Kiat atau tips penurunan berat badan selalu membanjiri dunia maya. Kamu bisa menemukan banyak sekali tips diet dari berbagai sumber, entah itu melalui artikel, unggahan media sosial, atau buku-buku elektronik di internet.

Nah, sebenarnya ada cara cepat yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kalori dalam tubuh. Cara-cara ini bisa sangat membantu bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. 

Penasaran apa saja caranya? Simak daftar berikut, ya :

  1. Makan lebih banyak protein

Saat sedang dalam program penurunan berat badan, kamu perlu makan makanan kaya protein. Dengan cara ini, secara otomatis kamu akan menghindari kebiasaan makan berlebihan. Nah, dengan demikian berat badanmu pun akan cepat turun. 

Tapi ingat, pola makan tinggi protein juga perlu dikombinasikan dengan olahraga supaya tubuhmu menciptakan otot dan mengurangi lemak. Sudah bukan rahasia lagi jika olahraga merupakan bagian penting dalam diet. 

  1. Makan sambil tutup mata

Mungkin hal ini terdengar aneh, tapi ada sebuah penelitian di Jerman yang menemukan fakta bahwa orang yang makan dengan mata tertutup akan cenderung mengonsumsi lebih sedikit makanan daripada mereka yang makan dengan mata terbuka. 

Ternyata, fenomena ini terjadi karena tertutupnya indra penglihatan mampu mengurangi kelaparan “hedonis” seseorang, yaitu, kelaparan yang disebabkan hanya karena melihat makanan yang membangkitkan selera, bukan karena kebutuhan tubuh. Jadi, jika sedang ingin menurunkan berat badan, kamu bisa coba tutup mata kamu dengan kain atau penutup mata lainnya agar tidak makan berlebihan.

  1. Minum air sebelum makan

Tips ini sudah banyak dibagikan di berbagai media dan memang benar adanya. Menurut penelitian terbaru, minum sekitar 16 ons air pada saat 30 menit sebelum waktu makan dapat membantu kamu menurunkan berat badan. 

Para peserta penelitian yang mulai membiasakan diri minum air putih sebelum makan (tanpa mengubah kebiasaan sehari-hari lainnya) mampu mengurangi berat badan sekitar 2 kilogram. Bayangkan berapa kilogram yang bisa hilang dari tubuhmu jika kamu mengombinasikan kebiasaan ini sambil rutin berolahraga dan mengurangi asupan makan. 

  1. Minum lebih banyak kopi dan teh

Kamu pencinta kopi atau pencinta teh? Wah, kabar baik untuk kamu, karena ternyata teh dan kopi adalah minuman yang baik untuk diet. Penelitian mengungkapkan bahwa meningkatkan konsumsi kopi dan teh dapat membantu mengekang nafsu makan dan mengendalikan hasrat kamu untuk makan banyak. 

Selain itu, kopi dan teh juga mampu mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga.

  1. Mandi air dingin

Selain membiasakan diri minum air putih sebelum makan, ternyata hal sepele seperti suhu air saat mandi bisa berpengaruh pada penurunan berat badan, loh. Mandi dengan air dingin membuat beberapa sel lemak terbakar untuk menghasilkan panas bagi tubuh. Jadi, dengan mandi air dingin, kamu bisa membuat tubuhmu lebih segar sekaligus membakar lemak tanpa usaha ekstra. Selain membantu penurunan berat badan, mandi air dingin juga baik untuk kulit.

  1. Biasakan makan sambil duduk 

Tidak peduli apakah kamu sedang terburu-buru atau tidak, tetapi kamu harus selalu makan sambil duduk. Jika di restoran tempatmu makan tidak ada tempat duduk, carilah restoran lain yang masih menyediakan tempat duduk.

Mengapa harus makan sambil duduk? Ternyata makan dengan cara berdiri bisa membuat berat badanmu bertambah. Ahli gizi menyarankan agar kita makan sambil duduk karena cara ini bisa membantu otak “mengenali” sinyal bahwa kita sudah makan dengan benar. Nah, pada akhirnya, sinyal yang dikirimkan ke otak akan menurunkan peluang untuk makan berlebihan. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba agar berat badan cepat turun. Manakah tips yang paling menarik?

Baca Juga :

Tidak Perlu ke Gym, Ini 5 Cara Bakar Kalori Ekstra di Rumah

Mau Diet Tapi Bingung Makan Apa? Ini Menu Diet Rendah Kalori Untuk 4 Hari

5 Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Ribet Hitung Kalori

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Alasan Alpukat Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda bahwa Anda bisa melakukan diet alpukat