Pernahkah Anda mendengar tentang Sauerkraut? Ini adalah kata Jerman yang berarti “kol asam”. Itu dibuat dengan memotong kubis yang difermentasi dengan bantuan bakteri asam laktat. Ada banyak manfaat dari makan Sauerkraut. Beberapa dari mereka disebutkan di bawah ini-

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Sauerkraut secara teratur membantu dalam penurunan berat badan. Itu terjadi karena Sauerkraut terbuat dari kubis. Ini adalah sayuran yang memiliki kalori yang sangat rendah dan kandungan serat yang tinggi. Diet tinggi serat membantu Anda tetap kenyang untuk waktu yang lama. Akibatnya, Anda makan lebih sedikit kalori, dan berat badan Anda menurun. Ini juga kaya akan Probiotik yang menyebabkan lingkar pinggang yang dipangkas. Probiotik tertentu dapat memecah lemak dan menurunkan bioavailabilitas molekul lemak dalam makanan. 

2. Mengurangi Tingkat Stres

Apa yang Anda makan memengaruhi suasana hati dan fungsi otak Anda. Ada hubungan antara kesehatan usus dan fungsi otak. Jika usus Anda sehat, maka tingkat stres Anda akan berkurang. Bakteri yang ada di usus Anda mengirim sinyal ke otak. Mereka mempengaruhi cara kerja otak. Sauerkraut adalah produk makanan fermentasi yang sarat dengan Probiotik. Ini mengarah ke usus yang sehat dengan meningkatkan mikroflora yang sehat. Ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan fungsi otak. Probiotik dalam Sauerkraut meningkatkan memori dan mengurangi autisme, kecemasan, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

3. Kaya akan Vitamin

Karena Sauerkraut adalah makanan fermentasi, komponen seperti protein dan karbohidrat telah dipecah menjadi senyawa yang mudah dicerna. Akibatnya, itu adalah sumber yang kaya vitamin B, C, dan K. Ini adalah sumber yang kaya serat makanan dan mengandung banyak mineral berharga seperti besi, tembaga, dan bahkan kalium.

Tubuh kita membutuhkan sumber mineral dan vitamin esensial yang sehat karena membantu meningkatkan aktivitas metabolisme. Dengan memilih untuk memasukkan Sauerkraut ke dalam diet Anda, Anda akan dapat menikmati asupan semua vitamin dan mineral ini. Selanjutnya, karena fermentasi kubis, bioavailabilitas nutrisi meningkat secara signifikan.

4. Membuat Tulang Kuat

Vitamin K2 memainkan peran penting dalam membangun tulang yang kuat. Sauerkraut memiliki jumlah vitamin pembentuk tulang yang tinggi.

Vitamin K2 merangsang dua protein yang mengikat kalsium, mineral paling melimpah di tulang. Proses ini membuat tulang tumbuh lebih kuat dan sehat. Oleh karena itu, vitamin K2 bermanfaat untuk kesehatan tulang.

5. Bertindak Sebagai Penghambat Kanker

Dokter dan ahli gizi sering mengatakan bahwa berpegang teguh pada diet yang tepat bisa sangat penting dalam menangani kanker. Sesuai penelitian yang dilakukan tentang penggunaan Sauerkraut, telah ditemukan bahwa ia bekerja sebagai penghambat kanker.

Ketika kubis difermentasi untuk membentuk Sauerkraut, ia menghasilkan zat yang dikenal sebagai isothiocyanates. Senyawa ini mencegah kanker, terutama di usus besar, payudara, dan paru-paru. Misalnya, banyak penelitian menunjukkan penurunan jumlah kanker payudara pada wanita yang memasukkan banyak Sauerkraut ke dalam makanan mereka.

6. Memperkuat Sistem Pencernaan

Jika Anda menderita pencernaan masalah, makan Sauerkraut ternyata bisa membantu. Fakta bahwa kaya akan serat makanan membuatnya efisien dalam membersihkan sistem pencernaan, dan mereka yang menderita sembelit dapat menggunakan Sauerkraut untuk menyingkirkan masalah tersebut. Ini juga mengandung bakteri lactobacilli hidup yang membantu mempercepat sistem pencernaan alami. Ini adalah mikroorganisme esensial (probiotik) yang sangat penting untuk kelancaran sistem pencernaan. Mereka juga membantu memerangi peradangan. 

Makanan fermentasi adalah pilihan yang lebih disukai untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pencernaan karena membuat asimilasi protein, karbohidrat, dan nutrisi lain jauh lebih mudah diakses dan efektif. Akibatnya, nilai gizi dari bahan-bahan yang terkandung dalam makanan juga meningkat. Selain itu, kehadiran asam laktat dalam jumlah tinggi membuatnya mudah untuk mencerna banyak hal.

7. Sauerkraut Adalah Penambah Kekebalan Tubuh

Ketika kubis difermentasi, ini membantu meningkatkan tingkat kekebalan. Ini karena mengandung banyak fitokimia yang memperkuat kekebalan tubuh Anda. Kehadiran berbagai vitamin, mineral, dan bakteri bermanfaat menjadikan Sauerkraut salah satu “produk yang harus dimiliki” dalam diet Anda. Ini akan memberdayakan tubuh Anda untuk melawan infeksi dan secara langsung berdampak pada tingkat kekebalan.

8. Tinggi Folat

Konsumsi folat yang cukup mengurangi risiko gagal jantung dan stroke serta gangguan pendengaran dan penyakit gusi terkait usia. Sauerkraut dan kubis yang difermentasi kaya akan folat, yang diperlukan untuk mengurangi risiko yang berhubungan dengan jantung.

9. Salah satu Sayuran Fermentasi Terbaik

Sayuran fermentasi selalu dikenal karena manfaat nutrisi tambahannya. Mereka membuat penyerapan mineral dan nutrisi penting lebih mudah. Sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita gangguan pencernaan.

Baca Juga :

Diet PCOS: Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

<strong>Diet Ujian : Makanan Otak Terbaik Untuk Diberikan Kepada Anak Anda Saat Mereka Belajar</strong>

<strong>Bagaimana Cara Mengganti Nutrisi Penting Jika Anda Diet Bebas Susu</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh