Lemari es sebagai tempat menyimpan makanan, sebenarnya memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan. Salah menyimpan makanan, selain membuatnya kehilangan kandungan gizi penting juga bisa membuat makanan cepat rusak hingga akhirnya terbuang sia-sia. Kebersihan kulkas juga penting dijaga dengan baik, karena terkadang bakteri dan jamur juga bisa hidup di dalamnya. Terlebih lagi jika kamu sering menyimpan makanan dalam kondisi terbuka walau hanya beberapa jam saja. Tips-tips di bawah ini bisa membantumu merawat kulkasmu dengan baik, sekaligus menaga makanan tetap sehat dan bergizi.

Membersihkan dengan tuntas dan teratur

Sekurang-kurangnya bersihkan lemari es dengan tuntas sekali sebulan. Ceceran makanan yang mungkin terlewatkan, sisa-sisa sayur yang mengering, dan cairan dari bahan-bahan mentah yang dibiarkan bisa mengundang jamur dan bakteri. Tentunya kamu tidak ingin makananmu tinggal berdampingan dengan mereka bukan? Berikut langkah-langkah yang benar saat membersihkan kulkas:

  1. Kosongkan kulkas, keluarkan semua barang-barang yang ada di dalam. Mungkin kamu perlu mematikan kulkas untuk sementara agar proses pembersihan berjalan dengan baik.
  2. Keluarkan semua rak dan laci dan bersihkan celah-celah tumpuan laci dan setiap sudut. Gunakan lap basah dan bersih untuk membersihkan sisa makanan yang menempel. Gosok dengan baking soda yang dicampur dengan sedikit air hingga menggumpal untuk pembersihan total
  3. Rendam rak dan laci dalam air hangat yang sudah diberi sabun pencuci piring. Cuci menggunaan spon lembut lalu bilas sampai bersih dan segera keringkan dengan lap bersih agar tidak menyisa bekas air.
  4. Periksa baik-baik semua simpananmu, buang makanan yang sudah kadarluarsa. Pindahkan ke wadah tertutup untuk makanan yang sudah dibuka, dan jangan lupa lap botol-botol saus dan minuman dari sisa yang menempel
  5. Untuk menghilangkan bau, bisa menggunakan deodorizer khusus lemari es. Bisa juga menggunakan bahan alami seperti sepiring baking soda kering atau bubuk kopi.
  6. Lap bagian depan sampai bersih dan masukkan kembali seperti semula

Menyimpan makanan di lemari es

Saat menyimpan makanan, perlu perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Simpan telur di rak khusus telur.
  • Susu, keju, mentega dan produk olahan susu lainnya harus selalu disimpan di dalam wadah tertutup agar tidak berjamur. Jangan pernah menyentuh langsung dengan tangan produk susu yang sudah digunakan karena bisa membuatnya rusak.
  • Gunakan plastik Ziplock untuk menyimpan daging mentah. Jika hendak menyimpan dalam jumlah banyak, bagi menjadi porsi-porsi kecil agar tidak perlu mencairkan seluruh bagian. Daging yang sudah dicairkan tidak baik untuk dibekukan kembali dalam freezer.
  • Simpan sayur dan buah dalam laci khusus yang disediakan agar kelembapannya tetap terjaga. Bungkus dalam plastik bersih dan beri sedikit lubang udara.
  • Pastikan minuman dan saus yang disimpan selalu dalam keadaan tertutup agar tahan lama.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Uji Trik Penurunan Berat Badan

Jika kamu mencari tips dan trik untuk diet,