Semua orang menyukai mani-pedi yang bagus. Tapi kuku Anda membutuhkan lebih banyak cinta dan perawatan untuk tetap sehat sepanjang tahun. Apakah Anda sering memanjakan diri dengan ekstensi kuku, bebas cat atau terus-menerus mencabuti kuku Anda, panduan perawatan kuku ini sangat cocok untuk Anda. Itu semua yang Anda butuhkan. Sebenarnya, kita semua mendambakan satu set kuku yang kuat dan sehat. Namun entah bagaimana, kita cenderung lupa bahwa kuku kita juga perlu dimanjakan (seperti halnya kulit dan rambut kita). 

Tidak peduli manikur mewah dan ekstensi kuku yang trendi, kebersihan kuku dan perawatan kutikula yang baik harus selalu menjadi yang teratas dalam daftar Anda! Perawatan kuku jauh lebih dari sekadar pemangkasan dan pengarsipan. Menambahkan beberapa langkah ekstra ke rutinitas perawatan diri Anda akan sangat membantu kuku Anda. Ini juga merupakan dorongan kepercayaan diri yang besar. Siapa yang tidak ingin memamerkan kuku yang kuat, kokoh, dan terawat?

Tanda Anda Memiliki Kuku Sehat

  • Dasar kuku berwarna merah muda
  • Permukaan halus dan rata
  • kutikula yang bertahan lama
  • Hanya tonjolan vertikal di pelat kuku

Tanda Kuku Anda Tidak Sehat

  • Kuku lemah dan rapuh
  • Bubungan dan lekukan horizontal pada pelat kuku
  • Bintik-bintik putih pada kuku
  • Perubahan warna: putih, kuning, hijau, coklat
  • Kulit bengkak di sekitar kuku

Kuku yang tidak sehat tidak selalu merupakan hasil dari janji temu manikur yang terlewat. Kuku Anda sebenarnya memberi tahu Anda lebih banyak tentang tubuh Anda daripada yang Anda sadari. Kuku tipis dan rapuh disebabkan oleh beberapa kekurangan nutrisi seperti rendahnya zat besi, protein dan kalsium. Anda mungkin memiliki kulit merah dan bengkak di sekitar kuku Anda jika Anda mengorek atau menggigit kutikula. Kuku yang terkelupas seringkali merupakan hasil dari penerapan ekstensi akrilik berulang kali. Meskipun daftar penyebabnya tidak ada habisnya, ada beberapa cara untuk mencegah kuku yang tidak sehat. Memperbaiki rutinitas perawatan kuku yang bergizi untuk diri sendiri, dan menerapkan pola makan yang lebih baik pasti akan mendorong pertumbuhan kuku yang lebih sehat!

Inilah semua yang dapat Anda tambahkan ke rutinitas perawatan kuku Anda untuk kuku tersehat yang pernah ada:

  1. Gunakan Minyak Kutikula yang Memperkaya

Ketika berbicara tentang kuku, hidrasi adalah segalanya. Menambahkan minyak kutikula yang baik ke rutinitas perawatan kuku Anda akan membantu menjaga kutikula dan alas kuku Anda terhidrasi setiap saat. Dikemas dengan sumber vitamin yang kaya, minyak jojoba untuk kutikula Anda akan memastikan kuku yang lebih kuat dan indah yang tumbuh lebih baik.

  1. Kikir Kuku Anda dengan Benar

Jika Anda adalah seseorang yang lebih menyukai manikur DIY di rumah, Anda harus tahu cara mengikir kuku dengan benar. Meskipun ini bukan tugas yang sulit, mengikir kuku Anda secara tidak benar dapat membuat Anda memiliki kuku yang lemah dan sangat bergerigi yang mungkin rentan terkelupas atau patah. Alih-alih menggerakkan kikir kuku bolak-balik melintasi kuku Anda, mulailah dari salah satu tepi luar dan kerjakan ke arah tengah kuku Anda. Mengkikir kuku Anda sesering mungkin selalu merupakan ide yang bagus, itu akan membantu menjaga panjang dan bentuk keinginan Anda setiap saat.

  1. Gunakan Alat Kuku yang Bagus

Baik itu kikir atau gunting kuku, berinvestasi dalam peralatan yang bagus adalah langkah pertama untuk menjaga kuku Anda tetap sehat. Misalnya, menggunakan kikir kuku yang lembut akan memberi Anda hasil akhir yang bagus dan akan membantu mencegah kuku Anda pecah atau patah. Tidak seperti kikir kuku tradisional, kikir kaca bersifat lembut dan menyebabkan kerusakan yang lebih kecil meskipun tidak digunakan dengan benar.

  1. Gunakan Alat Kuku yang Bagus Untuk Kuku yang Lebih Sehat

Ya, melembabkan ujung jari Anda juga penting! Sama seperti kulit Anda, kuku membutuhkan hidrasi setiap hari agar tetap sehat. Memijat kuku Anda dengan petroleum jelly, vitamin E, atau produk yang memiliki sumber asam laktat yang baik (termasuk asam alfa hidroksi lainnya) dapat membuat banyak perbedaan pada kuku Anda. Menggunakan pelembab akan mengurangi retakan, kerapuhan dan kekeringan.

  1. Cat Kuku Alami

Tahun ini adalah tentang beralih ke produk kecantikan yang bersih dan alami. Cat kuku tidak beracun memiliki lebih sedikit bahan kimia berbahaya daripada cat kuku tradisional Anda. Meskipun tidak mungkin untuk menghindari bahan kimia sama sekali, cat kuku alami menghilangkan penggunaan bahan-bahan keras yang merusak lempeng kuku dan alas kuku. Menggunakan cat kuku “bersih” akan memberi Anda tampilan cerah yang tahan lama, sekaligus menjaga kuku Anda tetap kuat, sehat, dan indah.

  1. Investasikan dalam Penghapus Cat Kuku yang Baik

Sudah saatnya Anda membuang aseton. Sementara penghapus cat kuku berbasis aseton bekerja sangat baik, mereka cenderung mengurangi kadar air kuku Anda dengan mengeringkannya. Sebagian besar penghilang bebas aseton terbuat dari bahan-bahan seperti minyak argan, vitamin E, minyak pohon teh, dan minyak esensial pengayaan lainnya. Beralih ke penghapus berbasis non-aseton yang lebih lembut dapat membantu menyembuhkan kuku Anda jika Anda sudah berjuang dengan kerapuhan dan pengelupasan.

  1. Jangan Lupa Tambahkan Base Coat

Menambahkan lapisan dasar adalah langkah terpenting dari manikur Anda. Sebelum menyiram kuku Anda diwarna, kenakan lapisan cat kuku bening untuk menghindari kerusakan. Tidak hanya akan melindungi kuku Anda, tetapi juga akan membantu mencapai tampilan yang lebih tebal dan mengkilap yang bertahan lama.

  1. Biarkan Kuku Anda Memperbaiki

Kita semua menyukai manikur yang rumit dan warna-warna berani yang menonjol. Namun, penting untuk membiarkan kuku Anda telanjang, dan tetap bebas pigmen selama beberapa minggu sebelum Anda memakai lapisan cat kuku baru. Tidak mengistirahatkan kuku Anda dapat membuatnya mengering, menguning, melemah, dan menyebabkan granulasi keratin.

  1. Beristirahatlah Dari Ekstensi Kuku

Manikur kuku akrilik dan gel sangat menarik, nyaman, dan tahan lama. Namun, mereka juga merusak jika digunakan secara teratur tanpa istirahat. Jika ekstensi Anda digunakan, dipelihara, dan dihapus dengan cara yang benar, ekstensi tersebut tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang. Namun, berulang kali memakai ekstensi akrilik atau gel dapat membuat kuku Anda sangat lemah dan rapuh. Memberi waktu pada kuku Anda untuk memperbaiki, meremajakan, dan memperkuat adalah inti dari perawatan kuku.

  1. Coba suplemen biotin

Banyak penelitian membuktikan bahwa suplemen biotin (vitamin B kompleks) dapat membantu memulihkan kuku yang rapuh. Dengan meningkatkan metabolisme asam amino esensial, ini mendorong pertumbuhan kuku yang lebih tebal, lebih kuat dan lebih sehat. Biotin juga ditemukan dalam daging organ, kuning telur, produk susu, biji-bijian dan ubi jalar.

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Kuku yang Rusak Menurut Para Ahli

3 Masalah Kuku yang Mengganggu dan Cara Memperbaikinya

Tips Hidup Sehat Untuk Memperbaiki Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Manfaat dan Pentingnya Rutinitas CTM

Rutinitas CTM mengacu pada proses pembersihan, pengencangan dan