Kali ini saya mau mereview sebuah foundie dari salah satu brand kosmetik drugstore yang saya suka. Sebenernya saya lebih memilih foundie dengan coverage yang light atau paling mentok medium, karena saya lebih suka tampilan natural. Kurang suka rasanya sama foundie yang full coverage, karena sangat menutup pori-pori dan kalau bersihinnya kurang bersih, malah jadi resep sukses buat jerawatan. Lagipula menurut saya foundie dengan light coverage lebih cocok untuk daily makeup, karena terlihat lebih ringan dan jauh dari kata dempul. But again, sesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing, ya ^^

Catrice adalah satu brand yang menurut punya foundie ringan tapi coverage-nya bagus, serta nggak kelihatan dempul jadi oke buat dipakai harian. Saya sudah pernah mencoba banyak varian foundie dari brand ini dan bagi saya semuanya bagus. Yang kali ini mau saya review adalah Catrice 12h Matt Mousse Makeup.

Sesuai namanya, produk ini punya tekstur mousse. Dikemas dalam bentuk jar dengan tutup ulir, produk ini ukurannya cukup kecil. Bahan jar-nya terbuat dari kaca kokoh. Kalau sampai jatuh mungkin bakalan pecah, saya kurang tau soal ini karena nggak pernah menjatuhkannya dari meja rias. Tapi kalo nggak jatuh pasti aman kok. Soalnya kacanya tebal. Kelemahan dari kemasan seperti, menurut saya, adalah kemasannya tuh cukup berat. Jadi kalau dibawa-bawa ya lumayan menambah bobot makeup pouch deh.

Kemasannya punya detail warna beige dengan tulisan hitam. Saya suka pemilihan warnanya, karena terlihat classy dan keren. Sama sekali nggak terkesan murahan, padahal harganya cukup terjangkau, lho! Selain produk ini harganya nggak sampai Rp 100 ribu, Catrice cukup royal dalam memberikan diskon pada produk-produknya, baik untuk penjualan online maupun offline.

Pas tutup kemasannya dibuka, tampaklah isi produk yang cukup kental. Karena namanya mousse, saya kira tuh bakalan light dan airy banget tekstur produknya. Ternyata tekstur produknya kental dan punya coverage lumayan bagus. Medium coverage dan masih bisa di-built lagi coverage-nya. Tapi saya biasanya cuma memakai 1 layer aja, karena kalau ditumpuk bakalan terasa berat di wajah. Tapi nggak cakey kok. Ini lumayan bikin saya surprise, soalnya biasanya produk dengan tekstur kental bakalan cakey kalo dipakai berlayer-layer.

Bisa dilihat ya cuma dengan satu layer aja foundie ini udah bisa menutup kemerahan di wajah. Buat bekas jerawat dan dark circle memang masih sedikit mengintip dari balik foundie. Tapi buat saya sih coverage segini udah oke banget buat daily makeup. Dipakai seharian juga coverage-nya nggak memudar lho. Awet banget di kulit saya yang kombinasi ini. Meskipun judulnya produk ini adalah matte foundation, tapi bagi saya nggak se-matte itu juga. Hasil akhirnya nggak dead matte yang sampai bikin kulit terasa ketarik dan nggak nyaman kok.

Tanpa foundie
Dengan foundie
Sisi kiri dengan foundie, sisi kanan tanpa foundie
Dengan foundie

Malah bagi saya foundie ini punya satin finish, karena kulit masih sedikit kelihatan glowy natural dan nyaman banget dipakenya. Terus dia hasil berkesan powdery meskipun nggak pake bedak. Tapi kalo saya sih di-set pake bedak lagi supaya awet. Dengan begitu saya bisa memakainya dari pagi sampai malam tanpa cakey sama sekali. Foundie ini juga ada aromanya yaitu aroma floral yang lembut. Sama sekali nggak terasa mengganggu, karena aromanya hilang sesaat setelah produk diaplikasikan.

Yang saya punya ini varian warna 01 Soft Ivory. Saya pilih warna ini karena dulu pernah memakai foundie Catrice lain dengan warna 01 Soft Ivory ini. Seingat saya dulu saya sangat cocok dengan warna ini, tapi ternyata untuk Catrice 12h Matte Mousse ini warnanya terlalu pink buat saya. Jadi meskipun varian warnanya sama, tapi beda jenis foundation itu warnanya sedikit berbeda.  Bagi saya sih nggak masalah, karena masih bisa diakali dengan ditumpuk bedak yang punya tone warna lebih kuning.

Meskipun ukuran kemasannya kecil, lebih kecil dari ukuran telapak tangan saya, tapi produk ini punya berat bersih 16g lho. Jadi bakalan bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjaaang dan lamaaa. So, saya merasa nggak perlu punya foundie lain untuk sementara waktu, soalnya sayang kalau sampai produk ini nggak habis.

Overall, saya suka banget sama foundie ini. Saya emang cocok sama foundie buatan Catrice sih, dan sudah memakai foundie dari brand ini selama kira-kira 3 tahun dan sampai saat ini belum melirik foundie dari brand lain. Harga terjangkau dan kualitas bagus jadi pertimbangan utama saya. Selain itu saya juga gampang jerawatan karena pori-pori tersumbat saat memakai foundie, tapi saya nggak mengalami masalah ini saat menggunakan produk dari Catrice.

Kelemahan fatal dari produk base makeup Catrice adalah pilihan warnanya sangat terbatas. Buat Catrice 12h Matt Mousse Makeup ini cuma tersedia empat pilihan warna foundie. Itupun menurut saya satu sama lain cuma beda tipis warnanya. Jadi cuma bisa dipakai oleh orang yang kulitnya fair hingga medium. Sedangkan untuk orang dengan warna kulit sangat pucat atau sangat gelap, tentu aja nggak bisa menemukan warna yang sesuai untuk warna kulit mereka.

Product Price: IDR 95.000

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Tampil Cantik
Average rating:  
 0 reviews
Packaging Rating
Product Rating
Price Rating
Summary
Repurchase? Yes

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

REVIEW: Garnier Sakura White Essence Lotion

Halooo ­čÖé Seperti yang sudah aku singgung di