Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan menjaga pola makan sehat dan rajin berolahraga. Namun, ada hal lain yang perlu dilakukan meskipun kamu tidak ingin, yaitu membuang barang-barang yang sudah tidak layak pakai atau bahkan berbahaya bagi kesehatan.

Apa saja barang-barang yang perlu dibuang?

Mengapa harus dibuang?

Yuk, simak daftar berikut.

  1. Sabun antibakteri

Beberapa produk sabun antibakteri yang tampak sehat ternyata mengandung triclosan, yaitu bahan yang dipercaya dapat mengubah cara kerja hormon tubuh. Selain itu, memakai sabun antibakteri juga dapat menimbulkan peningkatan resistensi bakteri terhadap antibiotik. 

Agar hal itu tak terjadi, sebaiknya kamu menggunakan sabun biasa yang tidak akan meningkatkan resistensi bakteri terhadap antibiotik. Dalam hal ini, sabun biasa bisa bekerja lebih baik daripada sabun antibakteri.

  1. Kotak soft lens

Idealnya, kamu harus membuang kotak atau wadah soft lens setelah 3 bulan pakai. Selain itu, kotak soft lens juga harus dibersihkan setiap pemakaian. Ini dilakukan agar mata kamu tetap bersih dan sehat walaupun memakai soft lens.

  1. Lipstik 

Produk lipstik memang tidak cukup baik sebagai pertumbuhan bakteri, atau tidak terlalu rentan menjadi rumah bakteri. Tetapi, meskipun demikian kamu tidak boleh memakai lipstik yang sama lebih dari enam bulan atau lebih dari setahun. Sebaiknya segera ganti lipstik jika sudah terlalu lama dipakai, tidak peduli apakah isinya masih banyak atau tidak. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan bibir.

  1. Talenan plastik

Talenan plastik memang lebih mudah dibersihkan dibandingkan talenan kayu. Karenanya, talenan plastik dianggap lebih aman daripada talenan kayu. Namun, tahukah kamu, ternyata bakteri berbahaya cenderung bersembunyi di lekukan talenan plastik. Jadi, untuk menghindari keracunan makanan akibat bakteri, sebaiknya kamu segera mengganti talenan plastik apabila sudah jelek, retak, terpotong, atau ada noda yang sulit dibersihkan.

  1. Sisir rambut

Apakah kamu ingat kapan terakhir kali membeli sisir rambut? Menurut para ahli, kita harus mengganti sisir rambut setelah sekitar 6 bulan penggunaan. Hal ini dilakukan agar sisir rambut bekerja optimal untuk merapikan dan menyehatkan rambut kamu. Sebab, jika sisir rambut tidak diganti, atau tetap digunakan dalam keadaaan rusak, rambut kamu juga bisa ikut rusak. 

Selain diganti setelah 6 bulan pemakaian, kamu juga perlu membersihkan sisi r rambut secara teratur, yaitu setiap 2 sampai 3 minggu sekali. Atau, kamu juga bisa mencucinya setelah kamu keramas. Dengan begitu, kamu bisa menyisir rambut bersih dengan sisir yang juga bersih. Jangan sampai kamu memakai sisir kotor untuk merapikan rambut bersih, ya! 

  1. Wadah plastik

Wadah plastik memang lebih murah, lebih ringan, dan lebih kuat daripada wadah kaca. Hal ini membuat orang lebih suka memakai wadah plastik untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi, beberapa wadah plastik terkadang terbuat dari bahan kimia berbahaya yang dapat masuk ke dalam makanan. Apalagi, jika kamu menggunakan wadah plastik untuk memasak sesuatu dengan microwave

Nah, mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bahan kimia dari wadah plastik bisa menyebabkan gangguan metabolisme, penurunan kesuburan, dan lain-lain. Jadi, meskipun wadah plastik lebih murah dan plastik, selalu pertimbangkan untuk memakai bahan yang lebih aman, ya. Bahan ini bisa jadi kaca atau stainless steel

Baca Juga :

7 Barang Rumah Tangga yang Perlu Dibuang dan Diganti

Perhatikan, 7 Barang Ini Ternyata Punya Tanggal Kedaluwarsa

Hati-hati, 5 Barang Ini Bisa Memicu Penuaan Dini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi