Semua orang ingin tampil cantik dan awet muda. Namun, banyak orang gagal mewujudkannya akibat kebiasaan buruk yang selalu mereka lakukan tanpa sadar. Bukan hanya produk perawatan mahal saja yang kita butuhkan, tapi kebiasaan buruk yang bisa menghalangimu kulit cantik dan awet muda, juga harus dihindari. Apa saja kebiasaan buruk itu? Berikut daftarnya :

  1. Penggunaan pemanas dan pendingin ruangan 

Semakin dingin udara di luar rumah, maka semakin sedikit kelembapan yang dapat dipertahankannya. Sementara itu, ketika udara di dalam ruangan jadi lebih dingin, maka udara di luar menjadi lebih panas, namun jumlah uap air tidak bertambah. Dengan begitu, udara di dalam rumah menjadi kering. Saat itu terjadi, kulit dan selaput lendir akan jadi organ pertama yang menderita. 

Jika dibiarkan, kamu bisa mengalami keriput, kusam, gatal-gatal, dan gejala kulit sensitif lainnya. 

Hindari masalah tersebut dengan menggunakan pelembab udara, membeli krim pelembab ultra, dan selalu bawa semprotan air panas.

  1. Terlalu sering memakai sabun

Abad ke-21 adalah abad di mana kebersihan menjadi tren kecantikan di dunia. Orang-orang terobsesi untuk membuat tubuh mereka bersih, halus, dan harum. Namun, ternyata pembersihan kulit setiap hari dengan produk pembersih dapat merusak penghalang pertahanan alami kulit. Padahal, penghalang inilah yang menyelamatkan kita dari bakteri dan bahkan mencegah penuaan kulit dini.

Untuk menghindari risiko rusaknya pelindung alami kulit, kamu perlu baca label yang berisi daftar komposisi sabun kamu. Pilih bahan alami yang tidak membahayakan pelindung alami kulit, dan jangan terlalu sering menggunakannya.

  1. Memakai sarung bantal berbahan katun

Kebanyakan orang memilih kain katun sebagai sarung bantal karena nyaman, mudah dicuci, dan harganya murah. Namun, ternyata sarung bantal katun memiliki dampak yang buruk bagi orang yang sangat memperhatikan penampilan.

Hal ini karena sarung bantal katun bisa meningkatkan risiko kerutan pada kulit jika seseorang memakainya untuk tidur dalam posisi miring atau tengkurap. Selain itu, bahan katun juga menjadi tempat yang efektif bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang-biak. 

Hindari risiko tersebut dengan mengganti sarung bantal yang berbahan sutra. Meskipun harganya lebih mahal, tapi sarung bantal sutra lebih tahan lama, tidak akan menyebabkan kerutan pada kulit, dan mampu mencegah pertumbuhan bakteri.

  1. Menatap smartphone dan komputer terlalu lama

Tahukah kamu, pantulan cahaya pada smartphone dan komputer ternyata sama bahayanya dengan paparan sinar matahari, loh. Selain itu, menulis dengan smartphone dengan posisi leher ditekuk ke bawah, dapat memicu munculnya lipatan dagu atau double chin. 

Jika ingin terhindar dari dampak itu, maka kurangilah screen time atau waktu yang kamu habiskan di depan komputer dan smartphone. Atau, kamu bisa memasang pelindung layar dengan fitur anti cahaya biru khusus, agar mata dan kulit kamu lebih terlindungi. 

  1. Selalu membuka jendela kamar atau rumah

Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan hubungan langsung antara polusi udara dan penuaan dini. Ternyata, kehidupan di kota-kota besar yang dekat jalan raya, dekat dengan tetangga yang merokok, dan dekat dengan sumber pencemaran udara lainnya, dapat berdampak buruk bagi kulit. Terutama, jika kamu rajin membuka jendela kamar atau rumah.

Jika ingin terhindar dari risiko  penuaan dini akibat polusi, cobalah untuk menghindari membuka jendela. Sebagai gantinya, belilah alat pembersih udara untuk rumah kamu, sehingga udara sekitar lebih sehat dan bebas polusi. 

Baca Juga :

Ingin Awet Muda? Konsumsi 7 Makanan Kaya Kolagen Ini

Skincare Saja Tidak Cukup, Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Awet Muda

Ingin Kulit Awet Muda Tanpa Kosmetik? Coba Makan 7 Produk Tinggi Kolagen Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Agar Awet Muda ala Wanita Indonesia

Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri