Seiring dengan bertambahnya usia, kerutan akan mulai muncul di wajah kita dan membuat kita menjadi kurang percaya diri. Untungnya, ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerutan, yaitu pijat Shiatsu ala Jepang. 

Shiatsu adalah salah satu pijat paling sederhana dari Jepang yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Tentu saja, perawatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kecantikan kulit kamu secara keseluruhan. 

Shiatsu diyakini dapat mencegah, menyembuhkan, dan menghilangkan stres atau nyeri sendi, sehingga berdampak pada kesehatan kulit. Dengan rutin melakukan Shiatsu, wajah kamu dapat terlihat lebih muda dan segar. 

Kamu bisa mencoba hilangkan masalah kerutan berikut dengan Shiatsu:

  1. Kerutan di sudut mata 

Kerutan yang ada di sudut mata kita adalah kerutan yang paling menonjol di wajah. Kerutan ini biasa terjadi akibat paparan sinar UV dan bertambahnya usia. Tapi jangan khawatir, kamu bisa melakukan sesuatu untuk mengatasinya, yaitu dengan Shiatsu. 

Pertama, yang perlu kamu lakukan adalah meletakkan jari telunjuk di sudut luar mata dan sedikit menghangatkan area tersebut. Tekan dengan jari kamu, lalu lepaskan. Tarik otot ke atas ke arah pelipis tanpa melepaskan jari dari area tersebut. Ulangi gerakan ini 3 kali selama 3 detik di kedua sisi.

  1. Kerutan di bawah mata

Karena kulit di bawah mata sangat tipis, maka kulit di area tersebut mudah menjadi kendur dan keriput. Kulit di bawah mata bisa menua lebih cepat daripada bagian kulit lainnya. Namun, dengan Shiatsu, kamu bisa membantu meremajakan kulit di area itu. 

Kamu hanya perlu meletakkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada tulang yang berada tepat di bawah setiap mata, lalu lakukan gerakan dengan menekan 3 titik tersebut secara lembut dan ringan. Pertahankan tekanan jari kamu di ketiga titik selama 10 detik, lalu lepaskan. Ulangi gerakan ini sebanyak dua kali.

  1. Bengkak di bawah mata

Shiatsu punya cara untuk memperbaiki area yang terlihat bengkak di bawah mata kita. Hal ini bisa membuat kita terlihat lebih mudah dan lebih segar.

Caranya pun cukup sederhana. Pertama, letakkan jari telunjuk kita di sudut dalam mata kita. Dari situ, kita harus membuat gerakan, mengikuti kontur mata, hingga mencapai sudut luar mata kita. Usahakan untuk tidak meregangkan atau menggerakkan kulit kamu. 

Setelah menyelesaikan gerakan tadi, selanjutnya letakkan kedua jari telunjuk dan jari tengah kamu pada titik dalam dan luar mata dan tekan dengan ringan ke arah bawah. Jangan lupa untuk selalu ikuti kontur wajah dengan jari kamu, kemudian tekan ringan pada kedua sisi dalam dan luar mata kamu. Lakukan semua langkah ini sebanyak 3 kali, degan masing-masing waktu 3 detik.

  1. Shiatsu lebih dari sekadar teknik pijat

Shiatsu yang ketika diterjemahkan mengandung arti “tekanan jari” ini adalah bentuk pijat terapeutik yang menggunakan teknik menguleni, menekan, mengetuk, meregangkan, dan menenangkan, yang berasal dari tahun 1900-an di Jepang. 

Teknik ini bergantung pada jari-jari dan telapak tangan untuk memberikan tekanan pada area tubuh, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dengan lebih dari satu cara. Teknik ini bisa berguna untuk melepas stres dan kecemasan, meredakan nyeri otot dan sendi, meredakan kelelahan, insomnia, atau kondisi seperti linu panggul, radang sendi, dan sinusitis. 

Baca Juga :

Ternyata Ini Alasan Mengapa Orang Jepang Tidur di Lantai

Cukup 10 Menit Saja, Skincare Ala Orang Jepang Ini Akan Membuat Kulit Jadi Glowing

Nasi Membuat Orang Jepang Panjang Umur? Simak 7 Fakta Berikut!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sebenarnya Perlu Mandi Berapa Kali Sih Dalam Sehari? Ini Jawabannya

Kebiasaan mandi seseorang bisa berubah-ubah berdasarkan mood dan