Obesitas atau kelebihan berat badan telah meningkat tiga kali lipat antara tahun 1975 dan 2017 dengan sekitar 1,9 miliar orang dewasa mengalami kelebihan berat badan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 650 juta orang dewasa saat ini mengalami obesitas. Menjaga kesehatan tubuh di zaman sekarang membutuhkan banyak komitmen dan waktu. Nah, berikut adalah tips yang ampuh untuk mempercepat proses penurunan berat badan demi kesehatan dan kebugaran tubuh :

  • Makanlah makanan pembuka

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa makan makanan pembuka, seperti semangkuk sup misalnya, dapat membantu mengekang nafsu makan kamu. Untuk sup, biasanya kamu harus menunggu sup mendingin, nah dengan begini kamu akan memakannya perlahan, hingga memberi otak kamu sinyal atau hormon, mengoordinasikan pesan “kenyang” pada tubuhmu.

  • Makanlah makanan pedas

Suka makanan pedas? Jika ya, maka ini adalah kabar baik. Makan makanan pedas untuk sementara dapat meningkatkan metabolisme hingga 8%, sehingga meningkatkan kecepatan pembakaran kalori tubuh kamu. Selain itu, telah diamati bahwa makan makanan pedas mendorong orang untuk makan perlahan, yang baik untuk metabolisme kamu.

  • Makan camilan sehat

Dalam proses penurunan berat badan, kemungkinan kamu akan sering menahan lapar pada waktu tertentu. Meskipun kedengarannya menunda atau menahan lapar itu cukup masuk akal, tetap sebenarnya “menunggu sampai kelaparan” akan membuat kamu makan dengan porsi lebih banyak sebelum merasa kenyang. Selain itu, kamu cenderung makan dengan cepat.  Siapkan camilan sehat seperti biji bunga matahari, almond, irisan apel, biskuit gandum, dan keju rendah lemak untuk menemani kamu sepanjang hari.

  • Tidur lebih lama dan berkualitas

Istirahat yang cukup sangat penting agar tubuh kamu berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan program diet dapat mengonsumsi lebih sedikit kalori jika mereka mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

  • Minum banyak teh

Teh (terutama teh hijau) mengandung banyak antioksidan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Sebagai manfaat tambahan, teh hijau juga membantu melindungi dari kanker. Untuk itu, kamu bisa mengombinasikan program diet kamu dengan banyak minum teh.

  • Gunakan alat makan warna biru

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang cenderung makan lebih sedikit saat mereka makan di sebuah piring yang berwarna kontras dari warna pakaian yang sedang kupakai. yang lebih tinggi antara piring dan makanannya.

  • Tertawalah!

Tertawa dapat memberi tubuh latihan aerobik kecil. Karena tertawa dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat hingga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Tertawa intens selama sekitar satu jam ternyata mampu membakar kalori hampir sama banyaknya dengan angkat beban selama 30 menit.

  • Tidur dalam cuaca dingin

Saat kita tidur dalam kondisi kedinginan, tubuh kita akan membakar lemak yang tersimpan di perut agar tubuh tetap hangat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes menunjukkan bahwa orang yang tidur di kamar dengan suhu dingin, mampu membakar kalori 7% lebih banyak daripada mereka yang tidur di kamar yang lebih hangat.

  • Matikan lampu

Ini mungkin terdengar aneh, tapi itu benar. Peneliti di Ohio State University menemukan bahwa tinggal di tempat gelap atau tidur di tempat yang gelap bisa membuat tubuh lebih ringan.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/7-tips-diet-berikut-ini-akan-membantu-menurunkan-berat-badan-bahkan-saat-tidur/

https://www.tampilcantik.com/diet-astronaut-untuk-menurunkan-berat-badan-dan-menghilangkan-masalah-perut-dalam-13-hari/

https://www.tampilcantik.com/7-cara-mengencangkan-payudara-setelah-menurunkan-berat-badan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tersiksa memakai kacamata? Berikut Tips Perawatan Mata Spesial Untuk Kamu

Tahukah kamu? Otot bagian mana yang paling aktif