Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Beberapa di antaranya adalah aktif berolahraga, makan makanan bergizi, dan tidur yang cukup. Dengan melakukan ketiga hal tersebut secara rutin, tubuh akan fit, badan lebih segar, dan tidak mudah terserang penyakit.

Seperti kita tahu, tubuh mendapatkan berbagai nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat seperti buah, sayur, biji-bijian, dan lemak sehat. Nah, berikut adalah daftar asupan gizi penting yang perlu dikonsumsi wanita setiap hari untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

  1. Zat Besi

Zat besi dalam tubuh berfungsi membawa oksigen, membantu produksi sel darah merah, mendukung fungsi kekebalan tubuh, mengatur suhu tubuh, dan membantu pertumbuhan sel.

Kekurangan zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan produksi sel darah merah berkurang, sehingga seseorang bisa mudah terkena anemia. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, sesak napas, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Nah, apalagi bagi wanita yang sedang dalam siklus haid, sangat penting bagi untuk makan makanan kaya akan zat besi. 

Kamu dapat memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, daging merah tanpa lemak, ayam kalkun, ikan, sereal, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Kalsium

Kalsium berfungsi menjaga dan membantu meningkatkan fungsi otot, tulang, dan gigi agar tetap kuat. Tubuh kita membutuhkan kalsium untuk menjaga agar kesehatan tulang tetap optimal demi menunjang aktivitas sehari-hari. 

Kalsium dapat ditemukan dalam produk susu, keju, yoghurt, dan sayuran hijau seperti brokoli. Namun, penting bagi wanita untuk mempertimbangkan konsumsi suplemen kalsium, karena bisanya wanita mulai kehilangan kepadatan tulang seiring berjalannya usia. 

Suplemen kalsium juga wajib bagi wanita yang telah masuk ke fase menopause, karena secara alami masa tulang sudah menurun. Tubuh juga sudah tidak banyak memproduksi estrogen seperti saat masih muda dulu.

  1. Vitamin A

Tahukah kamu bahwa seorang wanita hamil memerlukan sedikitnya 770 mikrogram (mkg) sedangkan wanita menyusui memerlukan 1.300 mkg Vitamin A setiap harinya? 

Vitamin A adalah nutrisi penting yang baik untuk wanita, karena memiliki peran dalam mendukung penglihatan serta mampu mencegah beberapa jenis kanker dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jika kamu memiliki gangguan kekebalan tubuh seperti lupus dan rheumatoid arthritis atau mudah sakit, konsumsilah Vitamin A setiap hari. Karena, Vitamin A akan membantu memproduksi sel darah putih, yang berfungsi sebagai penghalang alami tubuh terhadap infeksi. 

Kamu bisa mendapatkan Vitamin A dalam sayuran berdaun hijau, sayuran berwarna oranye dan kuning, tomat, buah-buahan, dan produk susu. 

  1. Magnesium

Tubuh memerlukan magnesium untuk mempertahankan fungsi otot dan saraf agar bekerja normal. Magnesium juga diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat, menjaga tulang tetap kuat, menjaga irama jantung tetap stabil, dan membantu mengatur kadar gula darah. 

Apakah kamu kerap mengalami gangguan pencernaan? Bisa jadi, tubuh kamu mengalami kesulitan menyerap nutrisi. Nah, biasanya jika hal ini terjadi, kamu berisiko kekurangan magnesium dalam tubuh. 

Untuk mengatasinya, kamu mengonsumsi sayuran, buncis, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk mendapatkan asupan magnesium.

Tak hanya urusan kesehatan fisik, magnesium juga baik untuk meredakan stres yang hebat, karena bisa membuat tubuh lebih rileks. Jika perlu, kamu bisa meminum suplemen magnesium pada malam hari menjelang tidur.

Baca Juga :

6 Makanan dan Minuman yang Akan Meningkatkan Kesehatan Wanita

Makanan Super Ampuh dalam Menjaga Kesehatan Wanita

Vitamin Essensial untuk Kesehatan Wanita

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh