Tahukah kamu? Bibir kita memiliki lebih dari 1.000.000 ujung saraf. Karenanya, bibir kita bahkan jauh lebih sensitif daripada ujung jari kita. Tidak heran jika bibir membutuhkan perawatan khusus. 

Namun terkadang, kita menjumpai masalah bibir yang membuat kita tidak nyaman, seperti masalah bibir kering dan pecah-pecah, misalnya. Ternyata, beberapa masalah bibir bisa menunjukkan masalah kesehatan tubuh kita secara keseluruhan loh. 

Penasaran? Yuk, simak info berikut: 

  1. Bibir kering dan pecah-pecah di bagian sudut mulut

Saat air liur terperangkap di bagian sudut mulut kamu, hal itu dapat mengeringkan kulit sehingga bisa memicu masalah bibir pecah-pecah. Masalah tersebut bisa terjadi ketika kamu sering menjilat bibir, atau karena suhu hangat dan lembap di sekitar bibir. 

Kehangatan serta kelembapan di sudut bibir memungkinkan terjadinya infeksi. Nah, infeksi itulah yang bisa menjadi sebab dari bibir kering dan pecah-pecah di sudut mulut. 

  1. Bibir kering dan pecah-pecah

Ketika bibir kamu kering dan pecah-pecah, hal itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh kamu mengalami kekurangan kelembapan. Selain itu, bibir kering dan pecah-pecah juga bisa terjadi karena iklim atau karena kamu sedang stres. Jika mengalami masalah ini, kamu harus minum lebih banyak air dan menggunakan krim pelembab bibir.

Selain penyebab umum seperti yang telah disebutkan di atas, bibir kering dan pecah-pecah juga bisa terjadi akibat reaksi alergi. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan apakah bibir kering kamu juga ditandai dengan gejala lain seperti gatal-gatal, misalnya. 

  1. Benjolan di bibir

Benjolan bibir bisa terasa sakit atau sangat tidak nyaman. Tetapi sebagian besar kasus benjolan di bibir tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, bahkan jika tanpa perawatan apa pun. Kondisi ini bisa terjadi karena kamu memakan makanan tertentu, atau mendapatkan obat tertentu. 

Tapi ada juga benjolan di bibir yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti herpes, misalnya. Jika kamu mengalami benjolan akibat penyakit, maka kamu membutuhkan perawatan medis yang tepat.

  1. Terdapat lingkar merah iritasi di sekeliling bibir

Jika kamu menemukan ada iritasi berupa lingkar merah di sekitar bibir (umumnya melingkar di sekeliling bibir), maka salah satu penyebab paling umum dari masalah itu adalah karena kamu sering menjilat bibir.

Menjilat bibir berulang kali dapat mengeringkan minyak alami dari kulit di sekitar bibir dan membuat kulit jadi memerah dan gatal-gatal. Pelembab sederhana dan usaha untuk menghentikan kebiasaan menjilat bibir, bisa menjadi solusi yang ampuh. 

  1. Kerutan di bibir bagian atas

Jika kamu melihat ada banyak kerutan di bibir bagian atas, bisa jadi sumber utama masalahnya adalah kondisi kesehatan fisik dan kesehatan emosional. Coba kamu perhatikan, apakah kamu memiliki kebiasaan buruk seperti terlalu sering menggunakan sedotan untuk minum, atau terlalu sering merokok, misalnya.

  1. Perubahan warna bibir

Jika bibir kamu berubah warna menjadi kebiruan, itu bisa menjadi tanda bahwa sirkulasi oksigen dalam darah kamu tidaklah baik. Kamu pun bisa mengalami gejala yang sama pada jari tangan dan kaki kamu.

Sedangkan, jika bibir kamu berubah menjadi warna pucat atau terlihat lebih putih, maka bisa jadi kamu mengalami anemia dan butuh pertolongan medis. Selain anemia, penyebab lain seperti gula darah rendah, masalah peredaran darah, atau kekurangan vitamin juga bisa membuat bibir jadi putih atau pucat.

Baca Juga :

13 Tips Untuk Mendapatkan Bibir Impian

Hati-Hati, Lip balm Dapat Memperburuk Bibir Pecah-Pecah

Cara Mencerahkan Bibir Gelap Secara Alami

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ragam Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan tubuh dan lezat saat