Setiap tahun, para ilmuwan selalu melakukan berbagai penelitian untuk menemukan fakta-fakta unik tentang dunia. Fakta-fakta yang mereka temukan tersebut pada akhirnya mampu memperkaya pengetahuan kita.

Tahukah kamu bahwa jerawat dapat memperlambat proses penuaan pada seseorang? Dan tahukah kamu bahwa komposisi air susu ibu (ASI) bisa berubah saat bayi sedang sakit? Simak daftar fakta unik berikut ini, ya:

  1. Jerawat memperlambat proses penuaan

Peneliti di Inggris membuktikan bahwa sel-sel seorang penderita masalah jerawat memiliki mekanisme pertahanan bawaan terhadap penuaan. Hal ini membuat orang yang mengalami masalah jerawat cenderung terlihat jauh lebih muda daripada mereka yang tidak mengalaminya. Fakta yang cukup unik, bukan?

  1. Komposisi ASI berubah saat bayi sakit

Komposisi ASI ternyata mengalami perubahan ketika bayi sedang sakit. Para peneliti menemukan bahwa ketika bayi sedang sakit, air liur mereka mampu mengirimkan sinyal tentang penyakit tersebut ke tubuh sang ibu. Hal ini membuat tubuh ibu memproduksi lebih banyak ASI dengan antibodi spesifik untuk membantu menangani bayinya yang tengah sakit. Hebat, bukan? 

  1. Bayi menangis dengan aksen atau dialek tertentu

Sadarkah kamu, saat bayi menangis, mereka bisa menirukan nada yang mirip dengan suara ibu. Hal ini bisa terjadi karena seorang bayi mendengar suara ibunya sejak masih dalam kandungan. Para ilmuwan menemukan fakta aksen dan dialek pada tangisan setelah menganalisis tangisan 60 bayi yang lahir dari keluarga yang berbicara bahasa Prancis dan Jerman.

  1. Bentuk tubuh jam pasir adalah indikator kecerdasan tinggi

Bentuk tubuh seperti jam pasir mungkin masih menjadi dambaan bagi sebagian besar wanita. Nah, ternyata, sebuah studi yang melibatkan lebih dari 16.000 wanita menunjukkan bahwa wanita yang memiliki bentuk tubuh jam pasir memiliki kecerdasan yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak. 

Hal tersebut bisa terjadi karena wanita yang memiliki bentuk tubuh jam pasir menghasilkan lebih banyak lemak omega-3 yang membantu perkembangan otak dan mencegah penuaan dini. 

  1. Pria berjanggut berisiko botak saat tua

Penelitian menunjukkan bahwa semakin lebat janggut seorang pria dan semakin lama dia memeliharanya, maka semakin besar pula risiko kebotakan yang bisa dialaminya saat tua nanti. Bagaimana bisa? Hal ini terjadi karena kebotakan atau tidak adanya rambut di kulit kepala menjadi cara tubuh untuk mengimbangi panas yang ditimbulkan oleh lebatnya jenggot atau janggut pada pria. 

  1. Pria juga bisa mengalami PMS

Seperti wanita yang mengalami ketidakseimbangan emosi menjelang haid, pria ternyata juga punya sindrom serupa. Sindrom PMS yang dialami pria terjadi ketika kadar testosteron dalam darah berada pada tingkat rendah. Saat hal itu terjadi, pria menjadi sering marah, bahkan mengalami depresi. 

  1. Hanya 22% orang di dunia yang bisa menggerakkan telinganya

Tahukah kamu, orang yang mampu menggerakkan telinganya termasuk minoritas di dunia ini? Hanya sekitar 22% populasi di dunia yang mampu menggerakkan telinganya secara terpisah, kanan dan kiri. Kemudian sekitar 18% populasi dapat menggerakkan telinga secara bersamaan. Beberapa orang dapat menggerakkan telinga kerap melakukannya dengan gerakan mengangkat alis. 

Itulah tujuh fakta menarik tentang dunia yang tidak banyak diketahui orang. Bagian mana yang paling mengejutkanmu?

Baca Juga :

Nasi Membuat Orang Jepang Panjang Umur? Simak 7 Fakta Berikut!

Kamu Seorang Fans K-Pop? Simak 8 Fakta Korea Selatan yang Tidak Banyak Diketahui Orang Asing

Percaya Mitos Tentang Menstruasi? Cek Faktanya Dulu Yuk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Manfaat Mengejutkan dari Minum Air Panas untuk Kulit Anda

Panas atau dingin, segelas air dapat bertindak sebagai