Keramas memang sangat menyenangkan dan menyegarkan. Apalagi setelah seharian pergi ke luar rumah, entah itu bekerja, berbelanja, dan lainnya. Rambut pasti kotor terkena polusi dan keringat. Belum lagi, rambut juga jadi kering karena terpapar sinar matahari.

Meskipun tergiur untuk mencuci rambut setiap hari, sebaiknya jangan dilakukan, ya. Sebab, jika kamu keramas setiap hari, rambut justru jadi tidak sehat.

Berikut daftar dampak buruk yang bisa terjadi jika kamu keramas setiap hari :

  1. Warna rambut cepat pudar

Bagi kamu yang hobi mewarnai rambut, keramas setiap hari adalah sebuah pantangan. Kamu tidak boleh mencuci rambut setiap hari karena dapat membuat warna rambutmu cepat pudar.  Hal ini terjadi karena bahan kimia dalam pewarna rambut sangat rentan terhadap air dan sampo. 

Jika perlu, kamu harus memilih sampo khusus untuk rambut yang diwarnai agar warna rambutmu tetap tahan lama. Jangan lupa, kurangi intensitas keramas untuk mempertahankan warna tetap optimal. 

  1. Rambut jadi lebih kering

Kamu mendapati rambut makin kering dari hari ke hari? Bisa jadi rambut kamu kering karena kamu terlalu sering keramas. Kebanyakan sampo mengandung bahan kimia yang disebut sulfat. Bahan ini yang menghilangkan minyak dan kotoran dari rambut kamu. Memang baik, karena rambut menjadi bersih. Tapi, jika terlalu sering, maka rambut bisa kering karena minyak alami rambut hilang. Selain kering, tekstur rambut juga menjadi lebih kasar. 

  1. Rambut jadi berketombe 

Kulit kepala yang berketombe akan membuat orang jadi frustrasi karena gatal. Biasanya, solusi untuk menghilangkan gatal adalah dengan keramas bersih setiap hari. Namun, perli diketahui bahwa keramas setiap hari bukan solusi terbaik. 

Ketika kamu terlalu sering keramas, sebum alami dari kulit kepala bisa hilang. Padahal, kulit kepala butuh sebum untuk menjaganya agar tetap sehat. Nah, saat sebum berkurang atau hilang, kulit kepalamu jadi lebih kering dan berisiko menghasilkan lebih banyak ketombe.

  1. Ujung rambut bercabang 

Tahukah kamu, rambut yang basah sangat rentan rusak, entah itu patah atau bercabang. Jadi, semakin sering keramas, kemungkinan rambut rusak jadi semakin besar. Apalagi jika kamu tidak memakai sisir yang tepat sesuai jenis rambut. Hal ini bisa memperparah kondisi rambut bercabang. Jika rambut sudah terlanjur bercabang, maka tidak ada cara lain selain memotongnya. 

  1. Rambut terlihat lebih kusam dan berminyak

Ketika kamu keramas setiap hari, kelenjar minyak mulai memproduksi lebih banyak minyak untuk mengatasi hilangnya minyak yang dihilangkan oleh sampo. Selain itu, bagi kamu yang memiliki jenis rambut berminyak, saat kamu keramas setiap hari, maka helai rambut kamu menjadi kering dan terlihat kusam. 

Kontrol frekuensi keramas kamu dan latihlah agar kelenjar minyak tidak memproduksi minyak secara berlebihan. Coba tentukan hari  yang tepat untuk keramas dan patuhi jadwal yang kamu buat itu. 

Nah, itulah dampak buruk yang bisa terjadi jika kamu keramas setiap hari. Ingat, menjaga kebersihan itu perlu, tetapi jangan dilakukan secara berlebihan, ya.

Baca Juga :

4 Alasan Tidak Boleh Mandi dan Keramas Sebelum Tidur

4 Alasan Tidak Boleh Mandi dan Keramas Sebelum Tidur

Lakukan 7 Hal Ini Untuk Menghindari Rambut Berminyak Tanpa Terlalu Sering Keramas

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cara Melakukan Patch Test Yang Benar Untuk Kulit Sensitif

Produk basic skincare seperti cleaner, toner, serum dan