Handphone (HP) yang lemot alias lambat, bukan berarti HP itu jelek. Biasanya, kecepatan HP berkurang karena menyimpan banyak dokumen tidak berguna yang menghambat kinerjanya. Sebelum kamu mengeluh dan membeli HP baru, coba lakukan beberapa trik berikut ini agar HP jadi gesit seperti baru :

  1. Rajin “restart” atau “muat ulang” HP 

Random access memory (RAM) HP kamu akan semakin penuh jika HP terus menerus digunakan tanpa dimatikan atau dimuat ulang (restart). Apalagi, jika kamu suka mengunduh dan mencoba berbagai aplikasi, maka RAM bisa semakin penuh.

Solusi untuk mengosongkan RAM adalah dengan memuat ulang HP kamu atau restart HP kamu setidaknya 3 kali dalam seminggu. Jika kamu bisa merestart HP setiap hari saat akan digunakan, itu akan lebih baik.

Dengan cara ini, semua RAM yang menyimpan hal yang tak perlu, bisa dikosongkan dan HP kamu akan segar kembali. 

  1. Perbarui atau update aplikasi hanya saat terhubung dengan Wi-Fi

Meskipun sepele, tapi update atau memperbarui aplikasi sebenarnya penting. Karena, pengembang aplikasi akan mengoptimalkan kinerja aplikasi atau menambah fitur yang berguna pada aplikasi versi terbaru. 

Namun ingat, jangan memperbarui aplikasi saat kamu tidak terhubung dengan Wi-Fi. Pasalnya, pembaruan aplikasi terkadang membutuhkan data internet yang besar. Ada beberapa pembaruan aplikasi yang membutuhkan lebih dari 100 megabyte (MB).

Jika kamu memperbarui aplikasi menggunakan paket data internet biasa, aplikasi akan memakan data kamu dengan sangat cepat dan memperlambat kinerja ponsel kamu. 

  1. Rajin bersihkan memori sistem 

HP pintar atau smartphone, biasanya sudah menutup proses yang tidak perlu dengan sendirinya. Namun, sebelum HP kamu menutup proses tidak berguna, kamu bisa membantunya dengan membersihkan memori sistem secara manual.

Saat ini, hampir setiap smartphone sudah dibekali dengan aplikasi bawaan yang mampu membersihkan memori sistemnya. Nah, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengakses aplikasi pembersih dan membersihkan memori tidak berguna pada HP kamu. 

Jika ponsel kamu tidak dibekali dengan aplikasi cleaner atau pembersih bawaan, kamu bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga di Play Store.  Rajin-rajinlah membersihkan memori sistem, selama beberapa kali dalam sehari, agar HP kamu dapat mempertahankan performa baiknya.

  1. Instal aplikasi versi ringan

Tanpa sadar, ada banyak aplikasi berat yang memakan memori besar pada HP kamu. Misalnya aplikasi media sosial Instagram atau Facebook. Nah, jika memori HP kamu terbatas, sebaiknya kamu mengunduh aplikasi versi ringan. Misalnya Facebook Lite atau Instagram Lite. 

Aplikasi ringan tersebut akan memungkinkan kamu untuk tetap mengakses fitur media sosial namun dengan memori yang lebih kecil. Kamu bisa tetap eksis di media sosial tanpa menyiksa HP kamu. Dengan begitu, performa HP akan lebih cepat dan optimal.

  1. Hindari penggunaan HP pada suhu panas

Ada alasan mengapa kamu dilarang mengisi daya atau charge HP saat sedang digunakan. Hal ini karena HP kamu bisa cepat panas. Suhu panas pada HP akan berdampak buruk pada mesin HP kamu. Akibatnya, HP bisa lebih cepat rusak atau melambat.

Sebaiknya, jangan gunakan HP kamu di bawah sinar matahari terik dalam jangka waktu lama. Jangan pula gunakan HP kamu saat sedang diisi daya atau di-charge. Jika HP tiba-tiba panas saat sedang digunakan, coba hentikan penggunaan HP sejenak agar suhu menurun. 

Baca Juga :

Mengapa Kita Harus Berhenti Bawa HP ke Toilet?

Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Menggunakan HP Sebagai Alarm

7 Kesalahan Charge HP yang Harus Kamu Hentikan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,