Siapa yang suka #dirumahaja dan mengenakan pakaian rumah tanpa bra? Wah nampaknya hal ini memberikan kenyamanan tersendiri ya. Menggunakan pakaian pendek di rumah tanpa bra yang kadang berkawat. 

Walaupun memberikan kenyamanan sementara, namun sebenarnya ada efek jangka panjang yang terjadi saat Anda tidak menggunakan bra. Jadi sebenarnya seberapa penting mengenakan bra dan apa yang terjadi saat Anda tidak menggunakan bra dalam jangka waktu lama?

Penggunaan bra untuk payudara sebenarnya masih melalui proses penelitian yang cukup rumit, namun ingin menggunakan bra sepenuhnya atau tidak kembali lagi kepada Anda. Dengan mengetahui resiko dan konsekuensinya, diharapkan dapat menjadi pertimbangan khusus yang dapat membuat Anda bisa mengambil keputusan terbaik.

Pertimbangan Tentang Memakai atau Tidak Memakai Bra

Saat tidak mengenakan bra, maka payudara Anda beresiko melorot. Bra menjadi salah satu cara terbaik untuk menopang aset wanita sejak tahun 1889. “Tidak menggunakan bra dapat menyebabkan melorotnya payudara karena tidak ditopang”, ungkap Waqas Ahmad, MD, seorang dokter pengobatan keluarga dan kepala dewan penasehat medis di Insurecast

Di dalam jaringan payudara terdapat ligament cooper. Ligamen inilah yang membuat payudara rentan terhadap gerakan dan memantul. Payudara beresiko melorot dan kendur saat tidak menggunakan bra dalam jangka waktu yang lama.

Di sisi lain Dr. Ahmad juga melihat resiko dari penggunaan bra yang terlalu lama. “Menggunakan bra sepanjang hari juga kurang baik bagi payudara, karena tak baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan produksi keringat yang akan menyumbat pori. Hasilnya kulit di area payudara akan iritasi dan gatal-gatal”.

Bra Yang Dianggap dapat Membantu Membentuk Payudara, Ternyata Dapat Melemahkan Jaringan

Dilakukan penelitian selama 15 tahun yang disimpulkan pada tahun 2019 dan hasilnya, melepas payudara sebenarnya tidak membuat payudara mengendur  justru penyangga yang terdapat pada bra dapat melemahkan jaringan di sekitarnya.

“Saat Anda tidak menggunakan bra, maka secara visual payudara akan terlihat kendur karena payudara tidak disangga seperti saat menggunakan bra, namun sebenarnya Anda tak perlu khawatir karena ada dukungan dari jaringan lunak yang dapat membuat otot payudara kuat dan berkembang”, ungkap Lina Velikova, MD, PhD, penasihat medis di Supplements101. Untuk mempercepat ligamen dan mengembangkan otot lebih cepat, Anda bisa rutin melakukan latihan payudara. 

Keuntungan lain yang didapatkan saat seseorang tidak menggunakan bra adalah meningkatkan sirkulasi tubuh Anda. Penelitian yang dilakukan selama 15 tahun menyebutkan bahwa menggunakan bra untuk waktu yang lama dapat menyebabkan terpotongnya sirkulasi di area tengah tubuh hingga tulang rusuk.

Di sisi lain muncul pernyataan bahwa tidak menggunakan bra dapat membuat punggung tegang. Memang tidak menggunakan penyangga dapat membuat punggung tegang dan postur tubuh menjadi rusak. Jika Anda ingin berjalan jalan dan berolahraga, maka Anda bisa menggunakan bra.

Pilih bra yang menggunakan busa tanpa kawat atau Anda bisa beralih ke sport bra untuk pengalaman menggunakan bra yang yang lebih nyaman. Pilih bra dengan bahan senyaman mungkin agar tubuh juga disangga dengan baik. Menggunakan bra juga baik dilakukan asal tidak berlebihan.

Baca Juga :

Cara Memulai Bisnis Skincare Bagian 2 – Menjadi Mitra Bisnis Brand Skincare

Apakah Wanita Wajib Pakai Bra? Atau Justru Sebaliknya? Simak Penjelasan Ini

Jarang Diketahui, Ini 8 Trik Memakai Bra Agar Nyaman Sepanjang Hari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Seberapa Sering Bahan jeans Harus Dicuci? Ini Jawaban Para Ahli

Beberapa jenis pakaian mungkin harus dicuci sesegera mungkin