Pernahkah kamu beratnya-tanya tentang bagaimana anak-anak bisa sangat cepat tumbuh besar tanpa kamu sadari? Atau kamu bertanya-tanya mengapa kamu bisa bermimpi aneh? Nah, berikut adalah beberapa alasan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran kamu. Ternyata banyak hal menarik dan aneh yang terjadi pada tubuh saat kita tidur, di antaranya :

  • Otot kamu lumpuh
Lima Reaksi Tubuh yang Terjadi Saat Kamu Tidur | Sabigaju

Saat kamu memasuki tidur REM (Rapid Eye Movement), yang merupakan fase tidur paling dalam, otot-otot dalam tubuh kamu lumpuh total dan untuk sementara tidak memungkinkan kamu untuk bisa bergerak. Ada gangguan tidur di mana kelumpuhan ini berlangsung selama beberapa detik atau menit setelah kamu bangun tidur. Rasa kelumpuhan yang menakutkan ini dialami oleh penderita narkolepsi saat membuka mata setelah bangun tidur.

  • Mata kamu bergerak dengan kecepatan penuh

Semua fase tidur memiliki tujuan khusus untuk menjaga tubuh dan otak kamu tetap sehat dan rileks. Ada lima tahap atau fase saat tidur; masing-masing fase lebih dalam dari fase sebelumnya, dan ketika kita melewati kelima fase tersebut, siklus akan dimulai lagi dari awal. Fase yang terakhir (REM) adalah yang paling aktif dan dimulai sekitar 60 – 90 menit setelah kamu tertidur. Pada tahap ini, mata kamu bergerak dengan kecepatan penuh ke belakang dan ke depan tanpa kamu sadari, karena pikiran kamu terfokus pada apa yang kamu impikan.

  • Hormon pertumbuhan dilepaskan saat kamu tidur

Hormon HGH, yang dikenal sebagai hormon pertumbuhan manusia, bertanggung jawab untuk memungkinkan tulang, otot, dan jaringan kamu beregenerasi. Saat kamu tidur, produksi zat ini diaktifkan di seluruh tubuh kamu. Hormon inilah yang berkontribusi pada penyembuhan luka dan pembaruan sel. Saat kita muda, hormon ini mendorong pertumbuhan dan memiliki banyak efek lain pada tubuh. Nah, inilah yang menyebabkan kita tumbuh lebih tinggi tanpa kita sadari ketika kita tidur.

  • Tenggorokan kamu menyempit
Obstructive Sleep Apnea Sering Dialami Laki-Laki, Mengapa?

Saat kamu tidur, otot yang menahan tenggorokan agar terbuka saat kamu bangun akan menjadi rileks, dan ukuran tenggorokan kamu akan mengecil. Inilah salah satu penyebab mengapa orang bisa mendengkur. Meskipun ada faktor lain yang berkontribusi, seperti hidung tersumbat, tenggorokan yang sesak, dll.

  • Kamu mengertakkan gigi saat tidur

Fenomena ini disebut bruxism. Ini tidak terjadi pada semua orang, tetapi beberapa orang mungkin terbangun dengan nyeri rahang yang kuat setelah menggertakkan gigi tanpa ia sadari. Bruxism dapat memiliki asal morfologis yang terjadi sebagai akibat dari ketidaksejajaran pada rahang. Ini juga bisa bersifat psikologis karena dikatakan bahwa aktivitas ini adalah cara untuk melepaskan ketegangan emosional dan stres yang terakumulasi sepanjang hari. Namun, penelitian belum berhasil mengidentifikasi mengapa beberapa orang tidak pernah mengalaminya, sementara yang lain mengalaminya.

  • Kamu mengalami gairah seksual secara spontan

Baik pria maupun wanita mengalami gairah seksual saat tidur. Fenomena ini disebabkan oleh aktivitas otak puncak selama fase gerakan mata cepat saat tidur, yang berarti otak kamu membutuhkan lebih banyak oksigen, dan karenanya, aliran darah lebih cepat. Peningkatan ini mempengaruhi setiap organ tubuh kamu, termasuk yang paling intim, mengakibatkan aktivasi hormon seksual.

  • Otak kamu melepaskan informasi yang terkumpul dan mengarang cerita (mimpi)

Bagaimana mimpi kita terbentuk, masih menjadi misteri besar di dunia ilmiah. Kita tahu bahwa otak kita membangun pemandangan mimpi dari ingatan yang hadir dalam kehidupan kita sehari-hari dan di alam bawah sadar kita yang dalam. Dengan demikian, pengalaman kita akan bergabung dengan informasi yang telah tersimpan selama bertahun-tahun : ingatan, trauma, emosi dan perasaan, menciptakan mimpi yang misterius dan terkadang tidak masuk akal.

  • Otak kamu memulihkan dan mendetoksifikasi dirinya sendiri selama kamu tidur

Para peneliti di University of Rochester menemukan bahwa saat kamu tidur, otak kamu akan membuang limbah yang menumpuk sepanjang hari. Mekanisme yang diaktifkan saat kita tidur disebut sistem glymphatic, dan saat sistem ini dinyalakan, maka ia akan memungkinkan otak kamu membuang informasi yang tidak berguna, dan mengumpulkan hal-hal yang dianggap vital serta memperbarui koneksi mereka.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/ternyata-pasangan-suami-istri-di-jepang-tidur-secara-terpisah-kenapa-ya/

https://www.tampilcantik.com/tahukah-kamu-posisi-tidur-dapat-mengungkapkan-kepribadian-loh/

https://www.tampilcantik.com/4-siklus-tidur-alternatif-bagi-kamu-yang-kurang-tidur/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Hal yang Tidak Perlu Dilakukan untuk Menyenangkan Orang Lain

Agar disukai dan diterima di mana pun berada,