Setelah menjalani hari yang melelahkan di kantor atau kampus, kamu mungkin tergoda untuk langsung naik ke ranjang tanpa ganti baju begitu saja. Well, bisa dimengerti sih. Akan tetapi, kamu juga harus tahu bahwa tidur dengan memakai bra justru mengundang masalah. Inilah 5 alasan kenapa sebaiknya kamu tidur tanpa bra!

Melancarkan Sirkulasi

Ini adalah manfaat yang paling penting dari tidur tanpa bra. Bra yang ketat, terutama yang berkawat, bisa menghalangi sirkulasi ke dada dan lenganmu serta membuat buah dadamu kesulitan bernapas. Akibatnya, buah dadamu bentuknya bisa menjadi aneh dan kendor. Ini karena waktu tidur, bramu menghalangi aliran alamiah. Selain itu, bra juga menekan putingmu, yang sangat berbahaya. Memakai bra waktu tidur tidak malah menjaga bentuk buah dadamu. Malah sebaliknya, ini merusak kontur alamiah dari buah dadamu. Dalam jangka panjangnya, ini juga bisa-bisa menyebabkan kanker payudara.

Menghindari Iritasi

Bahkan bra yang sangat pas bisa mengiritasi kulit sensitif di sekitar dadamu. Apalagi jika bramu memiliki kait di bagian belakangnya. Ini bisa masuk ke kulitmu dan bahkan bisa membuatmu berdarah. Sedangkan tali yang ketat dan kawat penyangga juga bisa membuat kulitmu lecet atau merah-merah dan membekas. Walaupun sepanjang malam kamu tidak merasakan rasa sakitnya, masalahnya bisa terlihat ketika kamu bercermin.

Menjauhi Hiperpigmentasi

Salah satu resiko tidur dengan bra yang dihadapi wanita adalah bahwa bra bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah area-area kulit yang memiliki warna lebih gelap dan tidak merata. Ini adalah pertahanan tubuh di kulit yang terus-menerus teriritasi atau digaruk. Hiperpigmentasi disebabkan oleh melanin, sebuah pigmen kulit yang juga ditemukan di aerola. Level melanin yang meningkat di area yang tidak kamu inginkan bisa menyebabkan bercak-bercak warna hitam atau biru yang pastinya buruk rupa di area-area seperti bawah buah dada dan bahu. Karena itu, kamu harus tidur tanpa bra jika ingin menghindari ini.

Menghalangi Akumulasi Cairan

Salah satu manfaat tidur tanpa bra adalah kamu jadi bisa menghindari akumulasi cairan yang berbahaya di dadamu. Mengenakan bra yang ketat bisa menyebabkan retensi cairan di buah dada karena rusaknya sirkulasi pada organ-organ limfatik. Kelenjar limfa sifatnya sangat penting untuk menghilangkan racun dari seluruh bagian tubuh. Sirkulasi tubuh yang buruk bisa memiliki efek yang berbahaya pada seluruh organ tubuh, termasuk ginjal, hati, dan lambung. Karena itu, salah satu manfaat yang bisa kamu dapat dari tidur tanpa bra adalah akumulasi cairan yang terjaga.

Menjauhi Bakteri dan Jamur

Salah satu konsekuensi menakutkan dari mengenakan bra waktu tidur adalah menumpuknya jamur. Kamur hidup pada tempat-tempat gelap, lembab dan hangat. Jika kamu memakai bra terus seharian dan berkeringat, maka jamur akan bisa tumbuh subur. Karena itu, jika ingin area kulit dan bramu sehat, sebaiknya kamu tidur tanpa bra.

Baca juga Saatnya Mengganti Ganti Bra Kamu Jika Sudah Muncul Tanda Seperti Ini. Yuk Lindungi “Aset” Berhargamu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pil KB

Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang