Makan sayuran sangat penting untuk menjaga kesehatan dan juga membantumu menjalani diet yang seimbang. Terlebih sayur-sayuran segar dan yang tidak dimasak dengan proses berlebihan sehingga tidak kehilangan nutrisinya. Untuk sayuran yang dimasak, paling baik adalah langsung memakannya sampai habis agar kita bisa mendapatkab semua khasiat baik. Bukannya memakan porsi berlebih dari waktu makan sebelumnya. Namun terkadang, aktivitas sehari-hari membuat kita tidak sempat memasak sayur tepat sebelum kita makan.

Dalam kondisi demikian, kamu bisa mencoba menumis sayuranmu. Menumis sayuran tidak memerlukan waktu yang lama, malah dianjurkan memasaknya selama 5-10 menit saja. Mungkin kalau tiap hari harus menumis sawi-sawian dan kangkung tentu lama-lama akan bosan. Berikut beberapa sayur yang enak di tumis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk matang, beserta khasiatnya.

Asparagus yang kaya serat

Asparagus kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan juga membantu mencegah kangker usus. Mengkonsusinya secara teratur juga bagus untuk menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. Jangan lupa untuk mengupas kulit luar asparagus sebelumnya lalu potong-potong asparagus menjadi ukuran siap makan. Kamu bisa tambahkan dada ayam atau telur sebagai asupan protein dalam sayurmu.

Paprika untuk kulit sehat

Paprika merah dan kuning merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. 100 gr paprika warna merah mengandung 212% vitamin C dari kalori yang dihasilkan, sedang 100gr paprika kuning mengandung 305% vitamin C. Vitamin C sangat diperlukan kulit untuk pembetukan kolagen dan juga mencerahkan pigmen warna. Jika kamu merasa rasa paprika agak pedas, tersedia paprika manis warna merah dan kuning juga loh. Memasak paprika sangat praktis dan cepat karena jika dimasak terlalu lama akan menjadi lembek dan kurang enak. Tumis paprika dengan daging sapi, atau seledri besar dan bawang bombai untuk paduan terbaik.

Jamur yang lezat dan beragam

Jika kamu ingin menyantap sayuran yang lezat dan kaya rasa, tambahkan irisan jamur ke dalam tumisan sayurmu. Rasa dan aroma jamur yang matang tidak kalah sedap dengan daging-dagingan, bahkan biasanya jamur dianggap sebagai pengganti daging pada makanan vegetarian. Selain itu jamur juga kaya akan mineral penting untuk tubuh, juga mengandung vitamin D yang baik untuk mencegah osteoporosis. Tambahkan irisan jamur ketika masakanmu hampir matang, karena jamur biasanya lebih cepat matang dibanding sayur yang lain.

Kubis untuk menurunkan berat badan

Kubis mengandung vitamin A,B, serta klorovit (zat anti kangker). Sayuran ini juga  rendah kalori sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang berdiet. Memakan kubis bisa memberi efek mengenyangkan sehingga membantu menurunkan berat badan secara alami. Namun untuk kamu yang memiliki maag, sebaiknya menghindari makan kubis terlalu banyak karena bisa memicu asam lambung. Selain kubis putih, kubis ungu juga bisa dijadikan variasi untuk ditumis. Selain warnanya cantik, rasanya pun lebih renyah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan