Sebagian besar dari kita tahu cara merawat rambut keriting dan menjaga ikalnya Anda tetap terkendali. Namun, bahkan para ahli kecantikan menjadi hampir tidak tahu apa-apa tentang perawatan kulit kepala kering itu. Dan sementara ini mungkin tampak seperti satu dari sejuta masalah, kulit kepala kering adalah masalah yang sangat umum, dan jika diabaikan, tidak hanya dapat menyebabkan banyak rasa gatal dan tidak nyaman, tetapi juga merupakan alasan utama ketombe dan kulit mengelupas. Namun tahukah Anda apa penyebab kulit kepala Anda menjadi kering? Cari tahu apa saja penyebab kulit kepala kering berikut ini.

1. Pencucian yang berlebihan

Meskipun Anda mungkin merasa mencuci rambut secara teratur adalah menghidrasi dan melembapkan rambut Anda, itu sebenarnya adalah salah satu alasan paling umum untuk kulit kepala kering. Mencuci rambut sangat sering menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala, membuatnya sangat kering – ya, itu benar. Dan bertanya-tanya mengapa? Bahan kimia keras seperti SLS yang ada di banyak sampo harus disalahkan untuk ini. SLS adalah agen pembersih yang membuat sampo berbusa dan memberi Anda rasa bersih dan geli setiap kali mencuci rambut. Tapi perasaan itu sebenarnya merupakan indikasi bahwa sampo Anda terlalu keras untuk rambut dan kulit kepala Anda dan perlu diganti secepatnya. 

2. Produk perawatan rambut yang salah

Jenis produk perawatan rambut yang Anda gunakan memainkan peran utama dalam menentukan kualitas rambut dan kulit kepala Anda, dan terkadang bisa menjadi penyebab utama kulit kepala kering. Banyak produk perawatan rambut yang penuh dengan bahan-bahan seperti wewangian, pewarna, sulfat dan alkohol, yang bisa terlalu keras untuk Anda, terutama jika Anda sudah memiliki kulit kepala yang kering dan sensitif. Produk-produk ini juga cenderung meninggalkan residu pada kulit kepala Anda, yang menyebabkan penumpukan dari waktu ke waktu dan selanjutnya dapat memperburuk kekeringan di kulit kepala Anda, yang menyebabkan ketombe dan gatal-gatal. Jadi, jika Anda merasa telah mendapatkan produk terbaik, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali pilihan Anda setelah membaca bagian belakang botol Anda!

3. Kondisi kulit

Jika Anda menderita kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dermatitis seboroik, dll., maka itu bisa menjadi alasan di balik kulit kepala Anda yang kering dan gatal – sungguh, itu bisa menjadi masalah utama.

Karena kondisi ini, kulit kepala Anda menjadi sangat kering, meradang dan gatal atau ada kelebihan produksi minyak di kulit kepala, yang menyebabkan penumpukan dan pengelupasan.

Jika Anda memperhatikan bahwa Anda memiliki gejala-gejala ini, maka yang terbaik adalah mengunjungi dokter kulit untuk mengobati masalah ini secara efektif. Namun, pastikan untuk minum obat Anda tepat waktu untuk melihat hasil terbaik.

4. Stres

Jika kepala Anda gatal sepanjang hari, mungkin lebih dari sekadar stres yang menyebabkan tampilan bingung itu. Penelitian mengklaim bahwa stres kronis adalah penyebab utama ketombe dan gatal-gatal, yang merupakan gejala paling umum dari kulit kepala kering – siapa tahu… kami melakukannya!

Stres sering menjadi pemicu di balik masalah umum rambut dan kulit kepala, dan ketombe adalah salah satunya. Untuk mengatasinya dengan sehat, pastikan untuk mengembangkan rutinitas manajemen stres yang sesuai untuk Anda dan menaatinya setiap hari. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan merasa lebih tenang, tidur lebih nyenyak, tetapi juga dapat mengelola kulit kepala kering Anda; yang pada gilirannya bisa menjadi alasan lain untuk stres. Bagaimanapun, ini adalah lingkaran setan yang menunggu tindakan.

5. Diet

Mereka berkata, Anda adalah apa yang Anda makan dan itu benar. Jenis makanan yang Anda makan juga memiliki dampak besar pada kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Makan makanan inflamasi seperti susu, gula dan alkohol dapat menyebabkan peradangan pada kulit kepala dan menyebabkan ketombe, gatal dan kemerahan. Dalam kasus yang lebih buruk, itu bahkan dapat menyebabkan rambut rontok karena peradangan. Jadi, saat memilih apa yang Anda makan dan mempelajari semua yang Anda pilih untuk dikonsumsi untuk makanan sederhana juga dapat berdampak pada kesehatan rambut Anda.

Baca Juga :

3 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering – Begini Caranya

Tips Menghindari Kulit Kepala Kering dan Mengelupas

<strong>6 Cara Meredakan Gatal Kulit dengan Bahan yang Mudah Anda Dapatkan di Rumah</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kepala Yang Gatal

Apakah itu tingkat kelembaban dan hujan yang tinggi