Menjaga pH vagina sangat penting untuk menjaganya tetap sehat. Kabar baiknya adalah ada banyak solusi alami untuk mengembalikan keseimbangan pH vagina. Ketika keseimbangan pH mati, vagina bisa rentan terhadap infeksi. Lingkungan yang terlalu basa dapat mengundang mikroba untuk menjajah ruang dan menyebabkan masalah parah. Lingkungan asam dapat membahayakan kesehatan reproduksi.  Jika Anda termasuk wanita dengan pH vagina yang tidak seimbang, maka berikut ini adalah cara alami untuk mengembalikan keseimbangan pH vagina Anda.

  1. Tingkatkan Asupan Probiotik

Probiotik, seperti namanya, mendukung pertumbuhan dan perbanyakan bakteri ramah, terutama lactobacilli, dan membantu mengembalikan keseimbangan pH vagina Anda. Anda dapat mengonsumsi suplemen probiotik atau memasukkan makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kombucha, dan miso.

  1. Hentikan Douching Dan Gunakan Hanya Produk Intim Ringan Dan Cocok

Douching mengacu pada praktik mencuci vagina (atau rongga tubuh lainnya) dengan aliran air ke atas atau campuran air dan cuka/soda kue/antiseptik/yodium. Ini adalah praktik umum di kalangan wanita dan dapat memiliki konsekuensi negatif pada keseimbangan pH vagina serta kesehatan reproduksi. Penelitian telah menemukan bukti untuk mencegah praktik ini. Gunakan hanya air hangat untuk membersihkan area luar vagina dengan lembut, atau hanya produk pencuci intim yang dirancang khusus untuk menjaga keseimbangan pH vagina Anda tetap utuh.

  1. Pastikan Aliran Udara Ke Vagina Dan Vulva Anda

Kurangnya aliran udara dapat meningkatkan tingkat kelembaban di sana dan menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri jahat dan ragi untuk tumbuh. Kenakan pakaian dalam yang ringan dan nyaman dan cobalah untuk tidur tanpanya sehingga Anda dapat menganginkan bagian tubuh Anda.

  1. Gunakan Kondom Atau Penghalang Lain Selama Hubungan Seks

Air mani dapat menetralkan lingkungan asam di vagina Anda. Jika Anda tidak berencana untuk hamil, gunakan kondom atau penghalang lain saat melakukan hubungan seksual.

  1. Gunakan Antibiotik dengan Bijak

Antibiotik bekerja melawan bakteri, baik atau buruk. Fungsi ini membuatnya bertanggung jawab untuk mengubah flora vagina, atau keseimbangan mikroorganisme yang membantu menjaga keseimbangan pH vagina. Hindari menggunakannya terlalu sering jika memungkinkan, atau kombinasikan antibiotik dengan probiotik.

  1. Ganti Tampon Sering Saat Haid

PH darah sedikit basa. Hindari menyimpan tampon atau pembalut Anda terlalu lama karena darah yang berdiri dapat meningkatkan pH vagina Anda. Bahkan tampon yang mengklaim pH seimbang tidak secara signifikan mengontrol pH vagina, menurut sebuah penelitian.

Selain praktik sederhana ini, Anda dapat membuat tambahan tertentu untuk diet Anda untuk meningkatkan kesehatan vagina Anda.

Minuman Untuk Membantu Keseimbangan pH Vagina

Probiotik telah terbukti memiliki korelasi positif dengan kesehatan mikrobioma vagina yang bertanggung jawab atas keseimbangan pH-nya. Antioksidan juga dapat memainkan peran penting dalam kesehatan mikrobioma vagina. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami kemanjuran probiotik dan antioksidan oral, beberapa minuman probiotik atau kaya antioksidan ini dapat membantu Anda mengembalikan keseimbangan pH vagina (20), (21):

  • susu kedelai
  • Jus cranberry
  • jus acar
  • kefir
  • air lemon-infused

Dalam situasi tertentu, perubahan pola makan atau pengobatan alami untuk mengembalikan keseimbangan pH mungkin tidak cukup dan penting untuk mengetahui kapan Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Kapan Harus Menemui Dokter

Umumnya, vagina dapat memulihkan kesehatannya dengan sendirinya, dengan sedikit dukungan dari pengobatan alami untuk mengembalikan keseimbangan pH vagina. Namun, Anda perlu mencari bantuan medis jika gejala berikut tidak membaik atau memburuk:

  • keputihan berwarna hijau, kuning, putih susu, atau seperti keju
  • sensasi terbakar
  • gatal
  • bau busuk

Vagina pandai membersihkan dirinya dari dalam dan menjaga lingkungan internalnya. Namun, ada beberapa faktor yang dapat membuat keseimbangan pH alaminya hilang. Tingkat pH ideal vagina yang sehat, antara siklus menstruasi pertama dan menopause, bervariasi antara 3,8 dan 4,5. Anda dapat memasukkan solusi alami tertentu dalam praktik sehari-hari Anda untuk membantu mengembalikan keseimbangan pH vagina Anda. Ini bisa termasuk mengonsumsi probiotik, menghindari sabun atau produk pembersih pada vagina, dan mengenakan kain yang bisa bernapas. Ketidakseimbangan pH berpotensi membuat Anda rentan terhadap PMS dan ISK. Jika Anda khawatir.

Baca Juga :

Perawatan #dirumahaja Untuk Mencerahkan Area Vagina

Macam-macam Aroma Vagina dan Penyebabnya

8 Tips Untuk Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh