sayuran

 

Kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini membuat hampir semua oang tidak bisa lepas dari gadget atau teknologi. Selain untuk komunikasi gadget digunakan untuk membantu pekerjaan manusia oleh karena itu gadget termasuk ke dalam barang yang sangat penting.

 

Tapi meski demikian gadget memiliki beberapa dampak buruk bagi kesehatan salah satunya adalah merusak mata, terlalu lama dan terlalu sering menatap layar handphone atau komputer membuat fungsi mata semakin menurun karena terkena radiasi sinar dari layar. Kita harus menjaga kesehatan mata karena mata merupakan salah satu indera manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan.

 

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya menjaga asupan makanan, banyak mengonsumsi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mata dapat membantu fungsi penglihatan agar tetap sehat dan berfungsi. nah berikut ini 4 makanan yang bisa membantu kamu menjaga kesehatan mata.

 

  • Sayuran Hijau

Salah satu makana yang mampu menjaga kesehatan mata adalah sayuran hijau. Sayuran hijau kaya akan lutein, yaitu nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan mata terutama lensa dan retina. Lutein juga berfungsi menyerap dan melindungi bahaya sinar ultraviolet. Salah satu Jenis sayuran hijau yang banyak mengandung lutein adalah bayam kale. Bayam tale mengandung lutein sebanyak 11.4 miligram per 100 gram. Dengan mengonsumsi sebanyak 80 gram kale, kandungan luteinnya setara dengan 41 buah jeruk dan 71 butir telur.

 

  • Buah

Salah satu vitamin yang dibutuhkan mata adalah vitamin A, tepatnya Retina mata memerlukan vitamin A untuk penglihatan di malam hari.Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan berwarna seperti mangga dan pepaya kamu bisa menjaga kesehatan retina, selain itu buah-buahan ini merupakan sumber dari betakaroten, yaitu zat gizi di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi vitamin A.

 

  • Daging, Kacang, dan Biji-bijian.

Zinc adalah satu-satunya mineral yang diklaim memiliki fungsi kesehatan untuk mata di Eropa. Setelah dilakukan uji coba ilmiah, para ilmuwan mengatakan bahwa mineral tersebut bagus untuk kesehatan mata. Zinc banyak ditemukan di ayam kalkun, kepiting, tiram, dan ikan sarden. Selain itu, kacang mete dan gandum juga mengandung zinc.

 

  • Ikan.

Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega tiga berfungsi untuk menormalkan sel-sel retina yang lemah. Upayakan untuk menyantap sedikitnya satu porsi setiap minggunya, demi melengkapi kebutuhan asam lemak omega tiga agar mata tetap sehat.

 

Nah itulah keempat makanan yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan mata, dengan mata sehat kamu bisa terus melihat keindahan yang diciptakan Tuhan di dunia ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Manfaat Kentong Teh dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahukah kamu? Nenek moyang kita sudah mengonsumsi teh