Lingkaran hitam di bawah mata Anda, kecuali mereka benar-benar muncul dari kurang tidur yang serius, adalah masalah genetik. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang Asia Selatan sangat sering mengembangkan lingkaran hitam di sekitar mata mereka karena tingginya tingkat melanin di kulit mereka. Artinya, bayangan yang disebabkan oleh genetik dan peningkatan pigmentasi tidak akan pernah bisa disembuhkan sepenuhnya. Kecuali jika Anda pergi ke klinik untuk perawatan laser dan tusuk jarum yang mahal – yang datang dengan serangkaian efek sampingnya sendiri. Namun, bukan berarti Anda bisa, atau harus, menyerah begitu saja. Ada cara untuk mengatasi lingkaran hitam dengan cara yang sehat dan membuatnya lebih mudah dikelola. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata Anda.

1. Gunakan retinoid

Salah satu alasan utama munculnya lingkaran hitam adalah penipisan kulit di area bawah mata. Itulah mengapa sebaiknya menggunakan produk yang mengandung retinol untuk merangsang produksi kolagen, yang selanjutnya membantu menjaga area tersebut tetap kencang dan bervolume. Peningkatan kadar kolagen kulit juga dikaitkan dengan peningkatan perlindungan penghalang terhadap agresor eksternal.

2. Perbaiki kebiasaan tidur Anda

Jika Anda melihat peningkatan bengkak dan bayangan di pagi hari, kemungkinan kebiasaan tidur Anda yang harus disalahkan juga. Tidur telentang dan gunakan bantal tambahan untuk menghindari cairan menggenang di area mata Anda. Cobalah dan dapatkan setidaknya 7-8 jam tidur tanpa gangguan. Menghindari alkohol dan meletakkan ponsel sebelum tidur akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

3. Sertakan bahan pencerah dalam rutinitas perawatan kulit Anda

Bahan pencerah – seperti vitamin C, niacinamide, asam kojic, ekstrak akar manis, dan lainnya – membantu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Menambahkan bahan-bahan ini, dalam bentuk serum, lotion, pelembab, dan krim mata, dapat membantu mengatasi perubahan warna di area bawah mata dalam jangka panjang.

4. Pijat dalam perawatan di malam hari

Ada alasan mengapa rutinitas perawatan kulit malam hari Anda selalu terdiri dari begitu banyak bahan aktif – itu karena tubuh Anda dalam mode perbaikan saat Anda tidur dan dengan demikian dapat membuat kemajuan yang jauh lebih baik dalam menangani masalah kulit. Pijat lembut dalam perawatan malam hari yang menghidrasi di bawah mata Anda sebelum Anda pergi tidur. Gunakan roller untuk memijat area bawah mata Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Gunakan suncreen dan krim mata yang mengandung kafein

Penggunaan SPF setiap hari akan secara signifikan menurunkan jumlah pigmentasi yang Anda miliki di berbagai bagian wajah Anda sehingga sangat dianjurkan untuk Anda menggunakan sunscreen setiap harinya. Penggunaan sunscreen tidak hanya saat mentari sedang terik saja. Saat mendung atau di dalam ruangan pun dianjurkan untuk menggunakan sunscreen. Anda juga disarankan menggunakan krim mata yang mengandung kafein yang dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam dan memperkuat kulit. Jadi, jika Anda belum menggunakannya, segera gunakan ya.

Baca Juga :

Mengapa Kita Mengalami Mata Panda? Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Tips Pakai Bedak Demi Mata Panda Yang Tak Nampak

Mata Panda Jadi Masalah? No Worries.. Atasi Mata Panda Kamu Dengan Cara Berikut Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dengan Hair Spa di Rumah

Hair spa merupakan salah satu perawatan yang difavoritkan