Sauna atau mandi uap dapat membantu Anda mengurangi beberapa inci dari pinggang Anda. Sauna untuk menurunkan berat badan adalah tren yang berkembang. Pemandian tradisional Finlandia pada suhu 150-195° F ini terbukti membantu penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa sauna dapat langsung dibandingkan dengan latihan intensitas sedang. 

Hal ini berarti Anda akan berolahraga tanpa bergerak sedikit pun, bersantai, dan menikmati mandi yang mempercantik. Bukankah itu mimpi? Baca terus untuk mengetahui bagaimana sauna membantu penurunan berat badan, berapa banyak kalori yang dapat dibakar sauna per sesi, dan tindakan pencegahan yang harus dilakukan. Baca terus untuk mendapatkan semua detailnya. 

Sauna Membantu Menurunkan Berat Badan

  1. Bertindak Sebagai Detoksifikasi

Panasnya sauna membuat Anda lebih banyak berkeringat, yang membantu Anda membuang racun dengan mudah. Ini sehat, terutama jika Anda tidak berolahraga secara teratur (atau tidak sama sekali!) Atau tinggal di dalam ruangan sepanjang hari di udara bersuhu rendah.

Dengan berkeringat logam berat seperti nikel, merkuri, tembaga, dan seng yang diserap melalui makanan yang Anda makan dapat dikeluarkan dari tubuh Anda. Akibatnya, Anda akan mulai menurunkan berat badan dengan membakar lemak secara efektif.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan Air

Berat air dapat berkontribusi hingga 5 pon dari total berat Anda. Dan dibutuhkan sekitar tujuh hari untuk menurunkan berat badan air dengan diet terbatas dan rutinitas olahraga campuran.

Sauna, di sisi lain, akan membantu mengeluarkan kelebihan air dengan memicu keringat berlebih. Ini sangat membantu dalam menurunkan beberapa kilogram hanya dalam satu atau dua hari.

  1. Mengurangi Stres

Sauna dapat digambarkan sebagai mandi paling santai. Ini membantu mengurangi stres dan menurunkan kadar kortisol dalam tubuh.

Saat Anda bersantai dengan mandi di sauna, kadar kortisol turun, begitu juga peradangan dan kadar oksigen bebas yang berbahaya. Ini mengurangi kemungkinan kenaikan berat badan yang disebabkan oleh peradangan.

  1. Membantu Pemulihan Otot

Banyak atlet mengandalkan sauna untuk membantu otot mereka pulih dari latihan atau aktivitas yang berat. Sebuah penelitian menegaskan bahwa sauna sebelum berolahraga membantu meningkatkan fungsi otot dan mengurangi gangguan sensorik.

  1. Meningkatkan Stamina

Pernah merasa kehabisan napas terlalu cepat saat berolahraga atau bahkan menaiki tangga? Nah, sauna bisa membantu mengatasi masalah itu. Hal ini membuat kapasitas pernafasan Anda meningkat, fungsi pernafasan dan mengurangi masalah pernapasan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mandi sauna membantu pelari meningkatkan waktu lari (daya tahan atau stamina) sebesar 32%.

  1. Meningkatkan Tingkat Metabolisme

Mengurangi stres, peradangan, dan racun membantu meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Setelah beberapa jam keluar dari bak mandi, metabolisme Anda akan meningkat dan berjalan pada tingkat yang lebih tinggi. Ini adalah bagaimana Anda bisa menurunkan berat badan di sauna.

  1. Meningkatkan Fungsi Jantung Dan Sirkulasi

Suhu tinggi di sauna memungkinkan detak jantung Anda meningkat. Hal ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang pada akirnya membantu Anda yang sulit tidur, baik untuk kulit dan juga kekebalan tubuh Anda. 

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Sauna juga dapat membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun orang yang memiliki tekanan darah rendah dan aritmia harus menghindari mandi sauna.

Sauna membantu penurunan berat badan dengan menghilangkan racun, menurunkan peradangan dan tekanan darah tinggi, mengendurkan otot, dan mengurangi stres.

Baca Juga :

Tahu Ngak Sauna Ngak Hanya Keluarin Keringat Loh! Yuk Simak Manfaat Sauna Lainnya

5 Bagian Tubuh Ini Sering Jerawatan? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

7 Tips Ibu Hamil Agar Anak Sehat dan Bahagia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Herbal Ajaib Untuk Menambah Berat Badan Lebih Cepat

Dalam masyarakat saat ini, di mana dunia sedang