Menghadapi cuaca yang berubah-ubah dan pergantian musim, mebuat daya tahan tubuh rendah. Kamu jadi mudah tiba-tiba terserang penyakit, seperti flu dan diare. Kondisi lingkungan sekitar juga tidak banyak membantu, tertama bagi kamu yang punya aktifitas padat. Namun, kamu bisa mensiasatinya dengan memperbaiki pola makan serta menu makanan dengan lebih sehat. Ahli-ahli Kesehatan di bawah ini bersedia membagi rahasia mereka dalam menjaga daya tahan tubuh.

Bawang Putih, Rempah-rempah, dan Minyak Kelapa

Daya tahan tubuh adalah faktor yang penting dalam meningkatkan kemampuan adaptasi terhadap lingkungan. Hal inilah yang membuat tubuh lebih tahan terhadap penularan virus dan infeksi bakteri. Frank Lipman M.D, penulis dari “The New Health Rules” menyarankan banyak mengkonsumsi bawang putih dan jamur dalam menu. Makanan tersebut kaya akan zat aktif anti virus, bakteri dan jamur. Begitu juga rempah-remah seperti kunyit dan jahe yang merupakan pereda radang dan meningkatkan sistem imun tubuh. Minyak Kelapa mengandung lauric acid yang baik untuk kesehatan jantung dan kelenjar tiroid serta anti jamur.

Daging Lulur, Kacang Chickpea dan Makanan terfermentasi

Zinc adalah zat yang penting dalam pembentukan zat besi dan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Daging tanpa lemak atau lulur dalam, tiram, kepiting dan kacang chickpea banyak mengandung zinc. Usahakan untuk mengkonsumsi salah satunya setiap hari. Robert Berzin, pendiri dari “Parsley Health” berkata bahwa sebenarnya perut yang sehat mempengaruhi kuatnya daya tahan tubuh. Bakteria baik dalam perut bekerja melawan patogen dan racun yang terbawa oleh makanan. Oleh karena itu, makan-makanan terfermentasi seperti Kimchi dan yogurt baik untuk memelihara kesehatan bakteri baik dalam perut.

Sayuran Cruciferous, Biji Chia dan Biji Flax

Biji bunga flax dan biji chia merupakan serat yang mudah larut dalam air dan manjur untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sara Gottfried M.D, penulis ” Younger” selalu berusaha mengkonsumsi serat-serat tersebut untuk mencegah radang lambung dan terluka. Lambung yang terluka akan menyerap energi tubuh yang seharusnya digunakan untuk menangkal radika bebas dan penyakit. Selain itu, Gotfried juga berusaha mengkonsumsi 50o gram sayuran cruciferous seperti brokoli, bunga kol, sawi daging dan kubis. Selain baik untuk daya tahan tubuh, sayuran tersebut juga berkhasiat untuk mengurangi resiko kangker payudara.

Elderberry, Cod Liver Oil dan Cuka Apel

Ellen Vora M.D, instruktor dari “How to Control Anxiety” membagikan kiatnya menghadapi perubahan cuaca yang bisa membuat tubuh menjadi lelah, lesu dan tak bersemangat. Mengkonsumsi Sirup dari Elderberry dan juga minyak hati ikan cod setiap hari memperkuat daya tahan tubuh dan kaya akan vitamin A. Selain itu, berkumur air garam setelah beraktivitas di luar dan meminum cuka apel juga dilakukannya untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup dan menyempatkan tubuh terpapar udara segar dan sinar matahari.

Baca juga Didiagnosa Prediabetes? Ubah Kebiasaan Hidup Dengan Enam Hal Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rasa Logam di Lidah? Ini Kemungkinan-Kemungkinan Alasannya Kamu Alami Dysgeusia

Apakah mulutmu merasakan seolah-olah kamu selama ini nyemil