Kehadiran smartphone telah mengubah dunia dan membuat hidup manusia menjadi lebih mudah, lebih cepat, serta efisien. Bagaimana tidak, mulai dari komunikasi, mengabadikan momen dengan kamera, belanja, bekerja, sekolah, sampai hiburan, semua ada di dalam gadget kecil ini.

Sayangnya, smartphone dengan kapasitas baterai yang kecil tidak dapat menemani aktivitas harian yang padat. Kita harus segera mengisi daya baterainya saat mulai lemah. Nah, untuk mengisi daya smartphone dengan lebih cepat, kamu bisa mencoba beberapa trik berikut:

  1. Hindari charger wireless

Pengisian daya nirkabel atau wireless adalah metode baru untuk mengisi daya baterai HP. Meskipun terkesan keren dan futuristik, sebenarnya metode ini kurang efisien. Karena, metode ini membutuhkan waktu dua kali lebih lama jika dibandingkan dengan metode konvensional.

Sederhananya, daya listrik biasanya bisa langsung masuk ke smartphone kamu saat menggunakan charger dengan kabel, tetapi saat menggunakan charger tanpa kabel, banyak daya yang hilang dalam bentuk panas. Oleh karena itu, kamu akan jauh lebih hemat energi untuk mengisi daya smartphone kamu dengan metode konvensional. 

  1. Beli fast charging

Perhatikan output daya charger kamu. USB 2.0 standar biasanya memiliki output daya 2.5 watt, sedangkan charger fast charging bisa lebih cepat karena memiliki output daya mulai dari 18 watt sampai 100 watt.

Untuk itu, berinvestasilah dengan membeli fast charging berkualitas yang akan mempercepat proses pengisian daya smartphone kamu. Jangan lupa, kamu juga membutuhkan kabel tipe fast charging untuk mendukung kepala charger fast charging. 

  1. Aktifkan mode hemat daya

Sama seperti jantung kita yang berdetak tiada henti setiap saat, smartphone pun juga demikian. Saat dalam posisi layar mati pun, smartphone kamu masih menjalankan berbagai fungsi di latar belakang. Untuk itu, ketika ada pemberitahuan masuk, kamu akan langsung tahu karena smartphone akan berbunyi dan layar akan menyala. 

Demi menghemat daya, saat smartphone kamu sedang tidak digunakan untuk keperluan penting, sebaiknya aktifkan mode hemat daya yang akan mengurangi kecerahan layar, penggunaan data, dan fungsi CPU. Fitur ini akan meringankan kinerja smartphone kamu dan menghemat penggunaan baterai.

  1. Kelola aplikasi dengan baik

Beberapa aplikasi di smartphone memang cenderung berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kamu. Tapi, kamu tidak perlu menutup paksa aplikasi itu dengan menghapus aplikasi di bagian menu multitasking. Pasalnya, menutup paksa aplikasi sebenarnya dapat menggunakan lebih banyak daya. Sebagai gantinya, buka pengaturan baterai kamu, cari daftar aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak, lalu tutup aplikasi itu satu per satu. 

  1. Bersihkan port pengisian daya

Port pengisian daya atau lubang charger di smartphone adalah bagian yang sangat sering dilupakan. Coba kamu perhatikan, apa kamu pernah membersihkan lubang charger smartphone kamu? Pasti jarang, bukan?

Padahal, debu, serat, dan kotoran dapat terkumpul di port pengisian daya. Pada akhirnya, jika tidak pernah dibersihkan maka port yang kotor itu akan mempengaruhi kemampuan smartphone dalam mengisi daya. Hal ini bisa terjadi karena debu, serat, dan kotoran bersifat non-konduktif, sehingga membuat daya tidak tersalurkan dengan baik ke dalam baterai smartphone kamu.

  1. Jangan biarkan smartphone panas

Smartphone kamu memiliki sistem kontrol termal internal. Ini akan mengatur suhu dan melindungi smartphone dari berbagai hal yang membuatnya jadi panas. Misalnya, saat kamu menggunakan smartphone di bawah sinar matahari atau saat kamu masih terus menggunakan smartphone sambil mengisi daya baterai. 

Jika smartphone mulai hangat, kamu harus segera menghentikan aktivitas kamu dan menempatkannya di permukaan yang dingin, seperti lantai misalnya. Selain itu, jauhkan smartphone dari paparan sinar matahari secara langsung dan jangan gunakan smartphone kamu saat mengisi daya. 

Baca Juga :

Ini yang Akan Terjadi pada Otak dan Tubuh Kamu Jika Berhenti Menggunakan Smartphone

8 Tips Agar Smartphone Kamu Awet Sampai Bertahun-tahun

5 Produk Disinfektan Khusus Untuk Smartphone Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Cara Aneh Tapi Efektif untuk Menyimpan Makanan

Setiap orang pasti punya waktu tertentu untuk membeli