karena ketika melakukannya, gerakan ini dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dan melepaskan endorfin seperti dopamin dan serotonin. 

Gerakan upside-down juga memungkinkan lebih banyak aliran darah mencapai otak kamu. Hal ini akan berpengaruh pada peningkatan energi dan stamina mental kamu.

  1. Kamu akan merasa lebih fokus

Karena gerakkan membalikkan tubuh dapat dapat meningkatkan aliran darah ke otak, maka kamu pun akan memberi lebih banyak oksigen untuk otak dan meningkatkan fungsi otak, sekaligus meningkatkan konsentrasi, memori, dan pemikiran jernih. Tentu saja hal tersebut akan menghasilkan suasana hati yang lebih baik. 

Selain itu, dengan mendapat lebih banyak oksigen dan manfaat lain pada otak, kamu juga bisa merangsang pembuangan racun yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Sakit punggung kamu akan mereda 

Sakit punggung adalah nyeri yang sangat umum dan bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika kamu pernah atau bahkan sering menderita karena sakit punggung, maka kamu bisa mencoba gerakan upside-down untuk meredakannya.

Menurut penelitian, setelah 8 minggu melakukan terapi inversi ini, nyeri punggung akan berkurang secara signifikan. Selain itu, latihan upside-down juga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh kamu. 

Jadi, jika kamu merasa telah mencoba banyak hal atau mengonsumsi banyak obat, tapi sakit punggung kamu belum juga sembuh, cobalah mulai latihan upside-down.

  1. Sistem pencernaan kamu akan membaik

Selain memiliki empat manfaat yang sudah disebutkan di atas, ternyata latihan upside-down dapat membantu pergerakan limbah pencernaan melalui usus besar, loh. Dengan kata lain, latihan ini dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh kamu.

Tapi ingat, kamu tidak boleh jungkir balik segera setelah kamu makan. Pastikan untuk menunggu makanan tercerna, baru lakukan gerakan ini. Atau, kamu bisa melakukannya sebelum makan. 

Baca Juga :

7 Gerakan Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah, Tidak Perlu ke Gym

Payudara Kamu Kurang Kenceng? Inilah Gerakan Simpel Yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Mengencengkan Payudara Kamu

Yuk Lakukan Gerakan Simpel Ini Sekarang Juga, Supaya Perut Kamu jadi Rata

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Menangani Pertanyaan Orang yang Menyebalkan

Ada banyak alasan mengapa beberapa orang mengajukan pertanyaan