Masalah kulit kering mungkin termasuk masalah yang cukup umum dan kamu pun pasti pernah mengalami hal itu setidaknya sekali dalam seumur hidup. Nah, tapi bagaimana jika masalah kulit kering ini terjadi pada area kulit terhalus kita yaitu area mata? Tentu kulit kering di area mata bisa lebih mengganggu daripada kulit kering di area lainnya. 

Kulit kelopak mata kita 80% lebih tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya, sehingga cenderung lebih rentan dan mudah iritasi. Belum lagi, ketika kelopak mata kering, kamu bisa mengalami iritasi, pengelupasan, kemerahan dan bahkan mata terasa panas dan gatal. 

Sebenarnya apa itu kelopak mata kering?

Kelopak mata kering mengacu pada masalah iritasi atau kulit bersisik di sekitar mata, yang terjadi karena ada gangguan pada pelindung kulit. Kulit kering menyebabkan hilangnya hidrasi dan kelembapan pada kulit dan diikuti peradangan.

Kebanyakan kasus kelopak mata kering mudah dideteksi ketika ada perubahan tekstur dan atau tampilan pada kelopak mata. Kamu akan tahu jika kamu memiliki kulit kering di kelopak mata karena kamu dapat mendeteksi beberapa masalah berikut ini :

  • Kelopak mata kering
  • Terjadi kemerahan
  • Kelopak mata gatal
  • Kulit mengelupas
  • Kelopak mata bengkak

Cara lain untuk mengidentifikasi masalah kelopak mata kering adalah dengan melihat bagaimana reaksi kulit ketika kamu mengaplikasikan pelembab. Jika ada peradangan dan pengelupasan yang tidak teratasi dengan pelembab, kemungkinan kamu mengalami kelopak mata kering.

Apa yang menyebabkan kelopak mata kering?

Ada banyak alasan dan penyebab mengapa kamu mengalami kelopak mata kering. Alasan ini dapat mencakup, kondisi genetik kulit, stres, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tetapi yang paling umum, kelopak mata kering sering kali dialami akibat :

  1. Perubahan Cuaca

Perubahan musim seperti suhu dingin dan cuaca kering. Cuaca dapat menyebabkan kulit terkelupas, merusak pelindung kelembapan alami kulit dan menyebabkan kulit kering serta gatal. 

  1. Alergi Kosmetik

Penyebab lainnya adalah alergen dan iritan yang merupakan pemicu radang kulit. Penyebab umum yang mungkin terjadi adalah alergi terhadap produk kecantikan seperti make up, parfum, atau bahkan cat kuku. 

Bagaimana cara untuk mengobati kelopak mata kering?

Ketika kamu mendapati masalah kelopak mata kering dan aktivitas kamu terganggu karena masalah itu, maka kamu perlu melakukan hal-hal berikut ini untuk meringankan masalah kelopak mata kering yang mengacaukan harimu : 

  1. Hindari produk kosmetik ke kelopak mata

Sebagai permulaan, kamu sebaiknya menghindari produk kosmetik ke kelopak mata kamu, jika itu menyebabkan iritasi dan kekeringan. Untuk sementara, kamu sebaiknya menghindari krim mata dan make up agar tidak memperburuk kondisinya. Atau kamu bisa mencari produk kosmetik khusus untuk kulit sensitif.

  1. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter

Jika kamu membutuhkan pertolongan secepat mungkin karena aktivitas kamu sangat terganggu akibat kelopak mata kering, maka inilah saatnya untuk mengunjungi dokter kulit dan berkonsultasi. Dokter akan memberikan obat yang tepat untuk masalah kamu.

Baca Juga :

Punya Masalah dengan Kelopak Mata yang Berminyak? Gunakan Trik Ini Untuk Mengatasinya

5 Cara Aman Menyembuhkan Mata Kelilipan

5 Cara Aman Menyembuhkan Mata Kelilipan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Tips Untuk Mengencangkan Pori-pori Besar

Pori-pori yang membesar disebabkan oleh beberapa faktor, di