Memasukkan lebih banyak makanan kaya serat ke dalam pola makan Anda tentu memiliki manfaatnya. Jika Anda baru memahaminya atau ingin tahu betapa pentingnya makanan ini untuk kesehatan secara keseluruhan, baca terus!

Apa Sebenarnya Makanan Kaya Serat Itu?

Serat tidak lain adalah karbohidrat nabati yang tidak dapat dicerna oleh manusia. Lalu mengapa kita mengkonsumsinya? Karena selama bergerak melalui saluran pencernaan, serat tetap dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan. Tapi lebih dari itu nanti!

Kembali ke serat, ada dua jenis – larut dan tidak larut. Yang pertama, ketika berada di saluran pencernaan, menarik air dan membentuk gel yang memperlambat proses pencernaan. Di sisi lain, serat tidak larut dapat menolak air dan membuat tinja menjadi lebih besar, sehingga membantu pergerakannya melalui saluran pencernaan.

Makanan berikut kaya akan serat:

  • Raspberry dan buah beri lainnya
  • Pisang, jeruk, jambu biji, dan mangga
  • Apel–jangan membuang kulitnya karena di situlah konsentrasi seratnya
  • Sayuran akar seperti wortel dan bit
  • Kentang dan ubi jalar
  • Sayuran berwarna gelap
  • Kacang, kacang polong, polong-polongan
  • Jagung meletus
  • Biji bunga matahari dan labu
  • Pistachio dan almond

Manfaat Makanan Kaya Serat

  1. Asupan serat yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan penurunan tingkat obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hipertensi, stroke, dan penyakit pencernaan.
  2. Serat larut mampu menurunkan kadar low-density lipoprotein atau kolesterol jahat. Studi menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi memiliki manfaat kesehatan jantung lainnya seperti penurunan tekanan darah dan peradangan.
  3. Serat dapat mengontrol lonjakan gula darah dengan memperlambat penyerapan gula.
  4. Pola makan kaya serat dapat membantu penurunan berat badan; Makanan berserat tinggi lebih mengenyangkan, membutuhkan waktu lebih lama untuk dimakan, dan membuat Anda kenyang lebih lama.
  5. Serat makanan membantu menormalkan pergerakan usus dengan meningkatkan berat dan volume tinja serta melunakkannya. Hasilnya, tinja lebih mudah dikeluarkan sehingga meringankan sembelit.
  6. Makanan kaya serat dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kanker usus besar dan kolorektal. Ini juga menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko wasir dan penyakit divertikular.

Bagaimana Saya Bisa Makan Lebih Banyak Makanan Kaya Serat?

Gunakan tip berikut untuk meningkatkan pola makan Anda:

  1. Tambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet Anda. Lima porsi atau lebih sehari juga akan memberi Anda semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda.
  2. Makanan kaya serat tidak harus membosankan. Anda dapat membuat salad nikmat dengan kacang-kacangan dan polong-polongan untuk tekstur dan kerenyahannya. Tambahkan juga ini ke nacho bersama dengan sayuran segar!
  3. Makanlah biji-bijian utuh dan makanan gandum utuh. Bacalah label pada makanan yang dipanggang serta kemasan sereal dan pasta, pastikan ‘gandum utuh’ ada dalam daftar bahannya. Sertakan lebih banyak nasi merah, barley, atau gandum bulgur dalam makanan Anda.
  4. Saat memanggang, tingkatkan serat dengan menggunakan tepung gandum utuh sebagai pengganti tepung halus.
  5. Tambahkan serat ke dalam diet Anda bahkan saat ngemil! Kerupuk dan biskuit gandum utuh, popcorn rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta buah-buahan kering adalah pilihan yang bagus.

Baca juga :

Diet Tinggi Serat Dapat Menyebabkan Masalah Perut

5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memasukkan Serai ke Dalam Diet Anda

Memahami Refluks Asam, Mengurangi Dan Mencegahnya Dengan Diet GERD

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Manfaat Carb Cycling Untuk Diet Anda

Makan, atau tidak, itulah dilema dengan karbohidrat –