Terkesan romantis pada awalnya, namun toxic jika dibiarkan berlangsung secara terus-menerus, itulah sifat overprotective. Orang yang terjebak dengan hubungan di mana pacarnya overprotective akan sulit untuk menemukan kedamaian dan kebahagiaan dalam hubungan.

Berikut adalah tanda pacar kamu overprotective, jangan biarkan dirimu terjebak dalam hubungan tak sehat bersamanya.

  1. Cepat menyatakan cinta dan memaksakan komitmen

Alih-alih menunggu untuk melihat ke mana arah hubungan, orang yang terlalu protektif atau overprotective akan menyatakan cinta sejak awal dan menyatakan dirinya akan menikahimu. Tidak hanya itu, dia mungkin akan memaksa kamu untuk membuat komitmen yang sama. 

  1. Mudah cemburu dan selalu menginterogasi 

Cemburu dan interogasi adalah tanda sosok yang overprotective. Dia berpikir bahwa semua pemuda yang lewat di depanmu menyukaimu. Ia juga mungkin mengira kamu sengaja menggoda barista di cafe. Jika segala sesuatu tidak cocok dengan cara pandangnya, maka ia akan membuatmu merasa bertanggung jawab atas perasaannya.  

Karena itu, dia selalu bertanya, kamu ada di mana, dengan siapa, apa yang kamu lakukan, apa yang kamu bicarakan, dan lain-lain. 

  1. Memisahkan kamu dari teman-teman, terutama teman lawan jenis 

Dia tidak ingin kamu bergaul dengan teman-temanmu karena dia ingin kamu fokus padanya 24 jam. Dia paham bahwa kamu memiliki dunia berbeda yang tidak dapat diintervensi. Tidak hanya itu, dia mungkin membuat kamu merasa bersalah karena meninggalkan dia sendirian demi pergi keluar dengan teman-teman kamu. Dia akan membuatmu merasa seperti pasangan yang tidak pengertian yang tidak terlalu peduli pada pacar.

  1. Sering menyalahkan kamu 

Ketika kamu bertengkar dan dia sangat mudah tersulut emosi negatif, sehingga meledak-ledak. Dia akan menyalahkan kamu atas masalah yang terjadi. Kalimat sederhana seperti “Aku sangat marah sekarang” kadang diubah menjadi “Kamu membuatku sangat marah”. Dia sangat pintar memutarbalikkan fakta agar dirinya tidak disalahkan. 

  1. Menentukan pakaian kamu 

Pasangan yang terlalu protektif biasanya tidak mengerti aturan berpakaian. Dia hanya memaksakan kehendak atas selera pribadinya. Padahal, kamu berdandan cantik untuk dirimu sendiri, bukan orang lain, namun pacar kamu merasa atau menganggap kamu sedang genit kepada orang lain. 

Mengontrol cara berpakaian adalah salah satu contoh sikap kecemburuan yang tak wajar. Dia tidak ingin orang-orang di sekitar kamu melihat betapa cantiknya kamu dan.

Itulah mengapa dia lebih suka kamu berpakaian dengan gaya formal dan tertutup. Dia akan melarang kamu memakai pakaian terbuka atau pakaian yang menunjukkan dengan jelas lekuk tubuhmu. 

  1. Dia mengikutimu ke mana-mana

Pasangan yang overprotective akan berpikir kamu aman saat dia ada di sekitarmu. Menurutnya, situasi akan jadi bahaya jika kamu pergi atau di rumah sendirian. Untuk itu, dia ingin melindungimu setiap saat dan mengikutimu ke mana pun kamu pergi. Hal ini mungkin terasa romantis jika dilihat dalam film, tetapi sebenarnya sikap ini toxic

Dia akan meyakinkanmu bahwa pilihan satu-satunya untuk melindungi diri adalah dengan tetap bersamanya. 

Perhatikan keenam tanda di atas dan berhati-hatilah jika kamu sedang menjalin hubungan dengan orang yang overprotective. Pikirkan dua kali apakah hubungan kamu masih layak diperjuangkan atau tidak. 

Baca Juga :

5 Alasan Mengapa Wanita Tidak Bisa Memaafkan atau Memahami Pria

8 Tipe Wanita yang Dikencani Pria Sebelum Akhirnya Bertemu Jodohnya

6 Tanda Pelecehan Emosional dalam Hubungan Asmara

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Alasan Mengapa Hubungan Asmara di Zaman Modern Cenderung Rapuh

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana orang zaman dahulu menjalin