Tahukah kamu, ada hormon-hormon tertentu dalam tubuh kita yang, sebagaimana dibuktikan oleh para ilmuwan, bertanggung jawab atas “kecanduan”. Makan berlebihan juga merupakan kecanduan, karena beberapa orang dapat memiliki sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki kendali atas apa dan berapa banyak makanan yang mereka makan.

Nah, berikut adalah saran hebat dari ahli gizi dan spesialis makanan untuk membantu kamu melawan kecanduan makanan saat berdiet :

  • Ganti makanan olahan dan pemanis dengan makanan bergizi

Banyak peneliti mengatakan bahwa produk yang mengandung kadar gula tinggi, pemanis buatan dan lemak menyebabkan kecanduan, dengan memicu reaksi kimia dalam tubuh. Makanan olahan sebagian besar mengandung hampir semua bahan tersebut, oleh karena itu penting untuk berbelanja produk yang lebih sehat.

  • Kontrol porsi kamu

Ahli gizi mengatakan bahwa kamu dapat mengurangi kecanduan makanan dengan hanya makan dalam jumlah tertentu (mengontrol porsi makananmu). Misalnya, jika kamu ingin makan keripik, beli paket terkecil, dan makanlah seminggu sekali. Selain itu, pelajari bagian mana dari produk tertentu yang aman dikonsumsi dan hanya makan satu porsi. Jika kamu masih lapar setelah satu porsi, tunggu sekitar 30 menit sebelum makan makanan lain. Selama waktu ini, keinginan kamu untuk makan mungkin akan berlalu.

  • Makan secara teratur

Kamu dapat mengurangi keinginan untuk makan produk tertentu (makanan tak sehat) jika kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kamu melalui makanan seimbang. Kita semua telah mendengar bahwa sarapan adalah makanan terpenting, selain itu, beberapa profesional kesehatan mental mengatakan bahwa jika kamu memilih makanan sehat saat mengawali hari, biasanya itu akan berkontribusi untuk memasukkan strategi sehat ke dalam rutinitas kamu sepanjang hari.

  • Ubah kebiasaan sosial kamu

Mengubah rutinitas harian kamu bisa sangat membantu dalam menyingkirkan kebiasaan makanan yang tidak sehat. Coba luangkan lebih banyak waktu untuk terlibat dalam kegiatan yang tidak memasukkan makanan di dalamnya. Misalnya, alih-alih pergi keluar dengan teman untuk makan malam, kamu bisa pergi ke bioskop.

  • Duduk di meja sambil makan, fokus pada makanan, dan kunyah perlahan

Hormon-hormon kita bertanggung jawab atas nafsu makan dan kontrol asupan kalori kita. Dibutuhkan sekitar 20 menit bagi mereka untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu telah makan dan bahwa kamu sudah kenyang. Jadi memperlambat mengunyah makanan akan sangat mengurangi kemungkinan kamu makan berlebihan yang berujung pada menambah berat badan.

  • Perhatikan makan emosional

Banyak orang berpikir bahwa makan banyak saat mereka kesal atau stres dapat membantu. Tapi itu hanya meningkatkan hasrat makan kamu, dan tidak ada hubungannya dengan pemecahan masalah. Meditasi, yoga, olahraga, berbicara dengan teman, dan bahkan membaca dan menonton serial TV, jika dilakukan secara teratur, dapat sangat membantu mengurangi stres kamu, serta membantu kamu menurunkan berat badan.

  • Perhatikan kemajuan yang kamu buat dan berikan imbalan untuk dirimu sendiri

Misalnya, kamu dapat menghargai diri sendiri dengan spa atau apa pun yang benar-benar kamu nikmati, setelah seminggu berolahraga secara teratur. Atau, tetapkan tujuan makan sehat selama sebulan, lalu rayakan dengan perjalanan akhir pekan bersama teman atau pasangan tercinta. Para ahli percaya bahwa sistem penghargaan semacam ini sangat membantu mengatasi kecanduan makanan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/6-perbandingan-makanan-untuk-meningkatkan-pola-makan-saat-diet/

http://www.tampilcantik.com/snake-diet-rencana-puasa-ekstrem-untuk-menurunkan-berat-badan/

http://www.tampilcantik.com/ingin-berhasil-diet-lakukan-5-kebiasaan-sederhana-ini-sekarang-juga/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Kebiasaan yang Wanita yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Sejak kecil, kita diajarkan bahwa minum alkohol dan