Lalat hampir selalu ada di mana-mana, mulai dari di rumah bahkan di warung makan atau restoran sekalipun. Kira-kira apa yang kamu lakukan saat melihat lalat hinggap di makanan kamu? Apakah kamu langsung membuang makanan kamu? Atau kamu berpikir, “Ah, nggak masalah, itu cuma lalat”? jika selama ini kamu mengabaikan lalat yang hinggap di makanan, sebaiknya sekarang juga kamu hentikan kebiasaan buruk itu!

Lalat benar-benar dapat membawa masalah di makanan kamu. Jadi jika kamu memakan makanan yang telah dihinggapi lalat, tentu saja masalah itu akan masuk ke dalam tubuh kamu! Tampaknya dampak yang ditimbulkan oleh makhluk-makhluk kecil yang menyebalkan ini jauh lebih besar dari ukurannya dan bisa jadi jauh lebih rumit daripada yang kamu pikirkan. Untuk membantu kamu memahami segala sesuatu yang terjadi setelah lalat menyentuh makanan kamu, berikut adalah beberapa daftar riset yang perlu kamu ketahui :

  • Lalat dapat memuntahkan makanan kamu
Hal jorok yang dilakukan lalat saat hinggap di makanan, jijay!

Inilah yang perlu kamu ketahui : lalat makan dengan cara mengisap cairan melalui mulut berbentuk tabung yang mereka miliki. Karena bentuk mulut inilah, maka mereka harus mengubah makanan menjadi cairan. Untuk itu, lalat-lalat akan muntah pada makanan kamu dengan air liur mereka. Kamu tidak akan pernah tahu, apa saja yang ada pada air liur lalat. Lalat itu bisa saja telah menghisap sampah atau bahkan tinja! Bagaimana? Apa kamu masih mau memakan makanan yang telah dihinggapi lalat?

  • Lalat bisa bertelur di makanan kamu

Hati-hati! Makanan lezat yang telah kamu siapkan bisa berubah menjadi sarang yang sempurna untuk telur lalat. Ketika lalat hinggap pada makanan kamu, besar kemungkinan mereka akan bertelur di situ. Dan setelah beberapa waktu berlalu, telur lalat akan tumbuh menjadi bayi-bayi lalat (BELATUNG!) Tentu saja belatung ini akan meracuni kamu ketika kamu makan makanan yang telah terkontaminasi telur lalat. Jadi, jangan lupa untuk selalu menutup makanan kamu ya! Dan jangan lupa segera buang makanan kamu ketika kamu mendapati ada lalat yang mampir di makanan kamu.

  • Kaki dan sayap lalat dapat mengubah makanan menjadi sarang bakteri
Hal jorok yang dilakukan lalat saat hinggap di makanan, jijay!

Kamu sudah tahu bahwa lalat dipenuhi dengan bakteri. Tetapi tahukah kamu bahwa jumlah mikroba tertinggi dapat ditemukan di luar tubuh mereka? Menurut Nanyang Technological University, setiap langkah dari ratusan lalat meninggalkan jalur koloni mikroba” Itu berarti, apa pun yang disentuh oleh lalat dapat terinfeksi degan berbagai bakteri yang berbahaya. Tidak ada alasan bagi kamu untuk tetap mengonsumsi makanan yang telah dihinggapi lalat! Jadi jangan coba-coba makan makanan itu, ya!

  • Lalat dapat membawa lebih dari 60 penyakit

Lalat rumah dapat menularkan setidaknya 65 penyakit berbeda kepada manusia hanya dengan merangkak melalui sampah dan hinggap pada makanan. Penyakit tersebut termasuk disentri, diare, kolera, dan bahkan kusta! Dan bukan hanya manusia yang menderita, lalat juga sangat mungkin untuk menginfeksi hewan lain, seperti anjing, ayam, kucing, dsb.

Nah, setelah tahu betapa bahayanya lalat bagi kesehatan, mulai sekarang kamu harus selalu menjaga kebersihan dan jangan ambil risiko untuk makan makanan bekas lalat, ya! Stay healthy, stay safe!

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/apakah-tahi-lalat-berbahaya/

https://www.tampilcantik.com/makanan-bergizi-untuk-makan-selama-musim-hujan/

https://www.tampilcantik.com/hati-hati-makanan-yang-mengandung-pemanis-buatan-membuat-nafsu-makan-makin-besar/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa yang Terjadi pada Lemak Setelah Diet?

Tahun 2019 lalu, pola makan sehat dan kesadaran