Menurut hasil studi para ilmuwan dari Universitas-universitas besar di Amerika Serkat, hanya 1 dari 5 orang yang berhasil menurunkan berat badan ekstra setidaknya 10% dari total massa tubuh mereka. Salah satu alasan yang membuat menurunkan berat badan menjadi tugas yang sulit adalah fenomena di mana berat badan berhenti menurun meski telah mencoba berbagai upaya. Tentu jika bila tidak ada kemajuan atau tidak ada hasil setelah bekerja keras, orang akan kecewa dan cenderung berhenti menjalani pola hidup sehat. 

Inilah beberapa cara untuk tetap menurunkan berat badan ketika cara lain gagal dan tidak membuahkan hasil :

  • Lakukan latihan beban

Melakukan latihan beban memang terasa kurang efektif untuk menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan latihan kardio, tetapi latihan beban sbenarnya dapat membantu menjaga tingkat metabolisme yang penting saat kamu menjalani diet jangka panjang. Latihan beban membuat metabolisme lebih cepat dan tidak membiarkan tubuh kamu beralih ke mode konsumsi energi rendah. Namun jangan lupa makan protein setelah berolahraga, ya. Otot akan menjadi lebih kuat dan kamu tidak akan mendapat tambahan lemak jika kamu makan cukup protein. 

  • Ubah nilai kalori selama seminggu

Saat kita sedang diet, tubuh kita beradaptasi dengan jumlah makanan yang lebih sedikit, dan tubuh akan mengurangi konsumsi energi. Dengan kata lain, tubuh beradaptasi dengan kondisi kehidupan baru, di mana ia tetap mempertahankan berat badan bahkan jika tidak akan ada makanan masuk sama sekali. 

Untuk mengelabui tubuh, kamu bisa menggunakan siklus kalori. 2 hari dalam seminggu, kamu harus makan sekitar 1.000 atau 1.200 kkal tanpa karbohidrat, dan sisanya makan 1.500 kkal. Trik ini tidak akan membuat metabolisme melambat dan akan menyebabkan defisit kalori yang diperlukan untuk membakar lemak.

  • Makan lebih banyak protein

Diet rendah karbohidrat dipercaya sebagai strategi terbaik untuk menurunkan berat badan. Protein dan serat akan membuat kita kenyang dan dapat meningkatkan metabolisme. Karbohidrat membuat level insulin naik, sehingga membuat kita lapar. Tapi, jika kamu mencoba menurunkan berat badan, lebih baik makan sepotong daging rendah lemak daripada makan buah yang manis.

  • Ubah olahraga kamu

Setelah beberapa waktu menjalani sebuah rutinitas, tubuh manusia akan beradaptasi dengan rutinitas tersebut. Nah, untuk itu, setelah beberapa minggu melakukan olahraga yang serupa, kemajuannya pasti akan melambat, karena tubuh kamu sudah terbiasa. Hanya ada satu solusi! Setiap 1 sampai 2 bulan sekali, kamu harus mengubah program olahraga kamu. Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih, mulai dari yoga, gym, renang, sampai lari.

  • Makan makanan enak

Kemampuan menahan keinginan untuk makan makanan enak bergantung pada fungsi otak. Namun, jika seseorang sudah lama tidak makan sesuatu yang enak, otaknya mulai memberi tahu mereka bahwa sepotong cokelat atau biskuit akan memberi mereka lebih banyak kegembiraan. Inilah mengapa para ahli nutrisi merekomendasikan untuk memasukkan makanan “terlarang” dalam porsi kecil di menu sehari-hari. 

Jika kamu terbiasa makan makanan enak dan membiarkan diri kamu rileks dari waktu ke waktu, kamu tidak akan lepas kendali saat suatu hari nanti kamu makan makanan enak.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/jangan-berharap-dietmu-bisa-berhasil-apabila-kamu-tidak-menyediakan-makanan-ini-di-rumah/

https://www.tampilcantik.com/5-alasan-mengapa-berat-badan-kamu-naik-lagi-setelah-diet/

https://www.tampilcantik.com/kamu-harus-berhenti-mempercayai-7-mitos-diet-berikut-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Aktivitas yang Sebaiknya Kamu Hindari Setelah Makan

Setiap orang memiliki rutinitas makan masing-masing. Ada yang