Manfaat tidur siang ternyata dapat menyembuhkan dan menghindari berbagai penyakit berbahaya, tidur siang tidak selamanya berbahaya bagi manusia. Kebanyakan orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekedar 1 jam saja. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang di jalani.

Sebagian besar orang memang cenderung selalu berfikir untuk menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin, namun tahukan kamu jika tidur siang pun baik untuk kesehatan.

nap2-jpg

1. Meningkatkan daya ingat otak

Manfaat tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat pada otak, sangat baik khususnya bagi orang tua (lansia). Karena semakin meningkatnya umur, mereka cenderung melupakkan memori di masa lampau dan menurunnya daya ingat.

Bagi anak-anak, dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu. Anak-anak pun sama pentingnya karena mereka belajar dan mungkin mengkhafal setiap pelajaran yang mereka dapatkan disekolah. Konon katanya manfaat tidur adalah duplikasi dari manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita, “melancarkan segalanya”.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

3. Meningkatkan Mood

4. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

5. Mengatasi Insomnia

6. Mengurangi Stress

7. Mencegah penyakit jantung & stroke

8. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Jika ditanya apa manfaat tidur siang yang paling ampuh untuk kita ? jawabannya adalah meningkatkan kewaspadaan. Pekerjaan yang mewajibkan kewaspadaan seperti sopir, pilot, pekerja lapangan, bahkan ahli komputer dan programmer penting untuk tidur siang jika memang sudah tidak tertahan. Jangan sepelekan tidur siang yang singkat ini, namun tentu tidur siang harus dilakukan sewajarnya

 

Tipe Tidur Siang

Untuk mendapatkan manfaat besar dari tidur siang, sebaiknya kita mengenal 3 tipe tidur siang :

  • Tidur siang yang direncanakan. Terjadi ketika kamu tidur siang sebelum benar-benar mengantuk. Kamu dapat menggunakan teknik ini ketika tahu bahwa kamu membutuhkan istirahat sebelum terjadi kelelahan dan pusing.
  • Tidur siang darurat. Terjadi ketika secara tiba-tiba kamu sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas rutin. Jenis tidur siang ini dapat digunakan untuk memerangi kantuk saat mengemudi atau kelelahan saat menggunakan mesin berat dan ini wajib dilakukan karena akan berbahaya.
  • Tidur siang rutin. Dilakukan ketika seseorang mengambil tidur siang pada waktu yang sama setiap hari. Anak-anak kecil mungkin tertidur pada waktu yang sama setiap sore atau orang dewasa mungkin mengambil tidur siang singkat setelah makan siang setiap hari.

 

Tips Tidur Siang Yang Baik

Tidur siang harus dilakukan secara bijak, karena jika tidak maka bukannya manfaat yang diperoleh melainkan penyakit yang semakin menumpuk. Berikut adalah beberapa tips jika kamu ingin tidur siang dan mendapatkan manfaat optimal dari proses tersebut.

  • Tidur siang singkat biasanya disarankan selama 20-30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek. Jenis tidur siang ini akan memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tanpa mengganggu jam tidur di malam hari.
  • Usahakan jangan melakukan tidur siang sebelum jam 12 siang
  • Pastikan tempat tidur kamu nyaman
  • Pastikan suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan kamu
  • Jangan mengambil tidur siang terlambat (biasanya sudah sore) karena akan mengganggu pola tidur di malam hari. Karena kualitas dan manfaat tidur di malam hari juga jauh lebih baik.

Baca juga Inilah Cara Paling Mujarab Untuk Memiliki Umur Panjang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Memiliki Otot Perut Kencang dan Kuat? Inilah Olahraga Sebelum Tidur yang Bisa Kamu Lakukan

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting demi menunjang