Jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya sering kali semakin dalam dan dapat mempengaruhi harga diri kita. Namun, ada harapan di cakrawala. Sementara perawatan klinis selalu menjadi pilihan, ada juga cara untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan cahaya yang halus, seperti filter Instagram favorit Anda.

Apa penyebab bekas jerawat

Sebelum Anda merawat bekas jerawat Anda, bacalah mengapa mereka terbentuk di tempat pertama. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi, jika Anda merawat kulit Anda, Anda tidak perlu khawatir dengan bekas luka. Berikut adalah beberapa alasan untuk berjerawat dan jaringan parut berikutnya.

  • Jerawat akibat pubertas
  • Jerawat kistik dan peradangan
  • Memencet jerawat
  • Paparan sinar matahari langsung
  • Perubahan hormonal mengganggu proses penyembuhan jerawat
  • Polusi
  • Produk atau obat perawatan kulit yang keras

Tapi para dewa kecantikan tidak sekejam itu. Meskipun bekas jerawat mungkin atau mungkin tidak kita lakukan, masih ada cara untuk mengobatinya dan menghilangkannya secara alami. Ada perawatan medis seperti dermabrasi dan microneedling. Jika Anda takut atau jika perawatan ini di luar anggaran Anda, jangan khawatir, kami punya Anda. Ada juga banyak pengobatan rumahan yang mudah untuk mengurangi bekas jerawat.

Panduan menghilangkan bekas jerawat secara alami

Beberapa bahan antibakteri dan anti-inflamasi secara alami ditemukan yang benar-benar membantu mengurangi bekas jerawat. Makanan yang berserakan di dapur Anda seperti madu, kentang, cuka sari apel, mentimun, dan lainnya dapat membuat benjolan di wajah Anda menjadi halus dalam waktu singkat. Tapi, seperti biasa, kesabaran adalah kuncinya. Anda mungkin bosan membaca frasa khusus ini di setiap panduan kecantikan yang Anda lalui – tetapi dibutuhkan rutinitas perawatan kulit yang terus-menerus diikuti setiap hari untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Obat rumahan untuk mengurangi munculnya bekas jerawat

  1. Madu dan kunyit

Selain sebagai pelembab yang luar biasa, madu dapat membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami karena membantu proses penyembuhan kulit yang rusak bersama dengan sifat antibakteri kunyit. Pastikan wajah Anda benar-benar bersih dan kering. Campurkan sedikit madu, satu sendok teh kunyit dan air untuk membentuk pasta. Oleskan pada bekas luka dan biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya.

  1. Gel lidah buaya

Anda tidak akan pernah salah dengan gel lidah buaya. Ia bekerja untuk berbagai kondisi kulit termasuk bekas jerawat. Potong daun lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan ini dengan murah hati pada bekas luka sebelum tidur setiap malam.

  1. Cuka sari apel

Selain menghaluskan kulit kasar, cuka sari apel juga dapat mengontrol hiperpigmentasi dan perubahan warna. Tuangkan dua sendok makan cuka sari apel dan empat sendok makan air ke dalam mangkuk. Celupkan bola kapas ke dalam larutan dan oleskan pada bekas luka. Biarkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas wajah Anda dengan air dingin.

  1. Mentimun dan lemon

Karena mentimun dan lemon mengandung zat yang diperlukan untuk menyembuhkan kulit yang rusak, Anda berada di tangan yang tepat. Haluskan mentimun dan saring air dari ampasnya. Peras beberapa tetes jus lemon ke dalam air mentimun dan oleskan ke wajah Anda. Biarkan mengering lalu cuci muka setelah 10 menit.

  1. Tea tree oil dan minyak kelapa

Tea tree oil menghilangkan bekas jerawat dan mencegahnya terbentuk. Tambahkan dua hingga tiga tetes tea tree oil ke satu sendok teh minyak kelapa dan oleskan ke wajah Anda sebelum tidur. Cuci muka di pagi hari dengan pembersih ringan.

  1. Soda kue

Siapa yang tahu bahwa baking soda tidak hanya untuk mengembang kue Anda. Sifat eksfoliasi dari baking soda membantu menghilangkan bekas luka. Masukkan dua sendok teh soda kue ke dalam mangkuk dan terus tambahkan sedikit air dan aduk sampai konsistensinya seperti pasta. Oleskan pasta ke bekas luka dan pijat. Setelah 10 hingga 15 menit, bilas dengan air hangat.

  1. Kentang

Kentang adalah obat kuno untuk berbagai kondisi kulit. Itu membuat wajah Anda bersinar karena menghaluskan tekstur kulit Anda dengan menghilangkan bekas jerawat, mengencangkan pori-pori terbuka dan mengurangi kemerahan dan noda. Oleskan irisan tipis kentang segar pada bekas luka. Biarkan selama 10 menit lalu cuci muka.

Produk alami untuk mengobati bekas jerawat

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa produk dengan bahan alami ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda untuk mengurangi bekas jerawat.

  • Pembersih wajah dengan kandungan AHA (alpha-hydroxy acid) untuk kulit kering dan BHA (beta-hydroxy acid) untuk kulit berminyak
  • Pengelupasan Kulit Dan Serum dengan Vitamin C 
  • Pelembab Shea Butter
  • Kapsul Vitamin E

Baca Juga :

5 Rahasia Skincare Megan Thee untuk Lawan Jerawat Hiperpigmentasi

Berbagai Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Solusi Insecuremu : Manfaat Kayu Manis untuk Pengobatan Jerawat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

3 Produk Perawatan Kulit dan Makeup Untuk Mengurangi Kerutan Dahi

Dahi yang berkerut dapat terjadi karena berbagai alasan;