Tahukah kamu? Kebiasaan yang kamu lakukan sebelum berolahraga dapat mempengaruhi hasil dari olahraga kamu. Bisa jadi, kebiasaan yang tidak kamu sadari justru bisa menggagalkan upaya kamu untuk diet dan membentuk otot. Nah, untuk menghindari hal itu, berikut adalah daftar kebiasaan salah yang kerap dilakukan orang-orang sebelum berolahraga, sebaiknya kamu hindari hal-hal berikut ini :

  1. Jangan berolahraga dengan perut kosong

Beberapa orang percaya bahwa olahraga dengan perut kosong akan membawa manfaat besar bagi tubuh. Hal ini disebut juga puasa kardio. Teorinya adalah bahwa tubuh kamu akan memakan lemak dan karbohidrat sebagai energi untuk berolahraga sehingga kamu dapat lebih banyak menurunkan berat badan.

Tetapi, jika kamu benar-benar berolahraga dengan perut kosong dan belum makan apa pun selama kurun waktu beberapa jam sebelum berolahraga, tubuh kamu mungkin akan menggunakan protein sebagai bahan bakar untuk olahraga. Ini berarti, protein dalam tubuh kamu menjadi lebih sedikit. Jika protein berkurang, maka pembangunan otot juga akan berkurang. Selain itu, jika kamu fokus untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi utama, bukan berarti tubuh kamu akan membakar lebih banyak kalori, loh. 

  1. Jangan minum terlalu banyak air sebelum berolahraga

Hidrasi tubuh memang sangat penting, apalagi sebelum kamu berolahraga. Tetapi, kamu harus hindari minum terlalu banyak air. Mengapa demikian? Karena jika kamu terlalu banyak minum air sebelum olahraga, darah kamu akan bekerja untuk menyeimbangkan kadar garam. Saat darah bekerja, sel kamu mungkin membengkak dan kamu bisa mengalami gejala seperti pusing, nyeri, bahkan mual dan muntah.

  1. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidak masalah jika kamu ingin tidur sebentar sebelum berolahraga, mungkin kamu bisa tidur sekitar 30 menit. Tidur singkat ini dianggap sebagai “power-nap” dan dapat meningkatkan fokus dan energi kamu. Namun, tidur siang yang lebih lama dari 30 menit bisa berdampak sebaliknya. Jika terlalu lama tidur siang, kamu justru akan menjadi lesu dan tak lagi bersemangat.

  1. Jangan gunakan pakaian yang berlebihan

Meskipun kamu berolahraga saat cuaca dingin, usahakan kamu tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal. Karena, kamu akan kepanasan dan mengeluarkan banyak keringat. Jika nanti ada angin menerpa kamu, maka keringat kamu akan menguap dan membuat kamu jadi kedinginan. 

Sebaliknya, saat kamu berolahraga di cuaca yang panas, kamu juga sebaiknya tidak menggunakan pakaian yang terlalu terbuka. Pilihlah pakaian yang nyaman dan sejuk, yang memungkinkan kamu untuk bergerak bebas. Selain itu, pilih celana dan baju berbahan katun karena katun adalah bahan terbaik dalam menyerap keringat.

  1. Jangan mulai berolahraga jika kamu belum istirahat

Istirahat sangat penting bagi tubuh, karena saat kita istirahat, tubuh akan   memperbaiki dan memulihkan diri. Istirahat adalah bagian penting dari rutinitas olahraga kamu.  Kamu harus menyisihkan waktu untuk istirahat. Membiarkan diri kamu beristirahat akan memberi otot kamu kesempatan untuk pulih dan tumbuh, dan istirahat juga akan mencegah kelelahan. 

  1. Jangan minum kopi

Kafein mungkin dapat membantu kamu dengan memberi energi tambahan agar kamu bisa lebih energik, lebih termotivasi dan lebih fokus olahraga. Tapi, efek kafein tidaklah lama. Selain itu, mencerna terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kontraksi pada bagian usus besar kamu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko buang air besar.

Tetapi risiko buang air besar sebenarnya hanya sebagian dari efek samping lain. Karena mungkin juga mengalami insomnia, detak jantung cepat atau tidak normal, mulas, dan peningkatan tekanan darah.

Baca Juga :

5 Olahraga Rumahan untuk Relaksasi Bahu dan Menghilangkan Stres

7 Olahraga yang Dapat Membakar Lebih Banyak Lemak Daripada Lari

6 Olahraga Efektif Untuk Menurunkan Lemak Perut, Hanya 10 Menit Saja Loh!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik