bad-breath

Bernafas bau memang menempatkan kita di situasi yang tidak mengenakkan dan memalukan. Tetapi sebenarnya apa yang menyebabkannya?

Kebanyakan dari kita mungkin mengatakan bahwa itu akibat dari makanan yang kita konsumsi, tetapi sebenarnya ada banyak factor yang menyebabkan nafas bau.

Makanan yang menyebabkan mulut kita bau

“Makanan yang bau, seperti bawang dan bawang putih, dan minuman seperti kopi, memiliki bau yang sangat tajam,” kata Karen Coates, penasihat mulut di Oral Health Foundation. “Dan, tentunya, merokok menyebabkan nafas bau.”

Kesehatan mulut yang buruk

Tetapi penyebab bau mulut yang paling besar adalah bakteri di mulut kamu, dikarenakan ketidaktelitian kita ketika menggosok gigi.

“Makanan, serpihan dan plak dapat terjebak di sekitar gigi dan akhirnya menyebabkan nafas bau,” tutur Coates.

“gas diproduksi oleh bakteria di mulut kita yang menjijikkan dan sisa makanan yang menyebabkannya,” tambah Dr. Miguel Stanley. “Itulah kenapa flossing sangatlah penting.”

Dehidrasi

Seringkali diremehkan, dehidrasi menyebabkan nafas bau.

“Karena dehidrasi berarti kamu tidak memproduksi saliva yang cukup,” kata Coates. “Saliva adalah cara mulut kita untuk melawan bakteri karena ia memiliki anti bakteri yang alami. Tanpanya, dapat menyebabkan nafas yang bau.”

Apa penyakit yang biasa diasosiasikan dengan nafas bau?

Dr. Stanley mengatakan tidak semua indicator penyakit adalah nafas yang bau.

“jika mulut kamu berbau wangi, seperti buah – buahan, contohnya, itu berarti kamu mengidap diabetes, sedangkan jika asam bearti ada masalah dengan ginjal kamu,” katanya.

Sangat penting untuk mengecek kesehatan kamu ketika mulut kamu sudah terasa atau berbau lain. Jika masalah bau terus ada padahal kamu sudah mengunjungi dokter maka sebaiknya kamu temui dokter telinga hidung, tenggorokan karena ditakutkan ada masalah dengan sinus atau pencernaan kamu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Tubuh Langsing Seperti Gisella Anastasia? Ternyata Ini Tips Dietnya

Tubuh yang langsing dan proporsional pastilah menjadi impian