Tidur nyenyak menjadi salah satu kiat untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit kronis tertentu dan otak pun akan tetap sehat. Selain itu, kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Seseorang disarankan untuk tidur dalam waktu 7-9 jam setiap malamnya, walaupun banyak juga yang berusaha keras untuk mendapatkan jam tidur yang cukup ini. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kualitas tidur Anda, termasuk mengkonsumsi beberapa makanan tertentu, diantaranya :

1. Kacang Almond

Almond merupakan keluarga kacang-kacangan yang dipercaya memiliki manfaat baik untuk tubuh. Almond dikenal sebagai makanan yang kaya nutrisi karena 1 ons kacang almond ini dapat memberikan 25%  kebutuhan mangan harian untuk pria dan 31% kebutuhan mangan harian untuk wanita.

Konsumsi almond secara teratur dapat membantu menjaga tubuh dari resiko terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung. Selain itu, almond memiliki kandungan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari peradangan.

Almond ternyata juga memiliki manfaat baik yang membantu meningkatkan kualitas tidur, karena almond adalah makanan yang kaya akan sumber hormon melatonin yang merupakan pemberi sinyal tubuh untuk segera beristirahat.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap tikus dengan memberi ekstrak almond sebanyak 400 mg. Hasilnya, tikus yang diberi ekstrak almond dapat tidur lebih lama dibandingkan tikus yang tidak mengkonsumsi ekstrak almond.

2. Teh Chamomile

Kandungan flavonoid dalam Teh Chamomile dipercaya membantu mengurangi peradangan penyebab munculnya penyakit kronis seperti penyakit kanker dan jantung. Mengkonsumsi teh chamomile juga bagus untuk menjaga kekebalan tubuh.

Teh chamomile juga membantu meredakan depresi dan kecemasan serta membantu menjaga kesehatan kulit. Teh chamomile juga memiliki antioksidan yang dapat membantu mengikat reseptor pada otak untuk memberi perintah tidur.

Pada tahun 2011, dilakukan studi pada 34 orang dewasa dengan meminta Sebagian dari objek untuk mengkonsumsi teh chamomile selama 28 hari dan sebagiannya objek tidak mengkonsumsi teh chamomile. Hasilnya objek yang mengkonsumsi teh chamomile dapat tertidur 15 menit lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi teh chamomile ini.

Mereka yang minum teh chamomile cenderung lebih sedikit mengalami gejala depresi yang biasanya berkaitan dengan masalah tidur.

3. Buah Kiwi

Kiwi adalah buah dengan kalori rendah dan nutrisi yang banyak.  Di dalam satu buah hanya mengandung 42 kalori dan sejumlah besar nutrisi seperti folat, potassium, dan mineral. Mengkonsumsi kiwi juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda, mengurangi peradangan, dan menjaga kadar kolesterol. 

Kiwi bisa menjadi alternatif buah atau camilan malam hari sebelum tidur. Sebuah penelitian dilakukan terhadap 24 orang dewasa, dimana mereka diminta untuk mengkonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur. Hasilnya, peserta tertidur 42% lebih cepat dibandingkan peserta yang tidak mengkonsumsi apapun sebelum tidur. Selain itu, peserta dapat tidur sepanjang malam tanpa terbangun. Cobalah konsumsi buah kiwi setidaknya satu jam sebelum Anda berencana tidur.

Baca juga :

<strong>Makan Sebelum Tidur Justru Baik Untuk Diet, Ini 4 Faktanya</strong>

7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Perkembangan Anak&nbsp

Alasan Mengapa Wanita India Mengepang Rambut Sebelum Tidur

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cara Cepat Melunasi Hutang , 12 Tips Praktis Dari Ahli Keuangan – Bag 2

Tidak dipungkiri jika di era sekarang ini kebutuhan