Siapa sangka, ternyata bukan hanya cinta saja yang bisa bertepuk sebelah tangan. Persahabatan juga bisa demikian. 

Memang terkadang sulit untuk menentukan apakah persahabatan yang kamu jalani itu timpang atau tidak sepadan. Jika sebuah persahabatan tidak seimbang, maka satu orang akan “mengambil” terlalu banyak ruang dan orang lain hanya mendapatkan sangat sedikit ruang. Untuk memudahkan kamu menganalisisnya, berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan persahabatan kamu bertepuk sebelah tangan :

  1. Mereka menjatuhkan kamu

Persahabatan adalah tentang hubungan yang saling mendukung, jadi ketika kamu merasa seseorang tidak pernah memihak kamu, itu bisa menjadi indikator bahwa ada sesuatu yang tidak benar. Dalam situasi di mana seseorang secara aktif menyakiti perasaan kamu, maka kamu perlu memberi tahu mereka tentang dampak tindakan mereka. Beri tahu mereka bagaimana perasaan kamu agar mereka dapat melihat efek dari perbuatan mereka terhadapmu.

  1. Mereka selalu mengambil keputusan sendiri

Tipe sahabat yang seperti ini adalah mereka yang selalu memutuskan restoran mana yang akan kamu datangi, film apa yang akan ditonton, dan kemungkinan akan mencibir jika dia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya. Hubungan ini menjadi persahabatan sepihak karena kamu mungkin sudah menyerah untuk mencoba mencapai sepakat. Kamu sulit untuk mengatakan “tidak” kepada teman-teman semacam ini, bahkan saat kamu kesal karena segala sesuatu tampaknya selalu berjalan sesuai dengan keinginan mereka saja.

  1. Kamu merasa seperti tempat pembuangan 

Dalam hubungan seperti ini, hanya ada satu pihak yang menelepon, mengirim email, atau melampiaskan secara langsung tentang masalah mereka sendiri, tetapi tidak ada minat untuk memikirkan perasaan dan kehidupan pihak lainnya. Tentu hal ini dapat membuat kamu sakit hati dan kesal. Sekali lagi, menyuarakan perasaan kamu kepada teman kamu adalah kunci untuk membangun kembali keseimbangan dan memperbaiki hubungan kamu yang rusak.

  1. Kamu mendapatkan respons yang sangat minim

Jika kamu selalu mendapat respons hanya dengan satu atau dua kata saja saat mengirimkan pesan teks, maka itu bisa menjadi tanda bahwa persahabatan kamu tidak dalam kondisi yang baik. Respons ini bisa berupa “Ok” atau “Gpp” atau hanya sebatas satu emoticon

  1. Hubungan pertemanan ini merusak kepercayaan diri kamu

Tentu saja, hal ini dapat terjadi dengan berbagai cara. Mungkin saja post di sosial media mereka dipenuhi dengan berbagai acara di mana kamu tidak diundang di dalamnya, atau mereka pernah mengutarakan hal-hal yang menyindir atau menghina sesuatu yang kamu minati. Persahabatan sepihak seperti ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental kamu karena itu akan menguras energi dan membuat kamu merasa tidak berharaga.

  1. Mereka tidak memiliki empati 

Teman-teman yang toxic tidak menginginkan yang terbaik untuk kamu, jadi mereka tidak memahami atau berempati saat kamu sedang kesulitan, terlepas dari apakah kamu selalu ada untuk mereka saat mereka kesulitan atau tidak. Mereka juga akan cenderung membuat kamu merasa bersalah ketika kamu sedang merasa kesal pada mereka. Hal yang mereka prioritaskan adalah diri mereka sendiri tanpa ada rasa empati terhadapmu. 

  1. Kamu merasa mereka tidak pernah benar-benar mendengarkan kamu

Kamu akan menyadari bahwa orang tersebut tidak pernah mendengarkan ketika kamu mencoba menceritakan sesuatu yang penting bagi kamu. Sering kali, teman ini tidak membalas panggilan kamu atau pesan kamu, atau mereka mengakhiri percakapan secara tiba-tiba saat kamu sedang bercerita, atau mereka selalu mengubah topik ketika kamu sedang bercerita.  Mereka tidak peduli dengan kehidupan kamu, mereka hanya ingin kamu mendengarkan mereka saja. 

  1. Suasana hati kamu menjadi buruk setelah mengobrol atau bertemu

Jika kamu sering merasa sedih, kesal atau bad mood setelah bertemu maupun face time dengan teman kamu, maka perhatikan baik-baik. Persahabatan sepihak tidak memiliki sesuatu seperti “give and take”. Mereka hanya akan mengambil keuntungan darimu tanpa memberimu apa-apa. Atau, yang mereka berikan hanyalah perasaan buruk.

  1. Mereka hanya mendatangi kamu saat membutuhkan sesuatu 

Taman yang seperti ini adalah mereka yang akan menelepon kamu, mengirim pesan, dan mendatangi kamu ketika mereka sedang membutuhkan bantuan. Entah itu membutuhkan barang kamu, uang kamu, koneksi kamu, dll. Tapi mereka tidak pernah ada ketika kamu membutuhkan mereka. Mereka tidak mengenal balas budi dan tidak menganggapmu orang penting dalam kehidupan mereka. 

Baca Juga :

Putus Pertemanan Memang Bikin Sakit, Ini Tandanya Sahabatmu Mikir Udah Waktunya

Hal Penting dan Wajib yang Harus Kamu Ketahui Saat Sahabat Menjadi Pacar Kamu

Inilah Alasan-Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Ga Pacaran dengan Sahabat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ada 3 Macam Kisah Cinta di Dunia Ini. Kisahmu yang Mana?

Sepanjang hidup kita, sejak kita masih kecil, beranjak