Menurut berbagai penelitian, rambut dianggap sebagai salah satu simbol utama kecantikan dan kesehatan wanita. Itulah mengapa, topik tentang perawatan rambut selalu populer.  Semua ingin mendapatkan rambut sehat, halus, dan cantik.

Namun, terkadang biaya untuk merawat rambut bisa jadi sangat mahal. Apalagi jika harus ke salon untuk melakukan perawatan. 

Tapi tidak perlu khawatir, karena di sini kamu akan menemukan beberapa prosedur perawatan rambut yang super hemat dan bisa kamu lakukan di rumah:

  1. Gunakan sisir yang tepat 

Kesehatan rambut kamu bergantung pada sisir yang kamu lakukan. Jadi, kamu harus memilih sisir yang benar agar bermanfaat bagi rambut dan tidak menyakiti rambut saat sedang ditata.

Saat rambut kamu dalam kondisi kering, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan sisir pemijat yang memiliki bantalan lembut di permukaannya. Selain dapat menyingkirkan kusut, sisir ini juga bisa memijat kepala, sehingga berguna untuk merangsang folikel rambut. Sisir ini juga akan menyebarkan sebum yang diproduksi oleh kulit kepala ke seluruh bagian rambut, sehingga membuat rambut kamu lebih berkilau. 

Sedangkan, jika rambut dalam kondisi basah, sebaiknya kamu tidak menyisir atau mengikatnya. Jika kamu tetap ingin menyisir rambut basah, sebaiknya gunakan sisir bergigi lebar. 

  1. Coba masker telur untuk mempercepat pertumbuhan rambut

Sebagian besar rambut terdiri dari protein dan asam amino. Nah, telur mengandung unsur-unsur ini, sehingga sangat cocok digunakan untuk merawat rambut. Kuning telur dapat membuat rambut kuat dan lembut, mencegah rambut patah, dan merangsang pertumbuhan rambut. 

Bahan membuat masker telur :

  • 1 kuning telur
  • 1 sendok makan (sdm) madu murni

Cara perawatan :

Campur semua bahan hingga rata, kemudian oleskan seluruh masker ke rambut kamu. Lakukan pijatan lembut untuk rambut, dan jangan lupa pijat akar rambut. Setelah semua masker diaplikasikan secara merata ke seluruh rambut, selanjutnya bungkus kepala kamu dengan shower cap atau plastik, dan biarkan selama beberapa jam. 

tersebut di rambut kamu selama beberapa jam. 

Jika sudah dibiarkan selama beberapa jam, bilas rambut kamu dengan sampo dan jangan lupa kenakan kondisioner untuk memberikan kelembapan ekstra. Lakukan perawatan ini setiap 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. 

  1. Gunakan sampo kering buatan sendiri 

Sampo kering digunakan untuk membersihkan rambut tanpa menggunakan air. Terlepas dari kenyataan bahwa sampo semacam itu biasanya terbuat dari banyak bahan yang sulit didapat, sebenarnya sangat mudah untuk membuat sampo ini di rumah.

Kamu perlu beberapa bahan dan alat berikut :

  • 2  sdm tepung maizena
  • 2 sdm bubuk cokelat (khusus untuk rambut hitam)
  • 5 – 6 tetes minyak esensial pilihan (opsional) 
  • Make up brush lebar 

Cara perawatan :

Campur semua bahan dalam mangkuk, kemudian letakkan campuran bubuk tersebut di dalam botol atau wadah lainnya. 

Sebelum menggunakan sampo kering, kamu harus mengocok botolnya dengan baik lalu kemudian mengoleskan campuran tersebut ke seluruh rambut. Jika kamu menggunakan make up brush, kamu harus membubuhkan sedikit bedak pada akar rambut, lalu tunggu hingga sebum berlebih menyerap. Selanjutnya, kamu bisa menyisir rambut dengan saksama. 

Terakhir, gunakan pengering rambut untuk menghilangkan sisa sampo dan membuat rambut terlihat lebih tebal.

  1. Menghilangkan ketombe dengan aspirin

Aspirin dikenal karena kemampuannya meredakan rasa sakit akibat cedera ringan dan juga dipercaya menjadi bahan yang efektif dalam banyak perawatan kecantikan. Salah satu kegunaan aspirin adalah melawan ketombe di kulit kepala. 

Cara perawatan :

Hancurkan beberapa pil aspirin, kemudian campurkan bubuk pil aspirin dengan sampo biasa, lalu gosokkan sampo ke kulit kepala, sambil memijatnya dengan lembut. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas sampai bersih. Kamu juga boleh membilas dengan air hangat, namun setelahnya, kamu harus bilas lagi dengan air dingin agar rambut kamu tidak kering. 

Baca Juga :

6 Resep Perawatan Rambut Untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Kenali Tipe Rambut Kamu untuk Perawatan Rambut Indah Sepanjang Hari

Perawatan Rambut: 6 Perawatan Rambut Rumahan yang Tidak Akan Gagal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Tren Rambut Musim Panas Untuk Kamu Coba

Ketika cuaca mulai lebih hangat, atau bahkan menjadi